Download Free Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan Excel – Sobat Sederhana

Download Free Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan Excel – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah berpikir untuk membuat aplikasi sederhana menggunakan aplikasi yang sudah ada di komputer kamu? Salah satunya adalah menggunakan Microsoft Excel. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat aplikasi sederhana dengan Excel secara gratis dan mudah. Yuk, mari kita mulai!

Pendahuluan

Sebelum kita memulai, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki Microsoft Excel di komputer kamu. Kedua, pastikan kamu sudah memiliki pemahaman dasar tentang Excel. Jika sudah memenuhi kedua persyaratan tersebut, kita bisa mulai membuat aplikasi sederhana dengan Excel.

Step 1: Membuat Desain Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat desain aplikasi yang akan kita buat. Desain ini bisa kamu buat menggunakan Microsoft Word atau bisa juga menggunakan kertas dan pensil. Pastikan kamu sudah menentukan fitur-fitur apa saja yang diperlukan dalam aplikasi tersebut dan bagaimana cara mengaturnya.

Setelah desain sudah selesai, kamu bisa memulai membuat aplikasi di Excel. Kamu bisa membuka aplikasi ini dengan cara menekan tombol “Excel” di desktop kamu atau mencarinya di menu Start.

Step 2: Membuat Kolom-Kolom dan Baris-Baris

Setelah Excel terbuka, kamu bisa membuat kolom-kolom dan baris-baris yang sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Kamu bisa menggunakan fitur “Insert” untuk menambahkan kolom atau baris yang diperlukan.

Di sini, kamu bisa menentukan jenis data yang akan dimasukkan ke dalam kolom tersebut, misalnya nama, alamat, umur, dan lain sebagainya. Pastikan juga kamu memiliki kolom keterangan agar user bisa memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan setiap kolom.

TRENDING 🔥  Cara Masak Kuah Tahu dengan Bahan Sederhana

Step 3: Memasukkan Formula

Setelah kolom dan baris sudah terbuat, kamu bisa memasukkan formula untuk menghitung data yang dimasukkan. Misalnya, jika kamu memiliki kolom untuk menghitung total harga, maka kamu bisa memasukkan formula seperti “=SUM(Kolom1:Kolom2)”. Kamu bisa melakukan ini dengan klik pada sel yang akan diisi dengan formula kemudian memasukkan formula tersebut di atas.

Pastikan kamu sudah menguasai bagaimana cara memasukkan formula dan juga kegunaan masing-masing formula. Kamu bisa mencari referensi di internet atau buku-buku tentang Excel.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah Excel bisa digunakan untuk membuat aplikasi?
Ya, Excel bisa digunakan untuk membuat aplikasi sederhana.
Apakah Excel gratis?
Tidak, Excel termasuk aplikasi berbayar dan harus dibeli lisensinya.
Apakah Excel sulit digunakan?
Tidak, Excel sangat mudah digunakan asalkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang aplikasi tersebut.
Apakah Excel hanya digunakan untuk menghitung angka?
Tidak, Excel bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti membuat grafik, membuat laporan, membuat daftar, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Membuat aplikasi sederhana dengan Excel tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memiliki desain yang jelas, pemahaman dasar tentang Excel, dan kemauan untuk belajar. Dengan membuat aplikasi sederhana, kamu bisa mempermudah pekerjaanmu dan meningkatkan produktivitasmu. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Download Free Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan Excel – Sobat Sederhana