Cara Sederhana Membuat Adonan Martabak

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara sederhana membuat adonan martabak yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Siapa yang tidak suka martabak, makanan khas Indonesia yang nikmat dan dapat diisi dengan berbagai macam bahan? Berikut adalah 20 langkah mudah dalam membuat adonan martabak yang sempurna.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat adonan, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

Terigu
200 gram
Tepung beras
50 gram
Kuning telur
2 butir
Gula pasir
1 sendok makan
Garam
1/4 sendok teh
Ragi instan
1/2 sendok makan
Air matang
250 ml
Mentega cair
1 sendok makan
Minyak goreng
secukupnya

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan terigu, tepung beras, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik.

3. Siapkan Ragi Instan

Siapkan ragi instan dan campurkan dengan sedikit air hangat. Diamkan selama beberapa menit sampai ragi aktif.

4. Campurkan Bahan Cair

Dalam wadah lain, campurkan kuning telur, air matang, dan mentega cair. Aduk rata dan tuangkan ragi yang sudah diaktifkan ke dalam adonan tersebut. Aduk rata kembali.

5. Campurkan Bahan Kering dengan Cair

Campurkan adonan kering dengan adonan cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Lakukan sampai semua adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

6. Diamkan Adonan pada Suhu Kamar

Diamkan adonan selama 1-2 jam pada suhu kamar, atau sampai adonan mengembang dua kali lipat. Jangan lupa tutup adonan dengan serbet atau kain bersih agar tidak terkena debu atau kotoran.

7. Goreng Adonan Martabak

Panaskan minyak di wajan datar dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, tuangkan adonan martabak ke dalam wajan secukupnya. Ratakan adonan menggunakan spatula atau sendok. Tunggu hingga adonan matang dan berwarna kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saringan Penjernih Air Sederhana

8. Balik Adonan Martabak

Gunakan spatula untuk membalik adonan martabak. Lakukan sampai kedua sisi adonan berwarna kecoklatan. Angkat adonan dan tiriskan minyak yang berlebihan menggunakan tisu dapur.

9. Penambahan Bahan Martabak

Setelah martabak matang, tambahkan bahan-bahan pilihan di atasnya. Beberapa bahan yang umum digunakan antara lain:

Telur
2 butir
Keju
secukupnya
Daging sapi cincang
100 gram
Bawang merah
secukupnya
Bawang putih
secukupnya
Daun bawang
secukupnya

10. Lipat Martabak

Lipat martabak menjadi dua atau menjadi empat sesuai selera. Potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

11. Siap Disajikan

Tata martabak di atas piring dan siap disajikan. Nikmati kesegaran dan cita rasa martabak yang lezat.

FAQ

1. Apakah ragi instan perlu diaktifkan?

Ya, ragi instan perlu diaktifkan terlebih dahulu dengan sedikit air hangat agar adonan dapat mengembang dengan baik.

2. Bolehkah menambahkan bahan lain ke dalam adonan?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain ke dalam adonan martabak sesuai dengan selera. Beberapa bahan yang umum ditambahkan antara lain daging ayam, sayuran, atau keju.

3. Bagaimana cara memastikan adonan sudah matang?

Adonan sudah matang jika kedua sisi martabak sudah berwarna kecoklatan. Anda juga dapat memastikan dengan menusuk bagian tengah adonan menggunakan garpu atau sumpit. Jika adonan tidak lengket dan tidak ada adonan yang menempel, berarti adonan sudah matang.

4. Apakah ada variasi cara penyajian?

Ya, selain dilipat menjadi empat atau dua, martabak juga dapat disajikan dengan cara diletakkan di atas piring dan diberi bahan-bahan di atasnya. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan secukupnya sesuai selera.

5. Berapa lama martabak dapat disimpan?

Martabak dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, disarankan untuk segera menyajikan martabak karena cita rasanya lebih enak jika dimakan dalam keadaan masih segar.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Bilangan Pecahan

Demikianlah cara sederhana membuat adonan martabak yang lezat dan mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat martabak favorit di rumah. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Membuat Adonan Martabak