Intip Cara Mengdekor Cafe Sederhana Nuansa Alam

Hello Sobat Sederhana, saat ini semakin banyak pengusaha yang membuka bisnis cafe dengan tema alam. Cafe dengan konsep alam sangat diminati karena memberikan suasana yang tenang dan menyenangkan. Namun, mengdekor cafe dengan tema alam tidaklah mudah. Perlu ide dan kreativitas untuk menciptakan cafe dengan nuansa alam yang indah dan nyaman. Nah, dalam artikel ini kita akan berbagi cara mengdekor cafe sederhana dengan nuansa alam. Yuk, simak!

1. Tentukan Konsep Cafe

Sebelum mengdekor cafe dengan tema alam, pertama-tama tentukan konsep cafe terlebih dahulu. Konsep cafe ini akan menentukan bagaimana penggunaan dekorasi yang cocok untuk cafe tersebut. Misalnya, jika cafe Anda memiliki konsep alam pegunungan, maka dekorasi yang cocok adalah dekorasi yang terinspirasi dari alam pegunungan seperti tanaman-tanaman alam pegunungan, kayu-kayu alam pegunungan, dan lain-lain.

Tentukan juga jenis cafe yang akan Anda buka, apakah cafe dengan ruangan dalam ruangan atau cafe outdoor. Hal ini akan mempengaruhi jenis dekorasi yang cocok untuk cafe Anda.

1.1 Cafe Dalam Ruangan

Jika cafe Anda dalam ruangan, pilih dekorasi yang lebih minimalis dan elegan. Pilih warna-warna netral seperti putih dan hijau tua untuk memberikan kesan tenang dan elegan. Selain itu, gunakan aksen kayu yang ditemukan pada furniture atau meja untuk memberikan kesan alami pada ruangan.

1.2 Cafe Outdoor

Jika cafe Anda outdoor, pilih dekorasi yang lebih menonjolkan unsur alam. Gunakan tanaman hias dan pot-pot tanaman sebagai dekorasi. Terlebih lagi, gunakan furnitur yang terbuat dari bahan alami seperti kayu atau bambu.

2. Pilih Warna Dinding yang Cocok

Setelah menentukan konsep cafe, selanjutnya pilih warna dinding yang cocok. Pilih warna-warna netral yang dapat memberikan kesan alami seperti hijau daun, cokelat kayu serta putih.

Jangan lupa, pastikan warna dinding yang dipilih cocok dengan tema cafe dan proporsi ruangan. Jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok karena dapat menghilangkan kesan bersahabat dan membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mac and Cheese Sederhana

3. Pilih Furnitur yang Cocok

Dekorasi cafe tidak lengkap tanpa penggunaan furnitur yang cocok. Pilih furnitur yang cocok dengan konsep dan tema cafe. Misalnya, jika cafe Anda memiliki konsep alam pegunungan, pilih furnitur yang terbuat dari kayu atau batu alam.

Selain itu, pastikan furnitur yang dipilih nyaman untuk duduk dan menghabiskan waktu lama. Pengunjung akan lebih betah dan datang kembali jika furnitur yang disediakan nyaman dan enak dipakai.

4. Pilih Pencahayaan yang Cocok

Pencahayaan juga mempengaruhi suasana cafe. Selain memilih lampu yang memiliki desain indah, tentukan intensitas cahaya yang sesuai dengan konsep cafe dan suasana yang ingin ditampilkan. Cafe yang lebih terang akan memberikan kesan yang lebih segar, sedangkan cafe yang lebih redup akan memberikan kesan yang lebih intim dan hangat.

5. Gunakan Tanaman Hias

Tanaman hias dapat memberikan kesan alami dan menyegarkan. Gunakan tanaman hias yang cocok dengan konsep cafe. Tanaman hias ini bisa diletakkan di area yang cukup luas atau di pojok cafe sebagai hiasan tambahan.

6. Pilih Dekorasi Dinding

Pilih dekorasi dinding yang cocok dengan konsep cafe. Dekorasi dinding ini bisa berupa lukisan, potret alam, atau gambar-gambar yang memberikan kesan alami. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aksen kayu pada dinding untuk memberikan kesan alami yang lebih kuat.

7. Gunakan Material Alam

Gunakan material alam seperti kayu, bambu, dan batu untuk memberikan kesan alami pada cafe. Material alam ini bisa digunakan dalam pembuatan meja, kursi, hiasan, dan lain-lain.

8. Gunakan Aksesori Berkonsep Alam

Gunakan aksesori berkonsep alam seperti keranjang rotan, bunga-bunga alam, dan kayu-kayu alami untuk memberikan kesan alami pada cafe. Aksesori ini dapat ditempatkan pada meja, kursi, atau dinding cafe.

9. Buat Area Santai

Buat area santai yang nyaman dan tenang. Area santai ini bisa berupa sofa, kursi santai, atau bahkan tenda di luar ruangan. Pengunjung akan betah berlama-lama di cafe Anda jika terdapat area santai yang nyaman dan tenang.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengurangi Batuk

10. Buat Ruang Lain Selain Ruang Utama

Buat ruang lain selain ruang utama seperti ruang baca, ruang musik, atau ruang permainan. Ruang tambahan ini dapat menarik pengunjung untuk datang ke cafe Anda dan juga memberikan pengalaman yang berbeda untuk pengunjung.

11. Buat Pemandangan Alam Buatan

Buat pemandangan alam buatan seperti air terjun kecil atau kolam ikan di dalam cafe Anda. Pemandangan alam buatan ini dapat memberikan kesan alami yang kuat dan membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

12. Buat Ruang Terbuka

Buat ruang terbuka yang menyatu dengan alam di cafe Anda. Hal ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung dan juga membuat cafe Anda terlihat lebih segar dan luas.

13. Buat Ruang Terpisah

Buat ruang terpisah yang digunakan untuk acara khusus seperti ulang tahun atau reuni. Ruang terpisah ini dapat memberikan kesan eksklusif dan membuat acara pengunjung lebih berkesan.

14. Berikan Pilihan Makanan dan Minuman Sehat

Seiring dengan tema alam yang diusung, pastikan cafe Anda juga menyediakan makanan dan minuman sehat. Berikan pilihan makanan dan minuman yang segar dan alami untuk mendukung tema alam yang diusung.

15. Berikan Nuansa Aromaterapi

Berikan nuansa aromaterapi dengan menggunakan aroma-roma alami seperti lavender atau peppermint. Aroma alami ini dapat memberikan kesan tenang dan nyaman pada pengunjung.

16. Buat Papan Tulis Kreatif

Buat papan tulis kreatif dengan gambar-gambar alam atau kata-kata motivasi yang cocok dengan tema cafe. Papan tulis ini dapat menjadi hiasan tambahan yang menarik dan juga memberikan suasana positif pada cafe.

17. Buat Musik yang Cocok

Buat koleksi musik yang cocok dengan tema cafe. Musik yang cocok dapat memberikan kesan tenang dan nyaman pada pengunjung dan juga meningkatkan pengalaman pengunjung saat berada di cafe.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Teropong Bumi Sederhana

18. Buat Wi-Fi Gratis

Buat wi-fi gratis untuk pengunjung. Wi-fi gratis dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di cafe Anda dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

19. Dapatkan Inspirasi dari Cafe Lain

Dapatkan inspirasi dari cafe lain yang memiliki tema alam yang sama. Lihatlah keunikan dan kreativitas dekorasi pada cafe lain dan terapkan pada cafe Anda.

20. Perhatikan Detail

Perhatikan setiap detail dalam mengdekor cafe dengan tema alam. Pastikan setiap dekorasi dan furniture yang dipilih sesuai dengan konsep dan tema cafe. Hal ini dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik cafe Anda.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Bagaimana cara mendapatkan inspirasi untuk mengdekor cafe dengan tema alam?
Anda dapat mendapatkan inspirasi dari cafe lain yang memiliki tema dan konsep yang sama. Anda juga dapat mencari referensi di internet atau berkonsultasi dengan profesional.
Bagaimana cara memilih warna dinding yang cocok dengan tema cafe?
Pilihlah warna-warna netral yang dapat memberikan kesan alami seperti hijau daun, cokelat kayu, dan putih. Pastikan warna yang dipilih cocok dengan tema cafe dan proporsi ruangan.
Bagaimana cara memilih furnitur yang cocok dengan tema cafe?
Pilihlah furnitur yang cocok dengan konsep dan tema cafe. Misalnya, jika cafe Anda memiliki konsep alam pegunungan, pilih furnitur yang terbuat dari kayu atau batu alam.
Bagaimana cara memilih pencahayaan yang cocok dengan tema cafe?
Tentukan intensitas cahaya yang sesuai dengan konsep cafe dan suasana yang ingin ditampilkan. Cafe yang lebih terang akan memberikan kesan yang lebih segar, sedangkan cafe yang lebih redup akan memberikan kesan yang lebih intim dan hangat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Intip Cara Mengdekor Cafe Sederhana Nuansa Alam