Tuliskan Cara Kerja Sistem Stater Relay Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara kerja sistem stater relay sederhana. Sistem ini merupakan salah satu sistem penting dalam kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Sistem Stater Relay?

Sistem stater relay merupakan sistem yang digunakan pada kendaraan bermotor untuk menghidupkan mesin kendaraan. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah baterai, kunci kontak, dan relay starter atau stater relay. Bagaimana cara kerja dari masing-masing komponen ini? simak penjelasan di bawah ini.

Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sistem stater relay. Baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang nantinya akan digunakan untuk menghidupkan mesin kendaraan. Baterai terdiri dari beberapa sel yang terbuat dari material kimia, seperti timbal dan asam sulfat.

Saat kunci kontak diputar ke posisi on, maka energi listrik dari baterai akan mengalir ke kunci kontak dan relay starter. Selanjutnya, bagaimana cara kerja dari kunci kontak dan relay starter? simak penjelasan di bawah ini.

Kunci Kontak

Kunci kontak merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur aliran listrik dari baterai ke relay starter. Kunci kontak terdiri dari tiga posisi yaitu off, on, dan start. Saat kunci kontak diputar ke posisi on, maka aliran listrik dari baterai akan mengalir ke relay starter. Selanjutnya, bagaimana cara kerja dari relay starter? simak penjelasan di bawah ini.

Relay Starter

Relay starter atau stater relay merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan. Relay starter terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah coil, kontak utama, dan kontak bantu.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Sushi Sederhana

Saat kunci kontak diputar ke posisi start, maka arus listrik dari baterai akan masuk ke coil pada relay starter. Coil tersebut akan menghasilkan medan magnet yang akan menarik kontak bantu sehingga kontak utama dapat menyalakan mesin kendaraan. Setelah mesin hidup, kunci kontak dapat dilepaskan dari posisi start dan kembali ke posisi on.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apa fungsi dari sistem stater relay?
Sistem stater relay berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan.
Apa saja komponen yang terdapat pada sistem stater relay?
Komponen yang terdapat pada sistem stater relay antara lain baterai, kunci kontak, dan relay starter.
Bagaimana cara kerja dari baterai?
Baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang nantinya akan digunakan untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem stater relay merupakan sistem yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen, seperti baterai, kunci kontak, dan relay starter. Semua komponen tersebut bekerja secara bersama-sama untuk menghidupkan mesin kendaraan. Dengan mengetahui cara kerja dari sistem stater relay, diharapkan Sobat Sederhana dapat lebih memahami tentang kendaraan bermotor dan dapat melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kendaraannya.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Tuliskan Cara Kerja Sistem Stater Relay Sederhana