Cara Membuat Kalkulator Sederhana Java

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa Java. Kita akan membuat sebuah aplikasi kalkulator sederhana yang dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Itu semua menggunakan bahasa Java yang mudah dipahami dan hanya membutuhkan sedikit coding. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan Eclipse IDE, salah satu Integrated Developer Environment (IDE) terpopuler di dunia. Yuk simak cara pembuatannya!

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menginstall JDK di laptop atau komputer kamu. Download dan install JDK dari website Oracle Corp. dan lakukan instalasi seperti biasa. Setelah instalasi, pastikan environment variable sudah terdaftar di Windows. Kamu dapat mengeceknya dengan membuka command prompt dan ketikkan java -version dan javac -version untuk mengecek versi JDK yang terinstall.

Membuat Project Baru di Eclipse

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah project baru di Eclipse. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Eclipse. Pada menu bar, klik File -> New -> Java Project.
  2. Masukkan nama project, misalnya “KalkulatorSederhana”. Pastikan kamu telah memilih workspace untuk menyimpan project.
  3. Klik Finish.

Dengan langkah ini, kita telah berhasil membuat sebuah project baru di Eclipse.

Membuat Package dan Class Baru

Selanjutnya, kita akan membuat sebuah package dan class baru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada project, lalu pilih New -> Package.
  2. Masukkan nama package, misalnya “kalkulator”. Klik Finish.
  3. Klik kanan pada package, lalu pilih New -> Class.
  4. Masukkan nama class, misalnya “KalkulatorSederhana”. Pastikan kamu telah mencheck opsi public static void main(String[] args). Klik Finish.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Lemari Sederhana - Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

Selamat, kamu telah berhasil membuat sebuah package dan class baru di Eclipse.

Membuat Kalkulator Sederhana

Sekarang saatnya kita memulai membuat kalkulator sederhana kita. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Membuat Objek Scanner

Pertama, kita harus membuat objek Scanner untuk mengambil input dari pengguna. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);}}
  3. Dalam kode di atas, kita mendeklarasikan objek Scanner dengan nama input.
  4. Objek Scanner dapat digunakan untuk mengambil input dari pengguna.

Mengambil Input Dari Pengguna

Selanjutnya, kita akan mengambil input dari pengguna. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);System.out.print("Masukkan angka pertama: ");int angka1 = input.nextInt();System.out.print("Masukkan angka kedua: ");int angka2 = input.nextInt();}}
  3. Dalam kode di atas, kita menggunakan perintah System.out.print untuk menampilkan pesan ke pengguna.
  4. Dalam kode di atas, kita menggunakan perintah input.nextInt() untuk mengambil input dari pengguna. Kita menyimpan input tersebut di dalam variabel angka1 dan angka2.

Menampilkan Hasil Perhitungan

Setelah kita berhasil mengambil input dari pengguna, saatnya menampilkan hasil perhitungan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);System.out.print("Masukkan angka pertama: ");int angka1 = input.nextInt();System.out.print("Masukkan angka kedua: ");int angka2 = input.nextInt();int hasil = angka1 + angka2;System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil);}}
  3. Dalam kode di atas, kita menggunakan + untuk menambahkan dua angka.
  4. Dalam kode di atas, kita menggunakan System.out.println untuk menampilkan hasil perhitungan.

Menambahkan Fitur Perhitungan Lainnya

Selain penjumlahan, kita juga ingin menambahkan fitur pengurangan, perkalian dan pembagian. Berikut adalah cara menambahkan fitur-fitur tersebut:

TRENDING 🔥  Cara Melihat Gerhana Matahari dengan Alat Sederhana - Sobat Sederhana

Pengurangan

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);System.out.print("Masukkan angka pertama: ");int angka1 = input.nextInt();System.out.print("Masukkan angka kedua: ");int angka2 = input.nextInt();int hasil = angka1 - angka2;System.out.println("Hasil pengurangan adalah: " + hasil);}}
  3. Kita menggunakan tanda - untuk mengurangi dua angka.

Perkalian

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);System.out.print("Masukkan angka pertama: ");int angka1 = input.nextInt();System.out.print("Masukkan angka kedua: ");int angka2 = input.nextInt();int hasil = angka1 * angka2;System.out.println("Hasil perkalian adalah: " + hasil);}}
  3. Kita menggunakan tanda * untuk mengalikan dua angka.

Pembagian

  1. Tambahkan kode berikut di dalam class:
  2. import java.util.Scanner;public class KalkulatorSederhana {public static void main(String[] args) {Scanner input = new Scanner(System.in);System.out.print("Masukkan angka pertama: ");int angka1 = input.nextInt();System.out.print("Masukkan angka kedua: ");int angka2 = input.nextInt();int hasil = angka1 / angka2;System.out.println("Hasil pembagian adalah: " + hasil);}}
  3. Kita menggunakan tanda / untuk membagi dua angka.

FAQ

1. Apa itu JDK?

JDK (Java Development Kit) adalah sekumpulan tools untuk mengembangkan aplikasi Java. JDK terdiri dari Java Runtime Environment (JRE), Java Compiler, dan Java Debugger.

2. Apa itu Eclipse IDE?

Eclipse IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Eclipse sangat populer di kalangan developer karena memiliki banyak fitur dan plugin yang dapat memudahkan proses pengembangan.

3. Apa itu objek Scanner?

Objek Scanner adalah sebuah class yang digunakan untuk mengambil input dari pengguna. Objek Scanner dapat digunakan untuk mengambil input berupa angka ataupun teks.

Summary

Pada tutorial ini, kita telah belajar cara membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa Java. Kita menggunakan Eclipse IDE untuk membuat project baru, package baru dan class baru. Kita juga telah belajar bagaimana cara mengambil input dari pengguna dan menampilkan hasil perhitungan. Selain itu, kita juga telah menambahkan fitur pengurangan, perkalian dan pembagian ke dalam kalkulator kita. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar Java. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa berkunjung kembali ke artikel-artikel menarik lainnya di website kami.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Basal Metabolisme Rate Cara Sederhana

Tables

Operator
Tanda
Penjumlahan
+
Pengurangan
-
Perkalian
*
Pembagian
/

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kalkulator Sederhana Java