Cara Membuat Alat Penjernih Air Sederhana dari Bahan Alami

Halo sobat sederhana! Air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar dapat hidup sehat. Namun, masih banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki akses yang memadai terhadap air bersih. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat alat penjernih air sederhana dari bahan alami. Artikel ini akan membahas langkah demi langkah cara membuat alat penjernih air dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai membuat alat penjernih air sederhana, kita harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Batu kerikil
1 ember
Pasir halus
1 ember
Arang kayu
1 ember
Kerang
1 ember
Botol plastik bekas
1 buah
Kain saringan atau kain kasa
secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Alat Penjernih Air

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat penjernih air:

1. Siapkan botol plastik bekas

Pertama-tama, siapkan botol plastik bekas yang bersih dan kering. Ukuran botol dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Botol yang lebih besar dapat menampung lebih banyak air dan lebih banyak bahan penjernih.

2. Siapkan bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya

Siapkan batu kerikil, pasir halus, arang kayu, kerang, dan kain saringan atau kain kasa. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih agar tidak mengandung kotoran atau zat berbahaya.

3. Masukkan batu kerikil ke dalam botol

Masukkan batu kerikil ke dalam botol dengan menggunakan corong. Batu kerikil berfungsi sebagai filter pertama untuk mencegah kotoran kasar masuk ke dalam botol.

4. Masukkan pasir halus ke dalam botol

Selanjutnya, masukkan pasir halus ke dalam botol di atas batu kerikil. Pasir halus berfungsi sebagai filter kedua untuk menyaring kotoran yang lebih halus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Trigger yang Kreatif dan Sederhana

5. Masukkan arang kayu ke dalam botol

Setelah itu, masukkan arang kayu ke dalam botol di atas pasir halus. Arang kayu berfungsi untuk menyaring zat-zat kimia seperti klorin dan pestisida.

6. Masukkan kerang ke dalam botol

Terakhir, masukkan kerang ke dalam botol di atas arang kayu. Kerang berfungsi untuk memperbaiki rasa dan aroma air.

7. Letakkan kain saringan di atas botol

Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam botol, letakkan kain saringan di atas botol. Kain saringan berfungsi untuk menyaring partikel-partikel halus yang mungkin lolos dari proses penjernihan.

8. Alat penjernih air sederhana siap digunakan

Alat penjernih air sederhana dari bahan alami siap digunakan. Tambahkan air ke dalam botol dan biarkan air meresap melalui bahan-bahan penyaring. Air yang keluar dari alat penjernih ini sudah lebih jernih dan aman untuk dikonsumsi.

FAQ Tentang Alat Penjernih Air Sederhana

1. Apa saja manfaat menggunakan alat penjernih air sederhana?

Manfaat menggunakan alat penjernih air sederhana adalah dapat menghasilkan air yang lebih jernih dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, alat penjernih air ini dapat dibuat dengan biaya yang murah dan menggunakan bahan yang mudah didapatkan.

2. Apakah alat penjernih air sederhana ini bisa diaplikasikan di daerah yang belum memiliki akses air bersih?

Alat penjernih air sederhana ini dapat diaplikasikan di daerah yang belum memiliki akses air bersih. Namun, sebaiknya air yang digunakan sebagai bahan mentah sudah diambil dari sumber yang cukup bersih dan tidak tercemar.

3. Berapa lama alat penjernih air sederhana ini dapat digunakan?

Lama penggunaan alat penjernih air sederhana tergantung pada frekuensi pemakaian dan kualitas air bahan mentah. Sebaiknya alat penjernih air ini dibersihkan setiap beberapa bulan untuk menjaga performanya.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Basal Metabolisme Rate Cara Sederhana

4. Bagaimana cara membersihkan alat penjernih air sederhana ini?

Cara membersihkan alat penjernih air sederhana ini adalah dengan membongkar komponen-komponennya satu per satu. Kemudian, bersihkan bahan penyaring dengan air bersih dan sikat lembut. Setelah itu, susun kembali komponen-komponen dan alat penjernih air siap digunakan kembali.

5. Apakah alat penjernih air sederhana ini bisa dipakai untuk air laut?

Tidak, alat penjernih air sederhana ini tidak bisa dipakai untuk air laut karena bahan penyaring tidak mampu menghilangkan garam yang terkandung di dalam air laut.

Penutup

Sekarang sobat sederhana sudah tahu cara membuat alat penjernih air sederhana dari bahan alami. Dengan memanfaatkan alat penjernih air sederhana ini, kita dapat membantu mengatasi masalah kekurangan air bersih di daerah-daerah tertentu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Alat Penjernih Air Sederhana dari Bahan Alami