Tutorial Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar tentang cara membuat filter air sederhana dari botol bekas. Filter air sangat penting untuk menjaga kualitas air yang akan kita gunakan sehari-hari. Dengan membuat filter air sederhana ini, kita dapat menghemat biaya dan juga sangat ramah lingkungan. Yuk, simak tutorialnya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat filter air, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
Gunting
Botol bekas
Paku
Kapur sirih
Penjepit kain
Pasir
Sendok
Batubara
Wadah
Karung goni

Langkah-Langkah Membuat Filter Air Sederhana dari Botol

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat filter air sederhana dari botol bekas:

1. Potong Botol Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu memotong bagian bawah botol bekas menggunakan gunting. Bagian bawah botol bekas ini akan menjadi wadah untuk menyimpan air yang sudah difilter.

2. Buat Lubang pada Tutup Botol

Setelah itu, buatlah beberapa lubang pada tutup botol menggunakan paku. Lubang-lubang ini akan menjadi tempat keluarnya air yang sudah difilter. Pastikan lubang tersebut tidak terlalu besar atau kecil agar air dapat keluar dengan lancar.

3. Tambahkan Kapur Sirih

Sobat Sederhana perlu menambahkan sedikit kapur sirih pada bagian atas lubang yang sudah dibuat tadi. Kapur sirih ini berfungsi untuk membersihkan air dari kotoran dan bakteri.

4. Tambahkan Lapisan Pasir

Langkah selanjutnya adalah menambahkan lapisan pasir pada botol bekas. Pasir ini akan berfungsi sebagai penyaring kotoran-kotoran halus dalam air. Tambahkan pasir sekitar setengah dari tinggi botol bekas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Acara Ulang Tahun yang Sederhana

5. Tambahkan Lapisan Batubara

Setelah itu, tambahkan lapisan batubara di atas lapisan pasir. Batubara ini berfungsi sebagai penyaring zat-zat kimia dalam air. Tambahkan batubara sekitar setengah dari tinggi pasir.

6. Tambahkan Lapisan Pasir Lagi

Sobat Sederhana perlu menambahkan lapisan pasir lagi di atas lapisan batubara. Pasir ini akan berfungsi lagi sebagai penyaring kotoran-kotoran halus yang masih tersisa dalam air.

7. Selesai

Selamat, filter air sederhana dari botol bekas sudah selesai dibuat! Sobat Sederhana tinggal menaruh botol bekas ini di atas wadah yang berisi air dan biarkan air meresap ke dalam botol bekas melalui lubang-lubang yang sudah dibuat tadi. Air yang sudah difilter akan keluar dari lubang pada tutup botol dan siap untuk digunakan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Berapa lama filter air sederhana ini dapat digunakan?

Filter air sederhana ini dapat digunakan selama beberapa kali, tergantung pada kualitas air yang diolah. Jika air yang diolah sangat kotor dan berbau, sebaiknya filter air sederhana ini diganti setiap hari.

2. Apakah saya perlu membersihkan filter air sederhana ini?

Ya, Sobat Sederhana perlu membersihkan filter air sederhana ini setelah penggunaan. Bersihkan bagian dalam botol bekas dengan air mengalir dan gosoklah bagian dalamnya dengan sikat kecil agar kotoran dan sisa-sisa pasir hilang.

3. Apakah filter air sederhana ini benar-benar dapat menyaring kotoran dalam air?

Ya, filter air sederhana ini dapat menyaring kotoran dalam air. Namun, tidak semua jenis kotoran dapat disaring dengan baik oleh filter air sederhana ini. Sebaiknya Sobat Sederhana tetap memperhatikan kualitas air yang akan diproses.

Kesimpulan

Dengan membuat filter air sederhana dari botol bekas, Sobat Sederhana dapat menjaga kualitas air yang digunakan sehari-hari. Filter air sederhana ini sangat mudah dibuat dan dapat menghemat biaya serta ramah lingkungan. Selain itu, filter air sederhana ini dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Mari praktikkan tutorial cara membuat filter air sederhana dari botol bekas ini sekarang juga!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Soto Padang Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Tutorial Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol