Cara Sederhana Pembuatan Ferisianida

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu tertarik untuk membuat Ferisianida sendiri di rumah? Ferisianida adalah senyawa kimia yang umum digunakan dalam bidang pertanian sebagai pestisida. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara pembuatan Ferisianida secara sederhana dan mudah di rumah.

Apa Itu Ferisianida?

Ferisianida adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai pestisida dalam bidang pertanian. Senyawa ini membunuh serangga dan hama pada tanaman dengan cara mencegah pertumbuhan sel pada organisme tersebut. Ferisianida juga dikenal sebagai N-Phenyl-1,4-Phenylenediamine atau N-Phenylbenzene-1,4-Diamine.

Senyawa ini termasuk ke dalam kelompok bahan kimia berbahaya dan penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat Ferisianida, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Anilin
50 gram
Klorida Besi
100 gram
Air Suling
500 ml
Asam Sulfat
250 ml
Asam Klorida
250 ml
Pelindung Telinga dan Sarung Tangan

Cara Membuat Ferisianida

Sobat Sederhana dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat Ferisianida:

Langkah 1: Persiapan

Persiapkan semua bahan dan kelengkapan pelindung diri seperti pelindung telinga dan sarung tangan. Pastikan semua bahan dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan.

Langkah 2: Pengolahan Anilin

Tuangkan air suling ke dalam labu kimia dan panaskan hingga mencapai suhu 60°C. Tambahkan anilin ke dalam labu kimia dan aduk hingga tercampur rata. Tunggu hingga suhu mencapai 80°C.

Tambahkan klorida besi ke dalam labu kimia sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tunggu hingga suhu mencapai 120°C.

Langkah 3: Pengolahan Asam Sulfat

Tuangkan asam sulfat ke dalam labu kimia dan berikan perlahan ke dalam larutan anilin yang telah diaduk sebelumnya. Aduk campuran hingga tercampur rata dan suhu mencapai 150°C.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Pemurnian Air Sederhana

Langkah 4: Pengolahan Asam Klorida

Tuangkan asam klorida ke dalam labu kimia dan berikan perlahan ke dalam campuran anilin dan asam sulfat. Aduk campuran hingga tercampur rata dan suhu mencapai 120°C.

Langkah 5: Penyelesaian

Tunggu campuran hingga dingin dan hasilnya akan berupa kristal yang dapat disimpan dalam botol kaca yang bersih dan kering. Ferisianida siap digunakan sebagai pestisida.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Ferisianida berbahaya?

Ya, Ferisianida termasuk ke dalam kelompok bahan kimia berbahaya. Penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan pelindung diri yang tepat.

2. Apa dampak penggunaan Ferisianida pada lingkungan?

Penggunaan Ferisianida berlebihan dapat merusak lingkungan dan mengurangi kesuburan tanah. Oleh karena itu, penggunaannya harus dilakukan secara bijak dan tidak berlebihan.

3. Apakah Ferisianida dapat digunakan pada semua jenis tanaman?

Tidak, penggunaan Ferisianida harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan diberi perlindungan.

4. Bagaimana cara menghilangkan sisa-sisa Ferisianida?

Sisa-sisa Ferisianida harus dibuang secara aman dengan cara yang tidak merusak lingkungan seperti dibuang di tempat pembuangan bahan kimia yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara sederhana pembuatan Ferisianida. Selain mengetahui cara pembuatannya, penting bagi Sobat Sederhana untuk memahami betapa berbahayanya senyawa kimia tersebut bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan bijak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Sederhana Pembuatan Ferisianida