Cara Buat Martabak Telur Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makanan yang enak dan praktis? Salah satu makanan favorit di Indonesia adalah martabak telur. Meskipun terdengar sulit, sebenarnya cara membuat martabak telur sederhana bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Di artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat martabak telur sederhana yang lezat dan nikmat.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat martabak telur, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan-bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Telur ayam
4 butir
Bawang merah, iris tipis
2 siung
Daun bawang, iris halus
2 batang
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Air
150 ml
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah Membuat Martabak Telur Sederhana

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan, kamu bisa mulai membuat martabak telur sederhana dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Membuat Adonan Martabak

Langkah pertama adalah membuat adonan martabak. Campurkan tepung terigu, telur, bawang merah, daun bawang, garam, dan lada hitam ke dalam sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur merata. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis.

Pindahkan adonan ke permukaan kerja yang telah ditaburi tepung. Giling adonan hingga tipis dan lebar. Lipat adonan menjadi tiga bagian, lalu giling kembali hingga tipis dan lebar. Ulangi proses ini hingga adonan martabak terlihat tipis dan kalis.

2. Membuat Filling Martabak

Setelah adonan martabak selesai, kamu bisa mulai membuat filling martabak. Campurkan telur ayam, garam, dan lada hitam ke dalam sebuah wadah. Kocok bahan-bahan hingga tercampur merata.

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Tambahkan adonan telur ke dalam wajan, lalu aduk-aduk hingga matang sempurna. Setelah itu, angkat adonan telur dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Cas Aki Sederhana

3. Membuat Martabak Telur

Setelah adonan martabak dan filling martabak selesai, kamu bisa mulai membuat martabak telur. Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Ambil selembar adonan martabak, lalu letakkan filling telur di atasnya. Lipat adonan martabak hingga menutupi filling telur.

Goreng martabak telur di atas wajan dengan api sedang hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan. Angkat martabak telur dan tiriskan minyaknya. Potong martabak telur menjadi beberapa bagian, lalu sajikan bersama saus kacang atau saus tomat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat martabak telur menjadi lembut?

Salah satu faktor yang membuat martabak telur menjadi lembut adalah adonan yang kalis. Pastikan kamu mengaduk adonan hingga kalis, dan giling adonan hingga tipis dan lebar. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan telur dalam filling martabak agar menjadi lebih lezat dan lembut.

2. Bisakah martabak telur disimpan dalam waktu lama?

Sebaiknya kamu tidak menyimpan martabak telur terlalu lama, karena dapat membuat martabak menjadi keras dan tidak enak dimakan. Kamu bisa menyimpan martabak telur di dalam kulkas selama 1-2 hari, atau di dalam freezer selama 1 minggu.

3. Apa yang bisa digunakan sebagai saus pelengkap martabak telur?

Terdapat berbagai macam saus yang bisa digunakan sebagai pelengkap martabak telur, seperti saus kacang, saus tomat, saus sambal, atau saus keju. Kamu bisa memilih saus yang paling disukai untuk disajikan bersama martabak telur.

Penutup

Itulah panduan lengkap untuk cara membuat martabak telur sederhana yang lezat dan nikmat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tidak perlu lagi repot membeli martabak telur di luar, tetapi dapat membuatnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Memfoto Produk dengan Kamera Sederhana

Cara Buat Martabak Telur Sederhana