Cara Membuat Gantungan Kunci Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat gantungan kunci sederhana dari barang bekas. Gantungan kunci adalah aksesoris yang sangat diperlukan. Selain berfungsi sebagai tempat menggantung kunci, gantungan kunci juga bisa digunakan sebagai hiasan. Apalagi jika gantungan kunci tersebut dibuat dengan barang bekas, tentu saja akan lebih hemat dan ramah lingkungan. Yuk, simak cara membuatnya!

Mengumpulkan Barang Bekas

Pertama-tama, hal yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan barang bekas yang akan digunakan untuk membuat gantungan kunci. Barang bekas yang bisa digunakan misalnya kain perca, kain flanel, karet gelang, tali rafia, tali kur, dan sebagainya. Pastikan barang bekas yang dipilih masih dalam kondisi yang baik dan layak digunakan.

Setelah itu, siapkan juga alat-alat seperti gunting, jarum dan benang, lem tembak, serta aksesoris pendukung seperti kancing, manik-manik, dan sebagainya. Semua barang bekas dan alat-alat yang diperlukan sudah dikumpulkan? Kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Membuat Pola

Langkah awal dalam membuat gantungan kunci adalah membuat pola. Pola ini bisa disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan, misalnya bentuk hati, bunga, atau bentuk lainnya. Untuk membuat pola, bisa dibantu dengan media gambar atau langsung menggambar di atas kain flanel atau kain perca.

Setelah pola selesai, potong kain flanel atau kain perca sesuai pola yang telah digambar. Selanjutnya, gabungkan potongan kain flanel atau kain perca menggunakan jarum dan benang sehingga membentuk bentuk gantungan kunci. Setelah bentuk gantungan kunci selesai, jangan lupa untuk menambahkan aksesoris seperti kancing atau manik-manik untuk memberikan tambahan hiasan.

Menggunakan Barang Bekas Lainnya

Selain menggunakan kain flanel atau kain perca, kita juga bisa membuat gantungan kunci dari barang bekas lainnya seperti tali kur, karet gelang, atau tali rafia. Untuk membuat gantungan kunci dari tali kur, potong tali kur menjadi ukuran yang diinginkan. Kemudian, rapatkan tali kur menjadi bentuk lingkaran dan jahit menggunakan jarum dan benang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Panekuk Sederhana untuk Sobat Sederhana

Untuk membuat gantungan kunci dari karet gelang, ambil beberapa karet gelang dan rangkai menjadi bentuk gantungan kunci. Setelah itu, gunakan jarum dan benang untuk mengikat karet gelang hingga membentuk gantungan kunci yang kokoh dan bagus. Sama halnya dengan menggunakan tali kur, tali rafia juga bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci dengan cara yang sama.

Membuat Gantungan Kunci Lucu dan Unik

Agar gantungan kunci yang dibuat lebih lucu dan unik, kita bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti kancing, manik-manik, atau kain flanel dengan motif yang lucu. Selain itu, kita juga bisa menambahkan hiasan dengan cara membuat karakter kartun atau binatang dari kain flanel atau kain perca.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan tulisan atau gambar dengan menggunakan transfer paper. Caranya cukup mudah, cetak gambar atau tulisan pada transfer paper, kemudian tempelkan di atas gantungan kunci yang sudah jadi. Setelah itu, aplikasikan dengan menggunakan setrika hingga gambar atau tulisan menempel dengan sempurna.

Menghasilkan Gantungan Kunci dari Barang Bekas

Dari beberapa barang bekas yang ada di rumah, kita bisa menghasilkan gantungan kunci yang lucu dan unik. Selain menghemat biaya, membuat gantungan kunci dari barang bekas juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi limbah. Selain itu, dengan membuat gantungan kunci dari barang bekas, kita juga bisa mengasah kreativitas dan keahlian jahit.

Sekarang sudah tahu cara membuat gantungan kunci sederhana dari barang bekas? Yuk, sekarang coba membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya bagus ya Sobat Sederhana!

FAQ

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Barang bekas apa saja yang bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci?
Banyak barang bekas yang bisa digunakan seperti kain perca, kain flanel, karet gelang, tali rafia, tali kur, dan sebagainya.
2
Apakah sulit membuat gantungan kunci dari barang bekas?
Tidak sulit, selama kita memiliki alat-alat yang diperlukan dan mengetahui cara membuatnya dengan benar.
3
Apakah gantungan kunci dari barang bekas awet?
Itu tergantung pada bahan dan cara pembuatan. Jika dibuat dengan benar dan menggunakan bahan yang berkualitas, gantungan kunci tersebut bisa awet.
4
Bagaimana cara menghasilkan gantungan kunci yang lucu dan unik?
Kita bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti kancing, manik-manik, atau kain flanel dengan motif yang lucu. Selain itu, kita juga bisa menambahkan hiasan dengan cara membuat karakter kartun atau binatang dari kain flanel atau kain perca.
5
Apakah membuat gantungan kunci dari barang bekas ramah lingkungan?
Iya, karena kita bisa mengurangi limbah dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah.
TRENDING 🔥  Cara Buat Kolam Renang Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Gantungan Kunci Sederhana dari Barang Bekas