Cara Memasak Steak Daging Sapi Sederhana

Cara Memasak Steak Daging Sapi Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Buat kamu yang suka masak, steak daging sapi mungkin jadi salah satu menu andalan di rumah. Namun, memasak steak daging sapi bisa jadi agak menantang karena harus memiliki teknik dan waktu yang tepat agar dagingnya empuk dan enak. Di artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik cara memasak steak daging sapi sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah.

1. Pilih Daging Sapi yang Tepat

Memilih jenis dan kualitas daging sapi merupakan kunci sukses dalam memasak steak yang sempurna. Pilihlah daging sapi dengan kualitas bagus dan jangan terlalu tipis atau terlalu tebal. Ketebalan ideal untuk steak daging sapi adalah sekitar 2,5 cm.

Jenis daging sapi yang biasa digunakan untuk steak adalah sirloin, tenderloin, atau rib eye. Sirloin adalah pilihan yang lebih terjangkau, sedangkan tenderloin biasanya lebih mahal karena memiliki kualitas yang lebih bagus. Rib eye juga memiliki kualitas yang bagus, namun cenderung lebih berlemak.

Setelah memilih jenis daging sapi yang diinginkan, pastikan juga untuk memeriksa tanggal kadaluarsa dan kualitas dari daging tersebut. Dalam memilih daging, usahakan untuk membeli dari tempat yang terpercaya atau sudah memiliki reputasi yang baik dalam menjual daging sapi.

Untuk lebih lengkapnya, simak tabel berikut:

Jenis Daging Sapi
Kualitas
Harga
Sirloin
Biasa
Terjangkau
Tenderloin
Bagus
Mahal
Rib Eye
Bagus
Mahal

2. Persiapan Sebelum Memasak

Sebelum memasak steak daging sapi, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar hasilnya maksimal:

  • Ambil daging sapi dari kulkas minimal 30 menit sebelum dimasak. Biarkan suhunya mencapai suhu ruangan agar daging bisa matang secara merata.
  • Bersihkan daging sapi dari lemak yang berlebih dan cuci dengan air dingin. Keringkan dengan menggunakan kertas tissue.
  • Bumbui daging sapi dengan bahan-bahan seperti garam, merica, dan bawang putih. Kamu bisa menambahkan bahan lain sesuai selera seperti rosemary atau thyme.
  • Panaskan wajan yang sudah diolesi minyak zaitun dengan api sedang hingga benar-benar panas.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Foto Booth Sederhana

3. Memasak Steak Daging Sapi

Setelah semua persiapan selesai, saatnya memasak steak daging sapi:

  1. Letakkan daging sapi yang sudah dibumbui di atas wajan yang sudah dipanaskan. Jangan terlalu sering membolak-balik daging sapi karena bisa membuat daging keras. Biarkan satu sisi daging matang selama 3-4 menit, kemudian balik dan matangkan sisi yang lain selama 3-4 menit lagi.
  2. Cara lain adalah dengan menggunakan oven. Panggang daging sapi di dalam oven dengan suhu 200 derajat Celsius selama 10 menit atau hingga matang sesuai selera.
  3. Setelah matang, angkat daging sapi dan biarkan selama 5-10 menit sebelum dipotong-potong dan dihidangkan. Hal ini bertujuan agar sari daging bisa meresap kembali ke dalam daging dan hasilnya akan lebih empuk.

4. Tips untuk Mendapatkan Steak Sempurna

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mendapatkan steak daging sapi sempurna:

  • Jangan terlalu sering membolak-balik daging sapi saat memasak karena bisa membuat daging keras.
  • Periksa suhu daging sapi dengan menggunakan thermometer agar matangnya sesuai selera. Untuk steak medium rare, suhu idealnya adalah 54 derajat Celsius dan 63 derajat Celsius untuk steak medium.
  • Biarkan daging sapi istirahat setelah dimasak agar sari daging bisa meresap kembali ke dalam daging dan hasilnya lebih empuk.
  • Gunakan wajan atau oven yang benar-benar panas agar daging bisa terlihat menggoreng dan membuat lapisan kecokelatan yang enak dan renyah.

5. FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar memasak steak daging sapi:

  1. Apakah harus memakai bumbu khusus untuk memasak steak daging sapi?
  2. Tidak harus, namun bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih bisa memberikan rasa dan aroma yang lebih enak.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak steak daging sapi?
  4. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari ketebalan daging sapi dan seberapa matang yang diinginkan. Untuk steak medium rare, waktu idealnya adalah 3-4 menit untuk setiap sisi.

  5. Apakah bisa memasak dengan menggunakan grill?
  6. Tentu saja bisa. Memasak dengan grill bisa memberikan aroma yang khas dan renyah pada daging sapi.

  7. Apakah bisa menggunakan daging sapi beku?
  8. Jika menggunakan daging sapi beku, pastikan sudah dicairkan terlebih dahulu dan tidak usah digunakan jika sudah mencapai batas tanggal kadaluarsa.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung Dimensi Kolom

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Memasak Steak Daging Sapi Sederhana