Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Pernahkah kamu ingin memulai menanam tanaman di rumah namun tidak memiliki lahan yang cukup? Atau mungkin kamu ingin memulai bisnis pertanian tanpa harus membeli lahan? Jangan khawatir, karena ada solusinya, yaitu dengan menggunakan media tanam hidroponik sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat media tanam hidroponik sederhana. Yuk, simak!

Apa Itu Hidroponik?

Sebelum kita memulai pembahasan tentang cara membuat media tanam hidroponik sederhana, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu hidroponik. Hidroponik merupakan metode menanam tanaman secara tanpa tanah. Tanaman ditanam dalam air yang diberi nutrisi sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Keuntungan Hidroponik

Metode hidroponik banyak diminati karena memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan hidroponik:

No. Keuntungan Hidroponik
1. Tanaman tumbuh lebih cepat
2. Membutuhkan lahan yang lebih sedikit
3. Tanaman lebih sehat dan produktif
4. Membutuhkan air yang lebih sedikit dibandingkan dengan tanam di tanah
5. Dapat ditanam di dalam ruangan

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Sebelum membuat media tanam hidroponik sederhana, kita perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Ember plastik
  2. Benih tanaman
  3. Cocopeat
  4. Pupuk AB Mix
  5. Air matang
  6. Pipet atau sendok takar
  7. Wadah plastik ukuran sedang
  8. Kain flanel atau kain perca

Cocopeat dan Pupuk AB Mix

Cocopeat dan pupuk AB Mix adalah bahan-bahan yang sangat penting dalam membuat media tanam hidroponik sederhana. Cocopeat atau sering disebut sebagai serabut kelapa adalah media tanam yang terbuat dari serat kelapa yang sudah diolah. Sedangkan pupuk AB Mix adalah pupuk yang mengandung nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan tanaman. Keduanya bisa kamu dapatkan di toko pertanian terdekat.

TRENDING 🔥  Cara Bubut Kayu Sederhana Motif Terbaru 2018

Langkah-Langkah Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Setelah menyiapkan bahan, kita bisa memulai langkah-langkah untuk membuat media tanam hidroponik sederhana:

1. Membuat Lubang di Ember

Langkah pertama adalah membuat lubang di ember plastik. Caranya, ambil ember plastik dan gunting bagian atas ember sebanyak 4 lubang, dengan jarak antara lubang sekitar 5 cm. Lubang tersebut akan menjadi tempat tanaman ditanam.

2. Menyiapkan Cocopeat dan Pupuk AB Mix

Setelah membuat lubang di ember, kita bisa menyiapkan cocopeat dan pupuk AB Mix. Campurkan cocopeat dan pupuk AB Mix dengan perbandingan 5:1. Hal ini dilakukan agar nutrisi pada pupuk AB Mix meresap ke dalam cocopeat. Kemudian, serbuk campuran tersebut diaduk hingga tercampur rata.

3. Menyiapkan Benih

Setelah itu, siapkan benih yang akan ditanam. Pilih benih yang cocok untuk menanam hidroponik, seperti selada, sawi, dan sawi hijau. Kemudian, celupkan benih ke dalam air selama 1 jam agar benih cepat berkecambah. Setelah itu, sebar benih di atas kain flanel atau kain perca dan tutupi dengan kain tersebut.

4. Menanam Benih

Setelah benih berkecambah, kita bisa menanam benih ke dalam ember plastik yang sudah disiapkan. Caranya, lepaskan kain flanel atau kain perca dari benih yang sudah berkecambah. Setelah itu, ambil campuran cocopeat dan pupuk tadi, lalu masukkan ke dalam ember plastik sampai setinggi lubang yang sudah dibuat tadi. Kemudian, masukkan benih ke dalam campuran cocopeat dan pupuk tersebut. Pastikan benih tertanam dalam campuran cocopeat dan pupuk. Lakukan hingga semua lubang terisi benih.

5. Menyiram Tanaman

Setelah menanam benih, langkah selanjutnya adalah menyiram tanaman. Gunakan pipet atau sendok takar untuk menyiram tanaman dengan air matang hingga air mencapai setengah tinggi ember. Selain itu, perlu diingat bahwa tanaman hidroponik membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jadi, pastikan ember diletakkan di tempat yang cukup terkena sinar matahari.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Nasi Kuning Tumpeng Sederhana

FAQ

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tanaman Terlihat Kering?

Jika tanaman terlihat kering, artinya tanaman kekurangan air. Kamu bisa menyiram tanaman dengan air matang hingga air mencapai setengah tinggi ember.

Apakah Tanaman Hidroponik Harus Diberi Pupuk Secara Rutin?

Ya, tanaman hidroponik harus diberi pupuk secara rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Untuk Menyiram Tanaman?

Untuk menyiram tanaman, cukup gunakan pipet atau sendok takar untuk menyiram tanaman dengan air matang hingga air mencapai setengah tinggi ember.

Penutup

Itulah langkah-langkah untuk membuat media tanam hidroponik sederhana. Kini, kamu bisa mulai menanam tanaman di rumah atau bahkan membuka bisnis pertanian tanpa harus membeli lahan yang luas. Pastikan kamu merawat tanaman dengan baik agar dapat tumbuh dengan optimal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana