Cara Regresi Sederhana SPSS untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara regresi sederhana menggunakan SPSS. Regresi sederhana merupakan salah satu metode analisis statistik yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara dua variabel. Dalam hal ini, kita akan menggunakan SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan analisis data dengan regresi sederhana.

Pengertian Regresi Sederhana

Regresi sederhana adalah metode analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam regresi sederhana, terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas disebut juga sebagai variabel independent, sedangkan variabel terikat disebut juga sebagai variabel dependent.

Contoh sederhana dari regresi sederhana adalah hubungan antara tinggi badan dengan berat badan. Tinggi badan merupakan variabel bebas, sedangkan berat badan merupakan variabel terikat. Dengan menggunakan regresi sederhana, kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh tinggi badan terhadap berat badan.

Langkah-langkah Regresi Sederhana di SPSS

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan regresi sederhana di SPSS:

1. Menyiapkan Data

Untuk melakukan analisis regresi sederhana, pertama-tama kita perlu menyiapkan data yang akan digunakan. Data harus terstruktur dengan baik dan berisi informasi tentang variabel bebas dan variabel terikat.

2. Membuka Data di SPSS

Setelah data siap, langkah selanjutnya adalah membuka data di SPSS. Pilih menu File > Open > Data untuk membuka data di SPSS. Pastikan file data yang dibuka dapat dibaca oleh SPSS.

3. Menentukan Variabel Bebas dan Variabel Terikat

Setelah data terbuka, langkah selanjutnya adalah menentukan variabel bebas dan variabel terikat. Pilih menu Analyze > Regression > Linear untuk membuka jendela analisis regresi sederhana. Pilih variabel bebas dan variabel terikat yang akan digunakan untuk analisis.

TRENDING 🔥  Cara Buat Bolu Gulung Kukus Sederhana

4. Menentukan Model Regresi

Setelah variabel bebas dan variabel terikat ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan model regresi yang akan digunakan. Model regresi dapat berupa model linier atau non-linier. Pilih opsi model regresi yang sesuai dengan data yang akan dianalisis.

5. Melakukan Analisis Regresi

Setelah model regresi ditentukan, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis regresi. Pilih menu OK untuk memulai analisis regresi sederhana di SPSS. SPSS akan menampilkan hasil analisis berupa tabel dan grafik regresi sederhana.

Tabel Hasil Regresi Sederhana di SPSS

Berikut adalah tabel hasil regresi sederhana di SPSS:

No
Variabel
Estimate
Std. Error
t value
Pr(>|t|)
1
Variabel Bebas
0.123
0.040
3.055
0.003

Tabel hasil regresi sederhana di SPSS berisi informasi tentang variabel bebas, estimate, standard error, t value, dan pr(>|t|). Variabel bebas merupakan variabel yang digunakan sebagai prediktor, sedangkan estimate merupakan koefisien regresi yang menunjukkan seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Standard error menunjukkan seberapa akurat nilai estimate yang diperoleh. T value menunjukkan seberapa besar nilai estimate dibandingkan dengan standard error. Pr(>|t|) menunjukkan seberapa signifikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

FAQ

1. Apa itu regresi sederhana?

Regresi sederhana adalah metode analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

2. Apa itu variabel bebas?

Variabel bebas adalah variabel independent yang digunakan sebagai prediktor dalam analisis regresi sederhana.

3. Apa itu variabel terikat?

Variabel terikat adalah variabel dependent yang digunakan sebagai variabel yang diprediksi dalam analisis regresi sederhana.

4. Apa itu model regresi?

Model regresi adalah persamaan matematis yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dalam analisis regresi sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sayur Lawar yang Sederhana

5. Apa itu tabel hasil regresi sederhana di SPSS?

Tabel hasil regresi sederhana di SPSS berisi informasi tentang variabel bebas, estimate, standard error, t value, dan pr(>|t|).

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Regresi Sederhana SPSS untuk Sobat Sederhana