Cara Buat Chicken Mushroom Sederhana di Rumah

Salam hangat dan selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat chicken mushroom sederhana di rumah. Bagi kamu yang gemar memasak dan ingin mencoba resep baru, artikel ini sangat cocok untuk kamu simak. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ayam potong dadu
500 gram
Jamur kancing
200 gram
Bawang bombay
1 buah
Bawang putih
3 siung
Cabai rawit
3 buah
Kecap manis
2 sendok makan
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Air
200 ml
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan sebelum memasak agar proses memasak menjadi lebih mudah dan cepat.

Langkah-langkah Memasak

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat chicken mushroom sederhana di rumah:

Langkah 1: Persiapkan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang sudah dijelaskan di atas. Potong ayam menjadi dadu, iris bawang bombay dan bawang putih, serta cuci bersih jamur kancing.

Langkah 2: Panaskan Minyak

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Setelah minyak sudah panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah diiris. Tumis hingga harum dan bawang sudah agak layu.

Langkah 3: Tambahkan Ayam

Setelah tumisan bawang sudah sedikit layu, masukkan ayam yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Tumis hingga ayam berubah warna dan matang.

Langkah 4: Tambahkan Jamur Kancing

Setelah ayam sudah matang, masukkan jamur kancing yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Tumis hingga jamur kancing layu dan agak mengeluarkan air.

TRENDING 🔥  Cara Buat Meja Sederhana dari Kayu Anak Kost

Langkah 5: Tambahkan Bahan Lainnya

Selanjutnya, tambahkan cabai rawit yang sudah dipotong-potong, kecap manis, garam, lada, dan air ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam ayam dan jamur.

Langkah 6: Masak Hingga Mengental

Masak semua bahan dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ayam dan jamur. Aduk sesekali agar bahan tidak lengket di dasar wajan.

Tips

Untuk membuat chicken mushroom yang enak dan lezat, ada beberapa tips yang harus diperhatikan:

Tip 1: Gunakan Ayam yang Berkualitas

Pilihlah ayam yang berkualitas untuk menghasilkan chicken mushroom yang enak dan lezat. Ayam yang berkualitas akan membuat rasa chicken mushroom menjadi lebih gurih dan empuk.

Tip 2: Tambahkan Bumbu Secukupnya

Penambahan bumbu seperti kecap manis, garam, dan lada harus disesuaikan dengan selera masing-masing. Jangan terlalu banyak menambahkan bumbu agar rasa chicken mushroom tidak terlalu asin atau pedas.

Tip 3: Jangan Terlalu Lama Memasak

Jangan memasak chicken mushroom terlalu lama karena akan membuat daging ayam menjadi keras dan jamur kancing terlalu lembek. Pastikan memasak dengan apinya sedang dan tidak terlalu lama.

FAQ

1. Apakah hanya bisa menggunakan jamur kancing?

Tentu saja tidak. Selain jamur kancing, kamu juga bisa menggunakan jamur tiram, jamur merang, atau jenis jamur lainnya sesuai selera.

2. Apakah bisa menambahkan sayuran?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kembang kol, brokoli, atau sayuran lainnya sesuai selera. Potong sayuran menjadi ukuran kecil agar mudah dimasak bersama dengan ayam dan jamur.

3. Apakah bisa menggunakan saus tiram?

Bisa. Kamu bisa menggunakan saus tiram untuk menambahkan cita rasa chicken mushroom yang lebih gurih dan lezat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pizza Mie Instan Sederhana

Closing

Sekian artikel mengenai cara membuat chicken mushroom sederhana di rumah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana yang ingin mencoba resep baru. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman dan keluarga ya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Chicken Mushroom Sederhana di Rumah