Cara Membuat Siomay Dimsum Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siomay dimsum merupakan salah satu makanan khas dari Tiongkok yang sudah sangat populer di Indonesia. Siomay yang biasanya disajikan dengan saus kacang ini memang memiliki rasa yang enak dan cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau cemilan di sore hari. Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan membuat siomay dimsum sendiri di rumah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat siomay dimsum sederhana yang mudah diikuti di rumah.

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan siomay dimsum, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Udang
250 gram
Daging ayam fillet
250 gram
Bawang putih
2 siung
Tepung sagu
100 gram
Wortel
1 buah, dipotong dadu kecil
Larutan tepung kanji
1 sdm tepung kanji + 2 sdm air
Bawang bombay
1 buah, dicincang halus
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya
Minyak wijen
1 sdm
Kulit pangsit
10-15 lembar
Ketimun
1 buah, potong dadu kecil
Cabe rawit
secukupnya, iris tipis
Kecap manis
secukupnya
Saus sambal
secukupnya

Setelah semua bahan sudah siap, maka kita bisa langsung memulai proses pembuatan siomay dimsum.

2. Cara Membuat Filling Siomay

Pertama-tama, kita akan membuat filling siomay terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1. Cincang Halus Udang dan Daging Ayam

Untuk membuat filling siomay, pertama-tama kita perlu mencincang halus udang dan daging ayam dengan menggunakan blender atau chopper. Pastikan semuanya sudah halus dan tercampur rata.

2.2. Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombay

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang putih dan bawang Bombay yang sudah dicincang halus sampai harum dan layu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penampakan Bulan dengan Barang Sederhana

2.3. Campurkan Udang, Daging Ayam, Sagu, Wortel, Garam, Lada Bubuk, dan Minyak Wijen

Setelah bawang putih dan bawang Bombay sudah harum, masukkan campuran udang dan daging ayam yang sudah dicincang halus ke dalam wajan. Aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Kemudian tambahkan sagu, wortel, garam, lada bubuk, dan minyak wijen. Aduk rata lagi sampai semua bahan tercampur dengan baik.

2.4. Tambahkan Larutan Tepung Kanji ke Dalam Adonan

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tambahkan larutan tepung kanji ke dalam adonan. Aduk rata kembali sampai adonan terlihat sedikit mengental.

3. Cara Membuat Siomay Dimsum

Setelah filling siomay sudah jadi, selanjutnya kita akan membuat siomay dimsum. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

3.1. Ambil Satu Lembar Kulit Pangsit

Ambil satu lembar kulit pangsit dan letakkan di atas permukaan kerja yang bersih. Jangan lupa untuk menaburi sedikit tepung agar kulit pangsit tidak lengket.

3.2. Ambil Sejumput Filling dan Letakkan di Tengah Kulit Pangsit

Ambil sejumput filling siomay dan letakkan di tengah kulit pangsit yang sudah disiapkan tadi.

3.3. Lipat Kulit Pangsit Menjadi Segitiga

Lipat kulit pangsit menjadi segitiga atau sesuai dengan selera. Pastikan filling siomay tidak terlalu penuh agar mudah untuk dilipat.

3.4. Rekatkan Ujung-ujung Kulit Pangsit dengan Air

Untuk merekatkan ujung-ujung kulit pangsit agar tidak terbuka, oleskan sedikit air pada ujung-ujung kulit pangsit sebelum menyatukannya.

3.5. Siomay Dimsum Siap Disajikan

Setelah semua siomay dimsum sudah selesai dibuat, kita bisa langsung merebusnya dalam air yang sudah mendidih atau mengukusnya di dalam kukusan dengan api sedang selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah matang, siomay dimsum siap disajikan dengan saus kacang, kecap manis, atau saus sambal sesuai dengan selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sempol Sederhana Tanpa Ayam

4. FAQ tentang Cara Membuat Siomay Dimsum Sederhana

4.1. Apakah Boleh Mengganti Kulit Pangsit dengan Kulit Lumpia?

Tentu saja boleh. Kamu bisa menggunakan kulit lumpia sebagai bahan pengganti kulit pangsit. Namun, perlu diingat bahwa tekstur dari kulit lumpia berbeda dengan kulit pangsit sehingga hasil akhirnya mungkin tidak akan sama.

4.2. Bisakah Menggunakan Ikan untuk Filling Siomay?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan ikan sebagai bahan pengganti udang atau daging ayam jika ingin mencoba variasi rasa yang lain. Pastikan ikan yang digunakan sudah dijadiakan fillet dan dicincang halus seperti halnya dengan daging ayam dan udang.

4.3. Apakah Bisa Menambahkan Jamur sebagai Isian Siomay?

Bisa saja. Kamu bisa menggunakan jamur sebagai isian siomay. Ada beberapa jenis jamur yang bisa digunakan seperti jamur merang, jamur kuping, atau jamur shitake. Pastikan jamur yang digunakan sudah dicincang halus dan diolah terlebih dahulu sebelum ditambahkan pada adonan.

4.4. Apakah Siomay Dimsum Bisa Disimpan di Kulkas?

Bisa. Jika ada sisa siomay dimsum, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dalam wadah tertutup selama kurang lebih 2-3 hari. Namun, sebaiknya siomay dimsum yang sudah matang dimakan dalam waktu 1-2 hari saja untuk menjaga kesegarannya.

4.5. Bisakah Siomay Dimsum Dibekukan untuk Simpanan?

Tentu saja bisa. Jika kamu ingin menyimpan siomay dimsum dalam jangka waktu yang lebih lama, kamu bisa membekukannya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Siomay dimsum yang sudah dibekukan bisa tahan sampai dengan 1 bulan.

Itulah beberapa FAQ seputar cara membuat siomay dimsum sederhana yang sering ditanyakan. Semoga dapat membantu!

Demikianlah artikel tentang cara membuat siomay dimsum sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat siomay dimsum yang enak dan lezat sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

TRENDING 🔥  Cara Buat Mesin Crusher Plastik yang Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Siomay Dimsum Sederhana