Cara Membuat Tahu Geprek Sederhana

Cara Membuat Tahu Geprek Sederhana – Journal Article

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tahu geprek sederhana yang enak dan mudah dibuat di rumah. Tahu geprek adalah salah satu makanan yang sedang populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Tahu geprek ini biasanya disajikan dengan sambal yang pedas, crispy dan crunchy. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat tahu geprek sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tahu
4 buah
Tepung terigu
150 gram
Tepung beras
50 gram
Bawang putih, cincang halus
3 siung
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Tahu Geprek Sederhana

1. Potong Tahu

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong tahu menjadi 4 bagian. Kemudian, tekan-tekan bagian tahu dengan menggunakan punggung sendok hingga agak pipih.

2. Campurkan Tepung

Selanjutnya, campurkan tepung terigu dan tepung beras dalam satu wadah. Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya. Aduk rata.

3. Celupkan Tahu ke Adonan Tepung

Celupkan tahu ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat tadi hingga rata. Pastikan seluruh bagian tahu terbalut adonan tepung.

4. Goreng Tahu

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng tahu yang sudah dibalut adonan tepung hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

5. Ulek Sambal

Selagi menunggu tahu yang digoreng, Sobat Sederhana bisa membuat sambal untuk tahu geprek. Ulek cabe rawit, bawang putih, dan garam hingga halus. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah pengulekan.

6. Geprek Tahu

Geprek tahu yang sudah digoreng tadi dengan menggunakan ulekan atau sendok hingga tahu sedikit pipih. Kemudian, celupkan tahu geprek ke dalam sambal yang sudah diulek tadi. Geprek lagi hingga sambal merata.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Mesin Sederhana untuk Sobat Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa Dibuat dari Tahu Apa Saja?

Anda bisa membuat tahu geprek dengan tahu putih biasa maupun tahu kuning. Namun, tahu kuning sedikit lebih empuk dan gurih dibandingkan tahu putih.

2. Sambal Pedas atau Tidak?

Sambal tahu geprek identik dengan rasa pedas. Jika Sobat Sederhana tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabe rawit dan menambahkan gula atau kecap manis.

3. Bisa Disimpan Berapa Lama?

Tahu geprek sebaiknya langsung dimakan setelah diolah agar tetap crispy. Jika ingin disimpan, bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari.

4. Cocok untuk Diolah Jadi Bisnis?

Tahu geprek sangat cocok sebagai usaha bisnis kuliner karena mudah dibuat, bahan baku mudah didapatkan dan banyak diminati oleh masyarakat. Sobat Sederhana bisa membuka usaha tahu geprek di rumah atau menyewa gerai kecil di pinggir jalan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat tahu geprek sederhana yang enak dan mudah dibuat di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat tahu geprek yang crispy dan pedas seperti di restoran. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tahu Geprek Sederhana