Cara Membuat Jalebi Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kami harap kalian semua baik-baik saja. Kali ini, kami ingin berbagi resep cara membuat jalebi sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Jalebi adalah makanan ringan yang berasal dari India dan sangat populer di seluruh dunia karena kelezatannya. Kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat jalebi dengan bahan-bahan yang bisa kalian temukan di pasar terdekat.

Bahan-bahan

Sebelum memulai pembuatan Jalebi, pastikan kalian sudah menyiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kalian perlu persiapkan :

Bahan
Jumlah
Tepung Beras
1 1/2 cangkir
Tepung Jagung
1/2 cangkir
Yogurt
1/2 cangkir
Air Bersih
1/2 cangkir
Kuning Telur
1 butir
Pewarna Makanan kuning
secukupnya
Gula Pasir
1 cangkir
Air Jeruk Nipis
1/2 potong
Minyak Sayur
secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah

1. Membuat adonan Jalebi

Pertama-tama, campurkan tepung beras, tepung jagung, yogurt, kuning telur, air dan pewarna makanan kuning menjadi satu dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan dalam adonan. Biarkan adonan selama 30 menit sebelum digunakan.

2. Membuat Sirup Gula

Di wadah yang berbeda, campurkan gula pasir dan air jeruk nipis. Panaskan hingga gula larut dan sirup mengental. Jangan biarkan sirup menjadi terlalu kental karena akan menjadi sulit untuk dicelupkan nantinya.

3. Menggoreng Jalebi

Panaskan minyak sayur di atas kompor dengan api sedang. Ambil kantung plastik segitiga lalu tuangkan adonan jalebi ke dalam kantung. Setelah itu, buat lubang kecil di salah satu ujung kantung. Gunakan kantung plastik tersebut untuk mencelupkan adonan ke dalam minyak panas. Goreng hingga adonan berubah warna keemasan dan matang. Angkat dan tiriskan minyak dari jalebi.

TRENDING 🔥  Langkah Cara Memakai Jilbab Segitiga Dengan Sederhana Seperti Fatin

4. Memasukkan Jalebi ke dalam Sirup Gula

Celupkan jalebi yang telah digoreng ke dalam sirup gula. Pastikan seluruh permukaannya terendam oleh sirup. Biarkan selama kurang lebih 1 menit atau hingga jalebi terendam dengan baik.

5. Hidangkan dan Nikmati

Ambil jalebi dari sirup gula dan letakkan di atas wadah yang bersih. Biarkan jalebi dingin sebentar sebelum disajikan. Jalebi yang siap disajikan siap dinikmati. Selamat menikmati jalebi sederhana buatan kalian sendiri.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan pewarna makanan lain selain warna kuning?

Tentu saja, Sobat Sederhana! Kamu bisa mengganti warna pewarna makanan sesuai dengan selera kamu. Beberapa pewarna makanan yang sering digunakan adalah merah, hijau, dan orange.

2. Apakah saya bisa menggunakan tepung terigu biasa?

Tentu saja, Sobat Sederhana! Jika kamu tidak menemukan tepung beras atau jagung, kamu bisa menggunakan tepung terigu biasa sebagai alternatif.

3. Bagaimana cara menyimpan jalebi?

Kamu bisa menyimpan jalebi pada suhu ruangan selama 24 jam. Jika kamu ingin menyimpan lebih lama, simpan di kulkas dan panaskan sebentar sebelum disajikan kembali.

4. Apakah saya bisa menggunakan madu sebagai pengganti sirup gula?

Tentu saja, Sobat Sederhana! Kamu bisa menggunakan madu sebagai pengganti sirup gula. Namun, rasa jalebi akan sedikit berbeda jika kamu menggunakan madu sebagai pengganti sirup gula.

5. Bisa tidak membuat jalebi tanpa menggunakan kantung plastik?

Bisa, Sobat Sederhana! Namun, penggunaan kantung plastik akan membantu kamu untuk mengontrol adonan agar tidak terlalu banyak dan memudahkan kamu untuk mencelupkan adonan ke dalam minyak panas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk membuat jalebi sederhana yang enak di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Tone Control Sederhana

Cara Membuat Jalebi Sederhana