Cara Pembuatan Filter Air Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara pembuatan filter air sederhana. Filter air sederhana ini dapat membantu kita untuk mendapatkan air yang lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Filter Air Sederhana?

Filter air sederhana adalah alat yang digunakan untuk menyaring air dari kotoran dan bakteri yang dapat merusak kesehatan tubuh. Filter air sederhana ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat dibuat dengan mudah di rumah. Selain itu, filter air sederhana ini juga lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli filter air yang sudah jadi.

Bagaimana Cara Membuat Filter Air Sederhana?

Untuk membuat filter air sederhana, kita memerlukan beberapa bahan dan alat yang mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini adalah cara pembuatan filter air sederhana:

Bahan dan Alat
Jumlah
Pasir halus
1 kg
Batuan kerikil
1 kg
Batuan arang
1 kg
Ember plastik
1 buah
Jerigen bekas
1 buah
Alat pengukur
1 buah

1. Siapkan ember plastik dan lubangi bagian bawahnya.

2. Letakkan batuan kerikil di bagian bawah ember plastik. Batuan kerikil ini berfungsi sebagai filter pertama yang akan menahan kotoran dan lumpur dalam air.

3. Letakkan batuan arang di atas batuan kerikil. Batuan arang ini berfungsi sebagai filter kedua yang akan menahan bakteri dan bau pada air.

4. Letakkan pasir halus di atas batuan arang. Pasir halus ini berfungsi sebagai filter ketiga yang akan menyaring partikel-partikel halus dalam air.

5. Pasang jerigen bekas di atas ember plastik yang sudah kita siapkan. Jerigen ini akan menjadi wadah untuk menyimpan air yang sudah disaring.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sop yang Sederhana untuk Sobat Sederhana

6. Masukkan air yang akan disaring ke dalam ember plastik yang sudah kita siapkan. Air akan meresap melalui lapisan batuan kerikil, batuan arang, dan pasir halus. Air yang keluar dari jerigen sudah bersih dan siap dikonsumsi.

FAQ tentang Filter Air Sederhana

1. Apakah filter air sederhana aman digunakan?

Filter air sederhana aman digunakan untuk menyaring air dari kotoran dan bakteri. Namun, filter air sederhana ini tidak dapat menyaring zat-zat kimia yang terdapat dalam air.

2. Berapa lama masa pakai filter air sederhana?

Masa pakai filter air sederhana tergantung dari intensitas penggunaan dan perawatan yang dilakukan. Filter air sederhana biasanya dapat digunakan selama 6 bulan hingga 1 tahun sebelum perlu diganti.

3. Apakah filter air sederhana bisa digunakan untuk air laut?

Tidak, filter air sederhana hanya bisa digunakan untuk menyaring air tawar. Air laut mengandung garam dan zat-zat lain yang tidak bisa disaring oleh filter air sederhana.

4. Bagaimana cara membersihkan filter air sederhana?

Filter air sederhana dapat dibersihkan dengan cara membuang lapisan pasir halus dan mencuci batuan kerikil dan batuan arang dengan air bersih. Setelah itu, pasang kembali lapisan pasir halus secara perlahan dan hati-hati.

5. Apakah filter air sederhana dapat digunakan di daerah dengan air yang sangat kotor?

Filter air sederhana dapat digunakan di daerah dengan air yang relatif kotor tetapi tidak bisa digunakan di daerah dengan air yang sangat kotor. Air yang sangat kotor harus diolah dengan metode yang lebih canggih seperti osmosis terbalik atau pengolahan air.

Manfaat Menggunakan Filter Air Sederhana

Filter air sederhana memiliki banyak manfaat. Selain membantu kita untuk mendapatkan air yang lebih bersih dan sehat, filter air sederhana juga lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli filter air yang sudah jadi. Selain itu, filter air sederhana juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat didaur ulang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Sederhana

1. Membantu Mencegah Penyakit

Dengan menggunakan filter air sederhana, kita dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh air yang kotor dan terkontaminasi bakteri. Beberapa penyakit yang dapat dicegah antara lain diare, tipus, dan kolera.

2. Menjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga

Dengan menggunakan filter air sederhana, kita dapat memastikan bahwa air yang kita konsumsi bersih dan sehat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraan keluarga kita.

3. Menghemat Biaya

Dengan membuat filter air sederhana sendiri, kita dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli filter air yang sudah jadi. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat filter air sederhana juga mudah didapatkan dan murah.

4. Ramah Lingkungan

Filter air sederhana terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat didaur ulang. Hal ini menjadikan filter air sederhana ramah lingkungan dan tidak menimbulkan sampah yang sulit diuraikan.

Kesimpulan

Filter air sederhana adalah alat yang digunakan untuk menyaring air dari kotoran dan bakteri yang dapat merusak kesehatan tubuh. Filter air sederhana ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat dibuat dengan mudah di rumah. Dengan menggunakan filter air sederhana, kita dapat mendapatkan air yang lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, filter air sederhana juga lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli filter air yang sudah jadi. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Pembuatan Filter Air Sederhana