Cara Membuat Dongkrak Hidrolik Sederhana dari Stik Es Krim

Hello sobat sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan belajar cara membuat sebuah dongkrak hidrolik sederhana dari stik es krim. Dongkrak ini sangat berguna untuk mengangkat benda berat, seperti mobil atau motor. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai, mari kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat dongkrak hidrolik sederhana dari stik es krim ini. Berikut ini adalah daftarnya:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Stik es krim (sekitar 80 buah)
2. Lem
2. Pipet plastik (diameter 1 cm)
3. Jarum pentul
3. Tutup botol plastik (diameter 3 cm)
4. Gunting kuku
4. Selang plastik (diameter 1 cm, panjang 25 cm)
5. Tang
5. Kain kasa
6. Gunting
6. Air

Setelah semua alat dan bahan sudah tersedia, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya!

Langkah-Langkah Membuat Dongkrak Hidrolik Sederhana

1. Buat Kerangka Utama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka utama dongkrak ini. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil 16 stik es krim dan susun menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 8×4 stik es krim. Lem bagian ujungnya hingga membentuk sebuah kerangka.

2. Buat 3 kerangka seperti ini, dan susun membentuk tangga dengan ukuran 8×12 stik es krim. Lem bagian ujungnya hingga membentuk sebuah bentuk seperti tangga.

3. Susun ketiga tangga ini membentuk sebuah piramida dengan ukuran 12×12 stik es krim. Lem bagian ujungnya hingga membentuk sebuah piramida. Inilah kerangka utama dari dongkrak hidrolik sederhana ini.

2. Pasang Pipet dan Tutup Botol

Setelah kerangka utama jadi, langkah selanjutnya adalah memasang pipet dan tutup botol pada bagian bawahnya. Caranya adalah sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur

1. Ambil satu pipet plastik, dan masukkan ke dalam tutup botol plastik. Pastikan pipet masuk ke dalam tutup dengan rapat, sehingga tidak bocor.

2. Potong bagian ujung pipet sepanjang 2 cm. Lipat ujung tersebut hingga membentuk sudut 90 derajat.

3. Pasang tutup botol tersebut pada bagian bawah kerangka utama yang sudah dibuat sebelumnya. Letakkan pipet ke bawah, dan pastikan posisinya tegak lurus dengan kerangka utama.

3. Pasang Selang dan Pipa

Setelah pipet dan tutup botol sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang selang dan pipa pada bagian atasnya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Potong selang plastik sepanjang 25 cm. Pasang salah satu ujung selang pada pipet yang sudah terpasang pada bagian bawah kerangka utama tadi.

2. Pasang pipa plastik dengan diameter 1 cm pada ujung selang yang satunya. Pastikan posisinya lurus dengan kerangka utama, dan pastikan juga pipa tersebut dapat berputar dengan bebas.

4. Pasang Jarum Pentul

Jarum pentul digunakan sebagai pengunci pada bagian pipa yang sudah terpasang pada ujung selang. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil sebuah jarum pentul, dan masukkan pada bagian pipa yang sudah terpasang pada ujung selang. Masukkan jarum pentul hingga pada kedalaman yang cukup, sehingga pipa tidak melorot saat digunakan.

2. Lipat bagian ujung jarum pentul yang menonjol ke arah dalam, dan pastikan posisinya rapat pada bagian pipa.

5. Pasang Kain Kasa

Kain kasa digunakan sebagai penopang pada bagian atas kerangka utama. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan sebuah kain kasa. Letakkan kain kasa pada bagian atas kerangka utama, tepat di bawah pipa yang sudah terpasang sebelumnya.

2. Pastikan kain kasa terlipat rapi dan menutupi bagian atas kerangka utama dengan sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Popok Kopi Sederhana

6. Isi dengan Air

Setelah semua bagian terpasang dengan baik, saatnya mengisi dongkrak hidrolik sederhana ini dengan air. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil sebuah botol plastik kosong dengan kapasitas sekitar 500 ml. Potong bagian bawah botol tersebut menggunakan gunting.

2. Masukkan bagian bawah botol tersebut ke dalam pipa yang sudah terpasang pada bagian atas kerangka utama.

3. Isi botol dengan air hingga penuh, dan pastikan tidak ada udara yang terjebak di dalamnya.

7. Menggunakan Dongkrak Hidrolik Sederhana

Setelah dongkrak hidrolik sederhana ini siap digunakan, Anda dapat langsung mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Letakkan dongkrak pada benda yang akan diangkat, seperti mobil atau motor. Pastikan posisinya tepat pada bagian bawah yang ingin diangkat.

2. Tarik pipa ke atas dengan pompa tangan, dan biarkan air mengalir ke dalam bagian atas pipa. Lakukan ini secara perlahan dan terus-menerus hingga benda yang ingin diangkat terangkat dengan sempurna.

3. Setelah selesai digunakan, kosongkan air dari dalam dongkrak dan simpan kembali di tempat yang aman.

FAQ

1. Apa kegunaan dongkrak hidrolik ini?

Dongkrak hidrolik ini berguna untuk mengangkat benda berat, seperti mobil atau motor.

2. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat dongkrak hidrolik sederhana?

Alat yang dibutuhkan antara lain gunting, lem, jarum pentul, gunting kuku, dan tang. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah stik es krim, pipet plastik, tutup botol plastik, selang plastik, kain kasa, dan air.

3. Apakah sulit membuat dongkrak hidrolik sederhana ini?

Tidak sulit, asalkan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Pastikan Anda memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan, dan jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang belum dipahami.

TRENDING 🔥  Cara Uji Regresi Linear Sederhana di SPSS

4. Berapa berat maksimal yang dapat diangkat menggunakan dongkrak hidrolik sederhana ini?

Berat maksimal yang dapat diangkat menggunakan dongkrak hidrolik sederhana ini tergantung pada kualitas dan kekuatan bahan yang digunakan. Sebaiknya jangan digunakan untuk mengangkat benda yang terlalu berat atau melebihi kapasitasnya.

5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran pada selang atau pipet?

Jika terjadi kebocoran pada selang atau pipet, segera matikan penggunaan dongkrak dan perbaiki kebocoran tersebut. Jangan gunakan dongkrak jika ada kebocoran, karena dapat membahayakan keselamatan Anda.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Dongkrak Hidrolik Sederhana dari Stik Es Krim