Cara Bikin Pancake 3 Bahan Sederhana: Panduan Praktis untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apa kabar? Pernahkah kamu ingin mencoba membuat pancake namun terhindar karena resep yang rumit dan banyak bahan yang diperlukan? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan berbagi denganmu cara membuat pancake yang hanya menggunakan 3 bahan saja. Yuk, simak panduan praktisnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan pancake, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
1,5 cangkir
Telur
2 butir
Susu cair
1 cangkir

Persiapkan juga wajan datar dan spatula untuk memudahkan proses pembuatan pancake.

Langkah-Langkah Membuat Pancake

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan pancake yang mudah dan praktis:

1. Campurkan Bahan-Bahan

Campurkan tepung terigu, telur, dan susu cair ke dalam wadah dan aduk hingga tercampur rata.

2. Panaskan Wajan

Panaskan wajan datar dengan api sedang. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum menuangkan adonan pancake ke atasnya.

3. Tuangkan Adonan

Tuangkan adonan pancake ke atas wajan dengan menggunakan sendok sayur atau sendok takar. Tuangkan sesuai dengan ukuran pancake yang diinginkan. Biarkan adonan menyebar dan membentuk lingkaran.

4. Tunggu Hingga Matang

Tunggu hingga pancake matang di satu sisi sebelum membaliknya. Kamu bisa memeriksa apakah pancake sudah matang dengan menggunakan spatula dan mengangkat bagian pinggir pancake sedikit untuk melihat bagian bawahnya. Jika sudah berwarna coklat keemasan, artinya pancake sudah siap untuk dibalik.

5. Balik Pancake

Balik pancake dengan hati-hati menggunakan spatula. Biarkan pancake matang di sisi lainnya hingga berwarna coklat keemasan.

6. Angkat dan Sajikan

Angkat pancake dari wajan dan letakkan di piring saji. Sajikan pancake dengan topping sesuai selera, seperti madu, maple syrup, atau buah-buahan segar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Name Tag Sederhana

FAQ tentang Pembuatan Pancake

1. Apa yang membuat pancake menjadi lembut?

Untuk membuat pancake menjadi lembut, pastikan adonan tercampur rata dan tidak terlalu banyak diaduk. Saat menuangkan adonan ke atas wajan, jangan menekannya agar adonan bisa menyebar dengan baik.

2. Apa yang menyebabkan pancake cepat gosong?

Pancake bisa cepat gosong jika wajan terlalu panas dan adonan dibiarkan terlalu lama di atas wajan. Pastikan kamu menggunakan api sedang dan membalik pancake tepat waktu agar pancake matang merata.

3. Bisakah susu cair diganti dengan susu bubuk?

Bisa, susu bubuk bisa dicampur dengan air untuk menggantikan susu cair. Pastikan konsistensi adonan tetap kental untuk menghasilkan pancake yang lezat dan tidak terlalu cair.

Penutup

Demikianlah panduan praktis cara membuat pancake 3 bahan sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan topping pancake yang berbeda. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Pancake 3 Bahan Sederhana: Panduan Praktis untuk Sobat Sederhana