Tutorial Cara Membuat Game Sederhana Melalui Game Maker

Halo Sobat Sederhana, pada artikel ini kita akan membahas cara membuat game sederhana melalui Game Maker. Game Maker adalah software yang digunakan untuk membuat game secara mudah dan cepat. Dengan menggunakan Game Maker, Sobat Sederhana dapat membuat game tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit.

1. Pengenalan Game Maker

Game Maker adalah software yang dikembangkan oleh YoYo Games. Software ini digunakan untuk membuat game yang dapat dijalankan di berbagai platform seperti PC, Android, iOS, dan lain-lain. Game Maker memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan Sobat Sederhana dalam membuat game.

Game Maker memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memiliki fitur yang terbatas, sedangkan versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap. Namun, Sobat Sederhana dapat mencoba versi gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli versi berbayar.

Dalam artikel ini, kita akan menggunakan versi gratis dari Game Maker.

2. Menyiapkan Game Maker

Sebelum memulai membuat game, Sobat Sederhana perlu mengunduh dan menginstal Game Maker terlebih dahulu. Game Maker dapat diunduh dari situs resmi YoYo Games.

Setelah menginstal Game Maker, Sobat Sederhana dapat langsung memulai membuat game. Namun, sebaiknya Sobat Sederhana mempelajari terlebih dahulu interface dari Game Maker agar lebih mudah dalam menggunakan software ini.

3. Membuat Game Pertama

Langkah pertama dalam membuat game adalah membuat objek. Objek adalah elemen utama dalam game. Objek dapat berupa karakter, benda, background, dan lain-lain.

Untuk membuat objek, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada objek tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

Setelah membuat objek, Sobat Sederhana perlu membuat room. Room adalah tempat dimana game akan dimainkan. Setiap room dapat memiliki objek yang berbeda-beda. Untuk membuat room, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Room.

4. Menambahkan Aksi pada Objek

Setelah membuat objek dan room, Sobat Sederhana perlu menambahkan aksi pada objek. Aksi digunakan untuk mengatur perilaku objek dalam game. Misalnya, ketika objek bertabrakan dengan objek lain, objek tersebut akan bergerak atau terhapus.

Untuk menambahkan aksi pada objek, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Events. Pada bagian Events, Sobat Sederhana dapat menambahkan aksi yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Sayur Kates Sederhana - Sobat Sederhana

5. Menambahkan Suara dan Musik

Suara dan musik sangat penting dalam game. Suara dan musik dapat memperkuat suasana dalam game dan membuat game lebih hidup.

Untuk menambahkan suara dan musik pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Sound. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memilih file suara atau musik yang akan digunakan.

6. Membuat Score dan Lives

Score dan lives adalah elemen penting dalam game. Score digunakan untuk menghitung jumlah poin yang didapat oleh pemain, sedangkan lives digunakan untuk menghitung jumlah nyawa yang dimiliki oleh pemain.

Untuk membuat score dan lives, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Score. Pada bagian Score, Sobat Sederhana dapat menambahkan score dan lives yang diinginkan.

7. Menambahkan Efek pada Objek

Untuk membuat game lebih menarik, Sobat Sederhana dapat menambahkan efek pada objek. Efek dapat berupa cahaya, bayangan, dan lain-lain.

Untuk menambahkan efek pada objek, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Effects. Pada bagian Effects, Sobat Sederhana dapat memilih efek yang diinginkan.

8. Menambahkan Background

Background adalah elemen penting dalam game. Background dapat memperkuat suasana dalam game dan membuat game lebih menarik.

Untuk menambahkan background pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Background. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memilih file gambar yang akan digunakan sebagai background.

9. Membuat Objek Bergerak

Objek yang bergerak dapat membuat game lebih menarik. Untuk membuat objek bergerak, Sobat Sederhana perlu menambahkan aksi yang sesuai pada objek.

Untuk membuat objek bergerak, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Move. Pada bagian Move, Sobat Sederhana dapat mengatur kecepatan dan arah gerakan objek.

10. Menambahkan Menu

Menu dapat membuat game lebih profesional. Menu dapat berupa menu utama, menu pilihan level, dan lain-lain.

Untuk menambahkan menu pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada menu tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

11. Membuat Objek Terbang

Objek terbang dapat membuat game lebih menarik. Untuk membuat objek terbang, Sobat Sederhana perlu menambahkan aksi yang sesuai pada objek.

TRENDING 🔥  Selamat datang Sobat Sederhana!

Untuk membuat objek terbang, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Move Path. Pada bagian Move Path, Sobat Sederhana dapat mengatur jalur gerakan objek.

12. Menambahkan Efek Partikel

Efek partikel dapat membuat game lebih menarik. Efek partikel dapat berupa ledakan, debu, dan lain-lain.

Untuk menambahkan efek partikel pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Particles. Pada bagian Particles, Sobat Sederhana dapat memilih efek partikel yang diinginkan.

13. Menambahkan Efek Cahaya

Efek cahaya dapat membuat game lebih hidup. Efek cahaya dapat berupa sinar matahari, kilat, dan lain-lain.

Untuk menambahkan efek cahaya pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Lights. Pada bagian Lights, Sobat Sederhana dapat mengatur warna dan intensitas cahaya.

14. Menambahkan Efek Suara

Efek suara dapat memperkuat suasana dalam game. Efek suara dapat berupa ledakan, jeritan, dan lain-lain.

Untuk menambahkan efek suara pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Objects – Object Properties – Audio. Pada bagian Audio, Sobat Sederhana dapat memilih file suara yang akan digunakan.

15. Menambahkan Objek Musuh

Objek musuh dapat membuat game lebih menantang. Objek musuh dapat berupa karakter atau benda yang dapat mengurangi nyawa pemain.

Untuk menambahkan objek musuh pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada objek tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

16. Menambahkan Objek Teman

Objek teman dapat membantu pemain dalam game. Objek teman dapat berupa karakter atau benda yang dapat menambah nyawa pemain.

Untuk menambahkan objek teman pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada objek tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

17. Menambahkan Objek Bonus

Objek bonus dapat memberikan keuntungan bagi pemain dalam game. Objek bonus dapat berupa poin tambahan, nyawa tambahan, dan lain-lain.

Untuk menambahkan objek bonus pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada objek tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Robot Sederhana

18. Menambahkan Objek Obstacle

Objek obstacle dapat menghalangi pemain dalam game. Objek obstacle dapat berupa benda atau karakter yang tidak dapat dilewati oleh pemain.

Untuk menambahkan objek obstacle pada game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu Resources – Create Object. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memberikan nama pada objek tersebut dan memilih sprite yang akan digunakan.

19. Menambahkan Boss Battle

Boss battle adalah pertarungan melawan boss. Boss battle dapat membuat game lebih menantang dan menarik.

Untuk menambahkan boss battle pada game, Sobat Sederhana perlu membuat objek musuh yang lebih kuat daripada objek musuh biasa. Selain itu, Sobat Sederhana perlu menambahkan aksi khusus pada boss.

20. Menguji dan Merilis Game

Setelah selesai membuat game, Sobat Sederhana perlu menguji game tersebut untuk memastikan bahwa game dapat berjalan dengan baik. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat merilis game tersebut untuk dapat dimainkan oleh orang lain.

Untuk menguji game, Sobat Sederhana dapat mengklik tombol Run di Game Maker. Sedangkan untuk merilis game, Sobat Sederhana dapat mengklik menu File – Create Executable. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memilih platform yang akan digunakan untuk merilis game.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah Game Maker sulit digunakan?
Tidak. Game Maker memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan pengguna dalam membuat game.
Apakah Game Maker gratis?
Terdapat versi gratis dan versi berbayar dari Game Maker. Versi gratis memiliki fitur yang terbatas, sedangkan versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.
Apakah Game Maker dapat digunakan untuk membuat game Android?
Ya. Game Maker dapat digunakan untuk membuat game yang dapat dijalankan di berbagai platform seperti PC, Android, iOS, dan lain-lain.
Apakah Game Maker dapat digunakan oleh pemula yang tidak menguasai bahasa pemrograman?
Ya. Game Maker memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan pengguna dalam membuat game tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit.
Apakah Game Maker hanya dapat digunakan untuk membuat game sederhana?
Tidak. Game Maker dapat digunakan untuk membuat game yang kompleks.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Tutorial Cara Membuat Game Sederhana Melalui Game Maker