Cara Buat Martabak Manis Mini Sederhana

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan martabak manis mini yang sederhana dan mudah dibuat di rumah? Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat martabak manis mini yang sederhana dan mudah. Dalam beberapa langkah, Anda dapat membuat martabak manis mini di rumah dan menikmatinya dengan keluarga dan teman-teman. Yuk, simak selengkapnya!

1. Memilih Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, sobat sederhana harus memilih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis mini. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
50 gram
Telur ayam
2 butir
Ragi instan
1 sendok teh
Susu cair
250 ml
Garam
1/2 sendok teh
Vanili bubuk
1/2 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya
Topping (keju, coklat, meses, kacang)
secukupnya

Dengan menyiapkan bahan-bahan ini, Anda dapat membuat martabak manis mini dengan mudah di rumah.

2. Membuat Adonan Martabak

Setelah semua bahan-bahan disiapkan, sobat sederhana dapat mulai membuat adonan martabak. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

Langkah 1: Mencampurkan Bahan-bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, garam, dan vanili bubuk dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata.

Langkah 2: Menambahkan Telur dan Susu

Selanjutnya, tambahkan telur dan susu cair ke dalam wadah yang berisi bahan-bahan kering. Aduk adonan hingga tercampur rata dan tidak menggumpal.

Langkah 3: Mengaduk Adonan

Diamkan adonan selama 10-15 menit hingga adonan mengembang. Setelah itu, aduk adonan lagi hingga tercampur rata.

3. Membuat Martabak Manis Mini

Setelah adonan siap, sobat sederhana dapat mulai membuat martabak manis mini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mempersiapkan Wajan dan Minyak Goreng

Pertama-tama, panaskan wajan dengan api sedang. Tambahkan minyak goreng secukupnya agar martabak tidak menempel pada wajan.

TRENDING 🔥  Hello Sobat Sederhana!

Langkah 2: Menambahkan Adonan ke Wajan

Setelah wajan sudah panas, tuangkan adonan ke dalam wajan dengan sendok sup atau takir. Biarkan adonan menyebar dengan sendirinya dan jangan terlalu tebal.

Langkah 3: Menambahkan Topping ke Martabak Manis Mini

Setelah adonan sudah menyebar, tambahkan topping sesuai dengan selera. Anda bisa menambahkan keju, coklat, meses, atau kacang.

Langkah 4: Memanggang Martabak Manis Mini

Tunggu hingga bagian atas martabak sudah kering dan berlubang-lubang. Setelah itu, balik martabak dan panggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Melihat Hasil dan Menikmati Martabak Manis Mini

Setelah martabak manis mini matang, angkat dan tiriskan. Potong-potong martabak menjadi kecil-kecil dan sajikan di atas piring. Sajikan bersama dengan saus kacang atau gula bubuk jika diinginkan. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa itu martabak manis mini?

A: Martabak manis mini adalah jenis makanan tradisional Indonesia yang biasanya dijual di warung-warung atau pedagang kaki lima. Martabak manis mini berukuran kecil dan biasanya diberi topping seperti keju, coklat, meses, atau kacang.

Q: Bagaimana cara membuat adonan martabak?

A: Untuk membuat adonan martabak, sobat sederhana harus mencampurkan bahan-bahan kering terlebih dahulu, lalu menambahkan telur dan susu cair. Aduk adonan hingga tercampur rata dan diamkan selama 10-15 menit hingga adonan mengembang.

Q: Bagaimana cara memanggang martabak manis mini?

A: Setelah adonan sudah dituangkan ke dalam wajan, tambahkan topping sesuai dengan selera. Tunggu hingga bagian atas martabak sudah kering dan berlubang-lubang, lalu balik martabak dan panggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis mini?

A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis mini antara lain tepung terigu, gula pasir, telur ayam, ragi instan, susu cair, garam, vanili bubuk, minyak goreng, dan topping (keju, coklat, meses, kacang).

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sarang Walet Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Martabak Manis Mini Sederhana