Roti Doraemon Cara Membuat Sederhana Bentuk Doraemon

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat roti Doraemon yang sederhana namun memiliki bentuk yang sangat menarik. Roti ini biasanya menjadi favorit anak-anak karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan seperti Doraemon. Nah, kita akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana membuat roti Doraemon ini dengan mudah. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat roti Doraemon, ada beberapa bahan yang harus Sobat Sederhana siapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

No.
Bahan
Jumlah
1
Tepung Terigu
500 gr
2
Susu Bubuk
50 gr
3
Gula Pasir
100 gr
4
Garam
½ sendok teh
5
Air
250 ml
6
Ragi Instan
1 sendok teh
7
Pewarna Makanan
secukupnya
8
Coklat Batang
secukupnya
9
Butter
50 gr

Bahan-bahan tersebut bisa Sobat Sederhana dapatkan di toko-toko bahan kue terdekat. Selanjutnya, mari kita mulai membuat roti Doraemon ini!

Langkah Membuat

Langkah 1: Membuat Adonan Roti

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan garam dalam wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula kayu. Setelah itu, campurkan ragi instan ke dalam campuran tepung tadi.

Selanjutnya, tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket. Uleni adonan selama kurang lebih 10-15 menit hingga adonan terasa elastis dan mulai tidak lengket pada tangan.

Setelah itu, bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar. Beri pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan dengan warna yang berbeda. Aduk rata hingga warna merata di setiap bagian adonan.

Langkah 2: Membentuk Adonan Roti Doraemon

Ambil selembar adonan berwarna biru sebagai dasar kepala Doraemon. Pipihkan adonan tersebut dan letakkan batang coklat di tengah adonan tersebut, kemudian bungkus dengan rapi hingga bentuknya menjadi bulat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Vakum Sederhana untuk Sobat Sederhana

Ambil selembar adonan putih sebagai badan Doraemon. Pipihkan adonan tersebut dan letakkan adonan biru di atasnya. Gumpalkan adonan tersebut dan bentuk seperti bola.

Ambil selembar adonan merah sebagai tangan Doraemon. Pipihkan adonan tersebut dan bentuk seperti huruf U. Gunting bagian bawah U tersebut dan letakkan pada badan Doraemon.

Ambil selembar adonan kuning sebagai kantong Doraemon. Pipihkan adonan tersebut dan letakkan di bawah badan Doraemon. Bentuk menyerupai kantong dan letakkan lagi batang coklat di dalamnya.

Ambil selembar adonan biru sebagai kaki Doraemon. Pipihkan adonan tersebut dan bentuk menjadi bulat. Letakkan tangan Doraemon di atas kakinya dan letakkan badan Doraemon di atas tangan dan kakinya.

Ambil selembar adonan putih dan pipihkan adonan hingga tipis. Letakkan di atas kepala Doraemon sebagai antena.

Langkah 3: Mengolah Roti Doraemon

Setelah semua adonan terbentuk dengan benar, diamkan selama 30-40 menit hingga mengembang dan ukuran roti sekitar 2 kali lipat.

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah itu, panggang roti Doraemon selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang.

Setelah matang, keluarkan roti Doraemon dari oven dan biarkan dingin. Sajikan roti Doraemon ini dalam wadah yang menarik dan siap untuk disantap!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah ragi instan bisa diganti dengan ragi biasa?

Ya, bisa. Namun, penggunaan ragi instan lebih praktis dan memudahkan dalam proses pengembangan adonan.

2. Apakah pewarna makanan harus digunakan?

Tidak harus digunakan. Namun, pewarna makanan digunakan untuk menambahkan variasi warna pada roti Doraemon sehingga tampak lebih menarik dan lucu.

3. Bisakah butter diganti dengan margarin?

Ya, bisa. Namun, butter memberikan rasa dan aroma yang lebih enak pada roti Doraemon.

TRENDING 🔥  Cara Menurunkan Berat Badan Sederhana

Kesimpulan

Itulah cara membuat roti Doraemon yang sederhana namun memiliki bentuk yang sangat menarik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat roti Doraemon sendiri di rumah dan disajikan untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Roti Doraemon Cara Membuat Sederhana Bentuk Doraemon