Cara Membuat Helikopter Sederhana Menggunakan Dinamo

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat helikopter sederhana menggunakan dinamo. Helikopter merupakan salah satu alat transportasi udara yang sangat menarik untuk dibuat sebagai mainan maupun untuk keperluan edukasi. Dengan menggunakan dinamo sebagai sumber tenaga, kamu bisa membuat helikopter sederhana yang bisa berputar dan terbang dengan indah.

1. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan helikopter sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Nama Bahan
Jumlah
Dynamo mini
1 buah
Baterai AA
2 buah
Kartu nama
1 buah
Tali rafia
1 gulung
Pita kertas foil
1 buah
Lem Super
secukupnya
Pisau cutter
1 buah
Gunting
1 buah
Isolasi tape
secukupnya

Dengan menyiapkan bahan-bahan di atas, kita bisa memulai proses pembuatan helikopter sederhana menggunakan dinamo. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2. Membuat Baling-Baling Helikopter

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat baling-baling helikopter. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan kartu nama dan pita kertas foil. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1. Potong Kartu Nama

Pertama-tama, potong kartu nama menjadi bentuk segitiga dengan ukuran 5x5x5 cm menggunakan pisau cutter. Buat dua buah segitiga dengan ukuran yang sama.

2.2. Buat Baling-Baling

Buat baling-baling helikopter dengan menempelkan pita kertas foil pada kedua sisi segitiga kartu nama menggunakan lem super. Pastikan pita kertas foil menempel dengan sempurna dan tidak bergelombang.

2.3. Buat Lubang Tengah

Buat lubang tengah pada baling-baling helikopter menggunakan pisau cutter dengan hati-hati. Ukuran lubang harus cukup besar untuk memasukkan dinamo.

3. Membuat Rangka Helikopter

Setelah membuat baling-baling helikopter, selanjutnya kita akan membuat rangka helikopter. Kamu bisa menggunakan tali rafia untuk membuat rangka helikopter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Power Bank Tenaga Surya Sederhana

3.1. Ukur dan Potong Tali Rafia

Pertama-tama, ukur tali rafia dengan panjang sekitar 30 cm dan potong menggunakan gunting. Buat dua buah tali dengan panjang yang sama.

3.2. Pasang Tali Rafia

Pasang tali rafia pada kedua baling-baling helikopter dengan cara melilitkan tali rafia pada lubang tengah baling-baling dan mengikatnya dengan erat. Pastikan tali rafia tegang dan tidak kendur.

3.3. Pasang Dinamo

Pasang dinamo mini pada rangka helikopter dengan cara memasukkan dinamo pada lubang tengah baling-baling helikopter. Pastikan dinamo terpasang dengan kuat dan tidak bergeser.

4. Menghubungkan Dinamo dan Baterai AA

Setelah proses pembuatan rangka helikopter selesai, selanjutnya kita akan menghubungkan dinamo dengan baterai AA. Hal ini bertujuan agar dinamo bisa berputar dan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menerbangkan helikopter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

4.1. Pasang Baterai AA

Pertama-tama, pasang dua buah baterai AA pada dinamo dengan benar. Pastikan polaritas baterai sudah sesuai dengan petunjuk pada dinamo.

4.2. Sambungkan Kabel Dinamo dan Baterai

Sambungkan kabel dinamo mini dan baterai AA menggunakan isolasi tape dengan hati-hati. Pastikan kabel terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

5. Mengatur Sumbu Berat Helikopter

Setelah semua bagian helikopter terpasang dengan baik, selanjutnya kita akan mengatur sumbu berat helikopter. Hal ini bertujuan agar helikopter bisa terbang dengan stabil dan tidak jatuh saat berputar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

5.1. Cek Berat Helikopter

Pertama-tama, cek berat helikopter dengan cara menimbangnya menggunakan timbangan digital. Pastikan berat helikopter seimbang pada kedua sisi rangka helikopter.

5.2. Pasang Tambahan Berat

Jika berat helikopter tidak seimbang, pasang tambahan berat pada salah satu sisi rangka helikopter menggunakan benda yang seimbang. Hal ini bertujuan agar sumbu berat helikopter menjadi seimbang.

TRENDING 🔥  Cara Mengganti Tampilan Web Menjadi Sederhana

6. Tes Helikopter

Setelah semua bagian helikopter terpasang dengan baik dan sumbu berat sudah diatur dengan benar, selanjutnya kita akan melakukan tes helikopter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

6.1. Hidupkan Dinamo

Hidupkan dinamo dengan memutar baling-baling helikopter secara manual untuk membuat dinamo berputar. Pastikan dinamo berputar dengan lancar dan tidak terdapat gesekan yang berlebihan.

6.2. Lepaskan Helikopter

Lepaskan helikopter dari tangan dan biarkan terbang secara mandiri. Pastikan helikopter terbang dengan stabil dan tidak jatuh saat berputar.

6.3. Perbaiki Jika Ada Masalah

Jika helikopter mengalami masalah seperti tidak bisa terbang dengan stabil atau jatuh saat berputar, perbaiki masalah tersebut dengan cara memperbaiki bagian yang bermasalah atau mengatur ulang sumbu berat helikopter.

FAQ

1. Apakah saya perlu membeli bahan-bahan ini secara online?

Tidak, bahan-bahan tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko kertas atau toko kelontong terdekat.

2. Apakah helikopter sederhana ini aman untuk dimainkan?

Iya, helikopter sederhana ini aman untuk dimainkan selama kamu sudah mengatur sumbu berat dengan benar dan memeriksa kondisi helikopter sebelum digunakan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat helikopter sederhana ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat helikopter sederhana ini sekitar 1-2 jam tergantung keahlian dan pengalaman kamu dalam merakit mainan.

4. Apakah helikopter sederhana ini bisa terbang tinggi?

Tidak, helikopter sederhana ini hanya bisa terbang dalam jarak yang pendek dan tidak terlalu tinggi. Namun, helikopter ini bisa berputar dengan indah dan menjadi mainan yang menyenangkan untuk dimainkan.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat helikopter sederhana menggunakan dinamo. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat helikopter sederhana yang bisa terbang dengan indah dan menjadi mainan yang menyenangkan untuk dimainkan. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi helikopter sebelum digunakan dan mengatur sumbu berat dengan benar agar helikopter bisa terbang dengan stabil. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Bikin Kitchen Set Sederhana

Cara Membuat Helikopter Sederhana Menggunakan Dinamo