Cara Sederhana Merubah Foto Ukuran 4 x 6

Hallo Sobat Sederhana, senang sekali bertemu dengan kalian lagi di artikel ini. Mungkin kalian pernah mengalami kesulitan ketika ingin mencetak foto dengan ukuran 4×6. Karena ukuran tersebut tidak umum digunakan di Indonesia, sehingga kesulitan untuk menemukan tempat mencetak.

Tapi jangan khawatir, di artikel ini kamu akan belajar cara sederhana merubah foto ukuran 4×6 menjadi ukuran yang lebih umum digunakan seperti 3×4 atau 2×3. Yuk simak artikelnya sampai selesai.

Pengertian Foto Ukuran 4×6

Sebelum kita masuk ke cara merubah ukuran foto, sebaiknya kita pahami dulu apa itu foto dengan ukuran 4×6. Foto dengan ukuran 4×6 adalah ukuran foto yang umumnya digunakan di negara-negara barat seperti Amerika dan Eropa. Ukuran tersebut sama dengan 10×15 cm.

Di Indonesia, ukuran foto yang umum digunakan adalah ukuran 3×4 dan 2×3. Namun, jika kamu ingin mencetak foto di luar negeri, kamu mungkin akan membutuhkan ukuran foto 4×6.

1. Cara Merubah Ukuran Foto di Photoshop

Untuk merubah ukuran foto menjadi 4×6 di Photoshop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah
Deskripsi
1
Buka Photoshop dan buka foto yang ingin diubah ukurannya.
2
Pilih menu ‘Image’ dan klik ‘Image Size’.
3
Pada kotak dialog ‘Image Size’, ubah ukuran foto menjadi 4×6 atau 15×10 cm.
4
Klik ‘OK’ untuk menyimpan perubahan ukuran.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah merubah ukuran foto menjadi 4×6 di Photoshop. Namun, jika kamu tidak memiliki Photoshop, kamu bisa mencoba cara berikutnya.

2. Cara Merubah Ukuran Foto di Canva

Canva adalah aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain grafis dengan mudah. Salah satu fitur Canva adalah dapat digunakan untuk merubah ukuran foto. Berikut ini adalah cara merubah ukuran foto di Canva:

TRENDING 🔥  Cara Buat Nasi Liwet Sederhana
Langkah
Deskripsi
1
Buka Canva dan buat desain berukuran 4×6 atau 15×10 cm.
2
Pilih menu ‘Uploads’ dan unggah foto yang ingin diubah ukurannya.
3
Tambahkan foto ke dalam desain.
4
Ubah ukuran foto dengan menggeser sudut dalam atau luar foto.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah merubah ukuran foto menjadi 4×6 di Canva. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Gimp atau Paint.net untuk merubah ukuran foto.

FAQ

Apa yang Dilakukan Jika Foto Terpotong Saat di Cetak?

Jika foto terpotong saat di cetak, cobalah untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil dari ukuran cetakan. Misalnya, jika ukuran cetakan adalah 4×6, cobalah untuk merubah ukuran foto menjadi 3×4 atau 2×3. Selain itu, pastikan juga kamu mengatur margin dan crop area dengan benar saat mencetak foto.

Apa Saja Ukuran Foto yang Umum Digunakan di Indonesia?

Di Indonesia, ukuran foto yang umum digunakan adalah ukuran 3×4 dan 2×3. Ukuran 3×4 biasanya digunakan untuk KTP, SIM, dan paspor. Sedangkan ukuran 2×3 biasanya digunakan untuk visa dan sertifikat.

Bagaimana Jika Foto Yang Ingin Diubah Ukurannya Sudah Terpotong?

Jika foto yang ingin diubah ukurannya sudah terpotong, kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan menggeser crop area pada aplikasi yang digunakan. Namun, jika foto sudah terpotong terlalu jauh, kamu mungkin perlu mengambil foto yang baru dengan posisi sesuai dengan ukuran cetakan yang diinginkan.

Penutup

Demikianlah cara sederhana merubah foto ukuran 4×6 menjadi ukuran yang lebih umum digunakan di Indonesia. Dengan cara yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa dengan mudah merubah ukuran foto dan mencetaknya di tempat cetak foto di Indonesia.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kabel Roll Sederhana

Gunakan cara yang paling cocok bagi kamu. Jangan lupa untuk memeriksa kualitas foto sebelum mencetaknya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Merubah Foto Ukuran 4 x 6