Cara Buat Generator Sederhana Pakai Pemantik Api

Halo Sobat Sederhana! Kamu pasti sering mengalami pemadaman listrik tanpa disadari, bukan? Hal ini dapat mengganggu aktivitas harian kamu, terutama jika sedang ada tugas yang harus segera dikerjakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat generator sederhana pakai pemantik api. Selain mudah dibuat, generator ini juga cukup efektif dalam menghasilkan listrik. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat generator sederhana pakai pemantik api.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan generator, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

Alat
Bahan
1. Tang potong
1. Pipa PVC
2. Obeng
2. Kayu kecil
3. Kabel tembaga
3. Pemantik api
4. Sikat besi
4. Kain lap
5. Plastik lembaran
5. Super glue

Pastikan semua alat dan bahan telah tersedia dan siap digunakan sebelum memulai pembuatan generator.

Langkah-langkah Membuat Generator Sederhana Pakai Pemantik Api

1. Potong Pipa PVC

Pertama-tama, potong pipa PVC menjadi dua bagian dengan menggunakan tang potong. Panjang pipa yang dibutuhkan tergantung pada kebutuhan kamu dalam membuat generator

2. Pasang Pemantik Api

Selanjutnya, letakkan pemantik api di bagian tengah pipa PVC yang telah dipotong tadi. Gunakan super glue untuk menempelkan pemantik api pada pipa.

3. Buat Gagang Kayu

Buat gagang kayu dengan menggunakan kayu kecil. Bentuk gagang kayu sesuai dengan bentuk tangan kamu agar nyaman digunakan. Setelah itu, gunakan super glue untuk menempelkan gagang kayu pada pipa PVC.

4. Pasang Kabel Tembaga

Setelah itu, pasang kabel tembaga dengan mengikatkan ujung kabel pada bagian atas pemantik api dan bagian bawah gagang kayu. Pastikan kabel tembaga terpasang dengan kuat dan rapat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kamar Mandi Sederhana

5. Bersihkan Sikat Besi

Sebelum menggunakan sikat besi, bersihkan sikat besi dengan menggunakan kain lap. Hal ini dilakukan agar sikat besi tidak berkarat dan lebih awet.

6. Siapkan Plastik Lembaran

Siapkan plastik lembaran untuk digunakan sebagai pengaman pada bagian belakang pemantik api. Plastik lembaran juga berfungsi untuk mencegah aliran listrik yang lemah saat generator digunakan.

7. Pasang Plastik Lembaran

Pasang plastik lembaran pada bagian belakang pemantik api dengan menggunakan super glue. Pastikan plastik lembaran telah terpasang dengan kuat dan rapat.

Cara Menggunakan Generator Sederhana Pakai Pemantik Api

Setelah generator selesai dibuat, kamu dapat langsung menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan generator sederhana pakai pemantik api:

1. Posisikan Generator

Posisikan generator pada tempat yang stabil dan rata agar tidak mudah tergelincir saat digunakan.

2. Gesekkan Sikat Besi

Lakukan gesekkan sikat besi pada bagian pemantik api secara perlahan dan berulang-ulang. Lakukan hal ini hingga tercipta loncatan api yang cukup besar pada pemantik api.

3. Tancapkan Kabel Tembaga

Setelah tercipta loncatan api yang cukup besar, tancapkan kabel tembaga pada bagian belakang pemantik api. Pastikan kabel terpasang dengan kuat dan rapat.

4. Gunakan Listrik

Setelah kabel tembaga terpasang dengan benar, kamu sudah bisa menggunakan aliran listrik yang dihasilkan oleh generator sederhana pakai pemantik api ini.

5. Matikan Generator

Jangan lupa untuk mematikan generator setelah selesai digunakan. Caranya dengan melepaskan kabel tembaga dari pemantik api dan memutus koneksi listrik dari perangkat yang digunakan.

FAQ

1. Apakah Generator Sederhana Pakai Pemantik Api Efektif?

Ya, generator sederhana pakai pemantik api ini cukup efektif dalam menghasilkan listrik walaupun hanya dengan kekuatan gesekan sikat besi pada pemantik api.

TRENDING 🔥  Dalam Bahasa Sederhana Apresiasi adalah Cara Seseorang

2. Berapa Voltase yang Dihasilkan oleh Generator Sederhana Ini?

Voltase yang dihasilkan oleh generator sederhana pakai pemantik api ini bergantung pada ukuran pemantik api dan kekuatan gesekan sikat besi. Namun, rata-rata voltase yang dihasilkan berkisar antara 5-10 volt.

3. Apakah Generator Sederhana Pakai Pemantik Api Aman Digunakan?

Ya, generator sederhana pakai pemantik api ini relatif aman digunakan. Namun, karena listrik yang dihasilkan cukup kecil, maka sebaiknya tidak digunakan untuk menghidupkan perangkat yang memerlukan listrik dengan daya besar.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah cara membuat generator sederhana pakai pemantik api. Dengan memahami cara membuat generator ini, kamu dapat mengatasi pemadaman listrik yang tidak terduga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Generator Sederhana Pakai Pemantik Api