Cara Sederhana Pemisahan Emas dari Bongkahan Batu

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian pernah mendengar tentang cara sederhana pemisahan emas dari bongkahan batu? Emas selalu menjadi benda yang sangat berharga, bukan hanya karena nilainya yang tinggi, tetapi juga karena kesulitan dalam memperolehnya.

Mengenal Emas

Emas adalah logam mulia yang memiliki warna kuning kecoklatan. Emas memiliki kelarutan yang sangat rendah dalam air, tetapi mudah larut dalam larutan sianida dan merkuri.

Emas ditemukan dalam bentuk bijih di berbagai lokasi di seluruh dunia. Umumnya, emas ditemukan dalam bongkahan batu yang disebut bijih emas.

Pemisahan Emas dari Bongkahan Batu

Pemisahan emas dari bongkahan batu membutuhkan proses yang cukup rumit. Proses ini melibatkan beberapa tahap pemisahan dan pengolahan bijih emas.

Penghancuran Bijih Emas

Langkah pertama dalam pemisahan emas dari bongkahan batu adalah penghancuran bijih emas. Bijih emas ditumbuk dan dihancurkan menjadi serpihan kecil menggunakan alat penghancur seperti mesin penghancur, palu, atau bola baja.

Setelah bijih emas dihancurkan, ia akan menjadi bubuk halus yang siap untuk diproses lebih lanjut.

Pemisahan Emas dari Bubuk Bijih

Setelah bijih emas dihancurkan menjadi bubuk halus, proses pemisahan dapat dimulai. Ada beberapa metode pemisahan emas dari bongkahan batu, di antaranya:

1. Pemisahan dengan Menggunakan Air

Metode pemisahan yang paling umum digunakan adalah pemisahan dengan menggunakan air. Metode ini melibatkan penggunaan cairan yang mengalir melalui bijih emas yang dihancurkan.

Cairan ini akan membantu memisahkan emas dari batuan dan mineral lainnya. Emas yang terpisah akan disimpan di dalam gelas pengumpul atau karung emas.

2. Pemisahan dengan Menggunakan Merkuri

Metode pemisahan emas dari bongkahan batu yang lain adalah pemisahan dengan menggunakan merkuri. Metode ini melibatkan penggunaan merkuri untuk menangkap emas yang tercampur di dalam bijih emas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kursi Panjang Kayu Sederhana

Proses ini dilakukan dengan cara mencampurkan bijih emas dengan merkuri. Emas yang tercampur dengan merkuri akan membentuk amalgam emas merkuri, yang kemudian akan dipisahkan dari mineral dan batuan lainnya.

Pembersihan Amalgam Emas Merkuri

Setelah proses pemisahan dengan menggunakan merkuri, amalgam emas merkuri perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum emas dapat dipisahkan dari merkuri.

Pembersihan amalgam emas merkuri dilakukan dengan cara memanaskan amalgam di dalam retort. Melalui proses ini, merkuri akan menguap dan meninggalkan emas di dalam retort.

Pengolahan Emas

Setelah proses pemisahan emas dari bongkahan batu, emas yang terpisah dari bijih emas akan diolah lebih lanjut. Beberapa proses pengolahan emas di antaranya adalah:

1. Pemurnian Emas

Pemurnian emas dilakukan untuk menghilangkan mineral dan logam lain yang masih tercampur dengan emas. Proses pemurnian dapat dilakukan dengan menggunakan asam nitrat, larutan sianida, atau elektrolisis.

2. Pembentukan Bar Emas

Setelah emas dipurnakan, emas tersebut dapat dibentuk menjadi batangan atau bar emas. Proses pembentukan bar emas dilakukan dengan cara melelehkan emas dan membentuknya menjadi bentuk bar dengan ukuran tertentu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah semua bongkahan batu mengandung emas?
Tidak semua bongkahan batu mengandung emas. Emas terdapat dalam beberapa jenis batuan tertentu.
2
Apakah pemisahan emas dari bongkahan batu dapat dilakukan di rumah?
Tidak disarankan untuk melakukan pemisahan emas dari bongkahan batu di rumah karena prosesnya membutuhkan alat dan bahan kimia yang berbahaya.
3
Berapa harga emas per gram saat ini?
Harga emas per gram dapat berfluktuasi setiap harinya. Untuk mengetahui harga emas saat ini, Sobat Sederhana dapat mencarinya di situs pencarian internet.

Kesimpulan

Demikianlah cara sederhana pemisahan emas dari bongkahan batu. Proses pemisahan membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi berkat hasilnya yang sangat berharga, proses tersebut menjadi sangat layak dilakukan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung Laba Kotor

Ingat, selalu berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat melakukan pemisahan emas dari bongkahan batu. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Sederhana Pemisahan Emas dari Bongkahan Batu