Makalah Cara Membuat Vacuum Cleaner Sederhana – Sobat Sederhana

Makalah Cara Membuat Vacuum Cleaner Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kami akan membahas tentang cara membuat vacuum cleaner sederhana. Bagi kamu yang belum tahu, vacuum cleaner adalah alat yang digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah atau di kantor. Namun, vacuum cleaner yang dijual di pasaran bisa cukup mahal. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips tentang cara membuat vacuum cleaner sederhana sendiri. Yuk simak artikelnya!

Apa Saja Bahan dan Alat yang Dibutuhkan?

Sebelum memulai membuat vacuum cleaner sederhana, kamu harus menyiapkan beberapa bahan dan alat. Berikut adalah bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
– Botol bekas
– Kain
– Lem
– Pisau cutter
– Kipas angin
– Selang plastik panjang
– Colokan listrik
– Saklar on/off
– Gunting
– Pembuka kabel
– Tang

Dengan menyiapkan seluruh bahan dan alat tersebut, kamu sudah bisa memulai membuat vacuum cleaner sederhana.

Langkah-langkah Membuat Vacuum Cleaner Sederhana

Setelah menyiapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan, kamu bisa memulai membuat vacuum cleaner sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Potong botol bekas

Pertama, ambil botol bekas yang sudah tidak dipakai. Potong bagian bawah botol dengan pisau cutter. Bagian bawah botol ini akan digunakan sebagai tempat kain dan kipas angin.

2. Pasang kipas angin

Selanjutnya, pasang kipas angin di bagian bawah botol yang sudah dipotong tadi. Gunakan lem untuk memasangkan kipas angin ke permukaan botol.

3. Sambungkan selang plastik

Sambungkan selang plastik ke bagian atas botol bekas yang telah dipotong tadi. Caranya, gunakan pembuka kabel untuk membuat lubang di bagian atas botol. Setelah itu, sambungkan selang plastik dengan botol menggunakan lem dan tambahkan sedikit perekat.

TRENDING 🔥  Cara Buat Minyak Wijen Sederhana

4. Pasang saklar on/off

Pasang saklar on/off di salah satu sisi botol bekas. Kamu bisa menggunakan tang untuk memasang saklar on/off. Pastikan saklar on/off terpasang dengan kuat dan rapi.

5. Pasang colokan listrik

Terakhir, pasang colokan listrik di sisi lain botol bekas. Kamu bisa menggunakan tang untuk memasang colokan listrik. Pastikan colokan listrik terpasang dengan kuat dan rapi.

FAQ tentang Vacuum Cleaner Sederhana

1. Apakah vacuum cleaner sederhana ini bisa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran?

Ya, vacuum cleaner sederhana ini bisa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah atau di kantor.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat vacuum cleaner sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat vacuum cleaner sederhana bisa berbeda-beda tergantung dari bahan dan alat yang kamu gunakan. Namun, biaya yang diperlukan tidak akan terlalu mahal.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat vacuum cleaner sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat vacuum cleaner sederhana sekitar 2-3 jam tergantung dari tingkat kesulitan dan keahlian kamu dalam membuat alat elektronik.

4. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari vacuum cleaner sederhana?

Kelebihan dari vacuum cleaner sederhana adalah biaya yang lebih murah, mudah dibuat, dan bisa digunakan untuk membersihkan debu di rumah atau di kantor. Namun, kekurangan dari vacuum cleaner sederhana adalah kurang efisien dan belum bisa membersihkan kotoran yang terlalu besar.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, kamu sudah bisa membuat vacuum cleaner sederhana sendiri. Vacuum cleaner sederhana ini bisa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah atau di kantor. Selain itu, vacuum cleaner sederhana ini juga cukup mudah dan murah untuk dibuat. Jadi, tunggu apa lagi? Coba buat vacuum cleaner sederhana kamu sendiri sekarang!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pangsit Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Makalah Cara Membuat Vacuum Cleaner Sederhana – Sobat Sederhana