Cara Sederhana Bersihkan Mika yang Kuning

Hello Sobat Sederhana! Kebanyakan mobil saat ini menggunakan mika sebagai pelindung lampu depan dan belakang. Namun, mika yang kotor dan kuning dapat mengurangi kecerahan lampu mobil dan mengurangi visibilitas saat berkendara di malam hari. Di artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk membersihkan mika mobil Anda agar tetap jernih dan bersinar seperti baru.

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan untuk menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang umumnya digunakan meliputi:

Bahan
Fungsi
Sabun Cuci Piring
Membersihkan kotoran dan noda pada mika
Air
Sebagai pelarut untuk sabun cuci piring
Lap Mikrofiber
Untuk membersihkan dan mengeringkan permukaan mika

Pastikan juga untuk menyiapkan alat-alat seperti ember dan selang air untuk membantu proses pembersihan.

2. Bersihkan Kotoran yang Terdapat pada Mika

Sebelum membersihkan mika, pastikan untuk membersihkan kotoran yang menempel terlebih dahulu. Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan air ke mika tersebut dan membersihkannya dengan sabun cuci piring menggunakan lap mikrofiber. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut dan tidak menggores permukaan mika.

3. Basahi Mika dengan Air

Setelah mika dianggap bersih dari kotoran dan noda, basahi mika dengan air. Pastikan seluruh permukaan mika terkena air agar mudah dibersihkan.

4. Campurkan Sabun Cuci Piring dan Air

Campurkan sabun cuci piring dan air ke dalam ember. Pastikan perbandingannya adalah 1:1 sehingga tidak terlalu banyak busa dan tidak terlalu encer.

5. Usap Mika dengan Lap Mikrofiber

Usap permukaan mika dengan lap mikrofiber yang sudah dicelupkan ke dalam campuran air dan sabun cuci piring. Pastikan untuk membersihkan secara merata dan tidak meninggalkan bekas atau noda pada permukaan mika.

TRENDING 🔥  Cara Filter Air Sederhana untuk Sobat Sederhana

6. Bilas Mika dengan Air

Setelah permukaan mika dibersihkan, bilas mika dengan air bersih hingga sabun cuci piring sudah tidak terlihat lagi pada permukaan mika. Pastikan untuk membilas seluruh permukaan mika agar tidak meninggalkan noda atau bekas sabun cuci piring.

7. Keringkan Mika

Keringkan permukaan mika dengan menggunakan lap mikrofiber yang bersih dan kering. Pastikan lap mikrofiber sudah bersih dari kotoran dan noda agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan mika.

8. Gunakan Cairan Pembersih Khusus untuk Mika yang Kuning

Jika mika Anda sudah kuning, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk mika yang kuning. Cairan ini tersedia di toko-toko aksesoris mobil. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan tersebut pada permukaan mika dan biarkan selama beberapa menit hingga cairan tersebut meresap ke dalam mika. Setelah itu, bersihkan permukaan mika seperti biasa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.

9. Gunakan Baking Soda dan Air untuk Membersihkan Mika yang Kuning

Jika Anda tidak memiliki cairan pembersih khusus untuk mika yang kuning, Anda dapat menggunakan baking soda dan air. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air dan aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada permukaan mika yang kuning dan biarkan selama beberapa menit hingga pasta tersebut meresap ke dalam mika. Setelah itu, bersihkan permukaan mika seperti biasa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.

10. Gunakan Pasta Gigi untuk Membersihkan Mika yang Kuning

Jika Anda tidak memiliki baking soda, Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan mika yang kuning. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan mika yang kuning dan biarkan selama beberapa menit hingga pasta gigi tersebut meresap ke dalam mika. Setelah itu, bersihkan permukaan mika seperti biasa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.

TRENDING 🔥  Cara Dekorasi Ulang Tahun Anak di Rumah Sederhana

11. Hindari Pembersih Berbahan Kimia Pada Mika

Perlu diingat bahwa mika mobil tidak cocok untuk dibersihkan dengan bahan kimia yang keras atau abrasif. Pembersih berbahan kimia dapat merusak permukaan mika atau bahkan mengurangi daya tahannya. Pastikan untuk menghindari penggunaan pembersih berbahan kimia pada mika mobil Anda.

12. Jangan Menggunakan Kuas Saat Membersihkan Mika

Yang perlu dihindari selain pembersih berbahan kimia adalah menggunakan kuas saat membersihkan mika. Kuas memiliki bulu yang bisa merusak permukaan mika dan meninggalkan goresan. Pastikan untuk menggunakan lap mikrofiber saat membersihkan mika.

13. Gunakan Cairan Penghilang Baret pada Mika

Jika Anda memiliki baret pada permukaan mika, Anda dapat menggunakan cairan penghilang baret untuk mika. Cairan tersebut bisa Anda beli di toko aksesoris mobil. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan pada permukaan mika yang baret dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan permukaan mika seperti biasa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.

14. Jangan Menggunakan Alat Pemotong Es saat Membersihkan Mika

Alat pemotong es merupakan alat yang dilarang digunakan saat membersihkan mika. Alat ini memiliki sifat yang tajam dan dapat merusak permukaan mika. Sebaiknya hindari penggunaan alat tersebut.

15. Hindari Membersihkan Mika Saat Permukaannya Panas

Hindari membersihkan mika mobil saat permukaan mika sedang panas atau setelah mobil digunakan dalam waktu yang cukup lama. Permukaan mika yang panas dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan mika dan meninggalkan goresan.

16. Membersihkan Mika Secara Rutin

Agar mika mobil Anda tetap terjaga kebersihannya, pastikan untuk membersihkannya secara rutin. Membersihkan mika secara rutin dapat menghindari terbentuknya noda atau kotoran yang sulit dibersihkan. Sebaiknya membersihkan mika setidaknya seminggu sekali.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Sederhana untuk Sobat Sederhana

17. Segera Bersihkan Kotoran yang Menempel pada Mika

Jika ada kotoran atau noda yang menempel pada mika, segera bersihkan dengan menggunakan lap mikrofiber. Jangan biarkan kotoran tersebut menempel terlalu lama pada permukaan mika karena dapat menyebabkan noda yang sulit dibersihkan.

18. Perhatikan Kebersihan Lap Mikrofiber

Perhatikan kebersihan lap mikrofiber yang digunakan untuk membersihkan mika. Pastikan lap tersebut sudah bersih dari kotoran dan noda agar tidak meninggalkan bekas pada permukaan mika. Sebaiknya cuci lap mikrofiber secara berkala agar tetap bersih dan terhindar dari kotoran atau noda yang sulit dibersihkan.

19. Simpan Mika Mobil dengan Baik

Setelah dibersihkan, pastikan untuk menyimpan mika mobil dengan baik. Simpan mika pada tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan debu. Hindari mengikat mika dengan karet atau tali karena dapat meninggalkan bekas pada permukaan mika.

20. FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika mika mobil terkena baret?

Jika mika mobil terkena baret, Anda dapat menggunakan cairan penghilang baret yang tersedia di toko aksesoris mobil. Cairan tersebut bisa membantu menghilangkan baret pada permukaan mika.

2. Berapa kali sebaiknya membersihkan mika mobil dalam satu bulan?

Sebaiknya membersihkan mika mobil setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kebersihan dan menghindari terbentuknya noda atau kotoran yang sulit dibersihkan.

3. Apakah boleh menggunakan pembersih berbahan kimia pada mika mobil?

Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih berbahan kimia pada mika mobil karena dapat merusak permukaan mika atau bahkan mengurangi daya tahannya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Bersihkan Mika yang Kuning