Cara Pembuatan Pompa Hidrolik Sederhana dari Kardus

Selamat datang, Sobat Sederhana! Kamu pasti sudah sering mendengar tentang pompa hidrolik, ya? Perangkat tersebut memang sangat berguna dalam berbagai macam aplikasi industri. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa membuat pompa hidrolik sederhana dari kardus? Dalam artikel ini, kita akan membahas cara pembuatannya secara lengkap dan detail. Yuk, simak!”

Materi yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu, antara lain:

Barang
Keterangan
Kardus bekas
Sebaiknya menggunakan kardus yang masih dalam kondisi baik dan tidak rusak
Alumunium foil
Untuk membuat piston pada pompa hidrolik
Plastik tebal
Sebagai membran pada pompa hidrolik
Selang plastik
Sebagai penghubung antara pompa dan sumber daya hidrolik
Stik es krim
Dapat digunakan untuk membuat pegangan pada pompa hidrolik
Gunting
Untuk memotong bahan-bahan yang dibutuhkan
Lem
Untuk merekatkan bahan-bahan ke dalam pompa hidrolik
Alat perekat
Sebaiknya menggunakan alat perekat yang kuat dan tahan lama

Cara Pembuatan Pompa Hidrolik Sederhana dari Kardus

1. Persiapan Pembuatan

Pertama-tama, siapkan kardus bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Kemudian, gunting kardus tersebut menjadi 4 bagian yang sama besar, dengan ukuran sekitar 20 x 20 cm. Setelah itu, ambil salah satu bagian kardus dan lipat menjadi dua bagian dengan posisi vertikal. Lipatan tersebut akan menjadi dasar dari pompa hidrolik yang kita buat.

2. Membuat Piston

Langkah berikutnya adalah membuat piston pada pompa hidrolik. Ambil selembar alumunium foil dan lipat menjadi bervolume, sesuai dengan ukuran kardus yang telah dilipat sebelumnya. Setelah itu, masukkan piston tersebut ke dalam kardus dan ratakan permukaannya agar tepat berada di tengah-tengah kardus. Pastikan piston tersebut tidak terlalu longgar atau terlalu ketat di dalam kardus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat White Screen Sederhana - Sobat Sederhana

3. Membuat Membran

Membran pada pompa hidrolik dapat dibuat dari plastik tebal seperti yang digunakan pada kemasan makanan. Potong plastik tersebut dengan ukuran sama dengan kardus yang sudah dilipat, lalu tempelkan pada sisi kardus yang berlawanan dari sisi piston. Pastikan membran tersebut tertempel rapi pada tepian kardus dan tidak mudah copot atau robek.

4. Membuat Pegangan

Untuk membuat pegangan pada pompa hidrolik, kamu bisa menggunakan stik es krim atau bahan lain yang sejenis. Potong stik es krim menjadi ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, lalu tempelkan pada bagian atas kardus sebagai pegangan. Jangan lupa untuk memperkuat perekatan dengan menggunakan lem atau perekat yang kuat.

5. Membuat Penghubung

Langkah terakhir adalah membuat penghubung antara pompa hidrolik dengan sumber daya hidrolik. Ambil selang plastik dan potong menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Pasangkan selang tersebut pada sisi piston dan sisi membran pada kardus. Pastikan selang tersebut terpasang dengan kuat dan rapi agar tidak bocor ketika digunakan.

FAQ

1. Apa itu pompa hidrolik?

Pompa hidrolik merupakan perangkat yang digunakan untuk memindahkan cairan bertekanan tinggi dari satu tempat ke tempat yang lain, menggunakan energi yang dihasilkan oleh sumber daya hidrolik seperti oli atau air.

2. Apa fungsi dari pompa hidrolik?

Pompa hidrolik digunakan untuk menggerakkan mesin atau alat yang membutuhkan tenaga hidrolik, seperti traktor, excavator, dan lain-lain.

3. Apakah pompa hidrolik sulit dibuat?

Tidak, pompa hidrolik sederhana seperti yang kita buat dari kardus bisa dibuat dengan mudah dan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Pembuatan Pompa Hidrolik Sederhana dari Kardus