Resep Cara Membuat Masakan Gulai Ayam Bumbu Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu suka makanan pedas yang kaya rempah? Jika iya, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat masakan gulai ayam bumbu sederhana yang enak dan mudah diikuti. Yuk simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat gulai ayam, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah disiapkan dengan baik. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Ayam potong
500 gram
Santan kental
500 ml
Bawang merah
10 butir
Bawang putih
5 siung
Cabe merah
10 buah
Cabe rawit
5 buah
Kunyit
2 cm
Jahe
2 cm
Lengkuas
2 cm
Serai
2 batang
Daun salam
3 lembar
Daun jeruk
3 lembar
Gula merah
secukupnya
Garam
secukupnya
Air
secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan Bumbu

Pertama-tama, siapkan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kunyit, jahe, lengkuas, dan serai. Haluskan bumbu-bumbu tersebut menggunakan blender atau cobek.

2. Tumis Bumbu

Panaskan minyak di wajan lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang. Tambahkan daun salam dan daun jeruk agar aroma semakin terasa.

3. Masukkan Ayam

Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk hingga ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu. Tuangkan air secukupnya agar ayam terendam dan biarkan mendidih.

4. Tambahkan Santan

Tambahkan santan kental dan aduk hingga rata. Biarkan santan mendidih dan bumbu meresap ke dalam ayam. Jangan lupa untuk sesekali diaduk agar santan tidak pecah.

5. Masukkan Garam dan Gula Merah

Masukkan garam dan gula merah secukupnya agar gulai ayam memiliki rasa yang pas. Aduk kembali dan biarkan masakan mendidih selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam ayam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gokart Listrik Sederhana

6. Sajikan

Gulai ayam bumbu sederhana siap disajikan dan dinikmati bersama nasi putih hangat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana jika saya tidak suka makanan pedas?

Jika tidak suka makanan pedas, kurangi jumlah cabe merah dan cabe rawit yang digunakan dalam resep ini. Anda juga dapat menggantinya dengan paprika merah atau hijau yang lebih lembut rasa pedasnya.

2. Apakah santan kental dan santan cair sama?

Tidak sama. Santan kental biasanya digunakan untuk masakan yang memiliki tekstur yang lebih kental dan berat, sementara santan cair lebih sering digunakan untuk masakan yang lebih ringan.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki lengkuas?

Jika tidak memiliki lengkuas, Anda dapat menggantinya dengan jahe atau membiarkannya saja.

4. Apakah gulai ayam ini dapat disimpan di kulkas?

Bisa. Gulai ayam dapat disimpan di kulkas selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

5. Apa saja bahan alternatif yang dapat digunakan dalam resep ini?

Beberapa bahan alternatif yang dapat digunakan dalam resep gulai ayam ini antara lain kentang, wortel, atau kacang panjang untuk menambahkan variasi warna dan rasa dalam masakan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Resep Cara Membuat Masakan Gulai Ayam Bumbu Sederhana