Cara Nembak Wifi Jarak Jauh dengan Alat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering mengalami masalah dengan sinyal WiFi yang lemah dan sulit dijangkau? Jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas cara nembak wifi jarak jauh dengan alat sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Nembak Wifi Jarak Jauh?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang nembak wifi jarak jauh. Nembak wifi jarak jauh adalah upaya untuk meningkatkan jangkauan sinyal wifi dengan cara menangkap sinyal wifi yang ada di jarak jauh dan mengarahkannya ke perangkat yang kita gunakan.

Namun, perlu diingat bahwa nembak wifi jarak jauh hanya dapat dilakukan pada sinyal wifi yang terbuka atau tidak dilindungi dengan password. Jangan mencoba untuk melakukan hal ini pada sinyal wifi yang dilindungi password, karena hal tersebut dapat dianggap sebagai tindakan ilegal.

Alat yang Dibutuhkan untuk Nembak Wifi Jarak Jauh

Untuk melakukan nembak wifi jarak jauh, kamu memerlukan beberapa alat sederhana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko elektronik atau online shop. Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan:

Nama Alat
Fungsi
Antena Parabola
Menerima dan mengarahkan sinyal wifi yang berasal dari jarak jauh
Router WiFi
Meneruskan sinyal wifi dari antena parabola ke perangkat kita
Adaptor PoE
Menyalurkan daya listrik ke antena parabola melalui kabel ethernet yang sering disebut PoE (Power over Ethernet)
Kabel Ethernet
Menghubungkan antara antena parabola, adaptor PoE, dan router WiFi

1. Antena Parabola

Antena parabola adalah sebuah alat yang berbentuk seperti mangkuk atau parabola yang berfungsi untuk menangkap sinyal radio dari satelit atau stasiun pemancar. Antena parabola yang digunakan untuk nembak wifi jarak jauh biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada antena wifi biasa.

TRENDING 🔥  Cara Buat Biopori Sederhana untuk Sobat Sederhana

Kamu bisa membeli antena parabola di toko elektronik atau belanja online. Namun, pastikan antena parabola yang kamu beli memiliki gain yang cukup besar untuk menangkap sinyal wifi dari jarak jauh.

2. Router WiFi

Router WiFi adalah perangkat yang berfungsi untuk meneruskan sinyal wifi dari antena parabola ke perangkat yang digunakan. Router WiFi yang digunakan untuk nembak wifi jarak jauh sebaiknya memiliki daya terima yang cukup besar dan mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi.

Pilihlah router WiFi yang memiliki teknologi terbaru seperti 802.11ac atau 802.11ax yang mampu menangkap sinyal wifi dengan jarak jauh dan meneruskannya dengan kecepatan tinggi.

3. Adaptor PoE

Adaptor PoE atau Power over Ethernet adalah alat yang berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke antena parabola melalui kabel ethernet. Adaptor PoE bekerja dengan cara mengirimkan daya listrik ke kabel ethernet dan kemudian diterima oleh antena parabola yang terhubung dengan kabel tersebut.

Pilihlah adaptor PoE yang sesuai dengan daya yang dibutuhkan oleh antena parabola yang kamu gunakan.

4. Kabel Ethernet

Kabel ethernet adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara antena parabola, adaptor PoE, dan router WiFi. Kabel ethernet yang digunakan sebaiknya memiliki standar kabel UTP Cat6 atau Cat7 yang mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi.

Pilihlah kabel ethernet yang memiliki panjang yang cukup untuk menghubungkan antena parabola, adaptor PoE, dan router WiFi.

Cara Nembak Wifi Jarak Jauh dengan Alat Sederhana

Setelah kamu memiliki semua alat yang dibutuhkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan nembak wifi jarak jauh dengan alat sederhana:

1. Pilih Tempat yang Strategis

Pertama-tama, pilihlah tempat yang strategis untuk meletakkan antena parabola. Cari tempat yang tidak terhalang oleh bangunan atau pohon yang dapat menghalangi sinyal wifi yang akan ditangkap oleh antena parabola.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kuah Empek Empek Sederhana

Usahakan juga untuk meletakkan antena parabola di tempat yang tinggi agar sinyal wifi yang ditangkap lebih maksimal.

2. Pasang Antena Parabola dan Adaptor PoE

Pasanglah antena parabola dengan benar sesuai dengan instruksi yang terdapat pada kemasan antena tersebut. Kemudian, pasang adaptor PoE pada kabel ethernet dan hubungkan kabel tersebut dengan antena parabola.

Pastikan kabel ethernet tersambung dengan baik dan koneksi antena parabola dan adaptor PoE tidak lepas saat difungsikan.

3. Hubungkan Adaptor PoE dengan Router WiFi

Hubungkan adaptor PoE dengan router WiFi menggunakan kabel ethernet yang sudah disiapkan. Pastikan kabel ethernet tersambung dengan baik dan koneksi antara adaptor PoE dan router WiFi tidak lepas saat difungsikan.

4. Atur Konfigurasi Router WiFi

Setelah semua perangkat tersambung dengan baik, saatnya kamu melakukan konfigurasi pada router WiFi. Lakukan konfigurasi sesuai dengan panduan yang terdapat pada manual router WiFi yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk menghubungkan perangkat yang akan digunakan untuk mengakses wifi ke jaringan wifi yang sudah kamu buat dengan cara memasukkan password jika diminta oleh router WiFi.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara nembak wifi jarak jauh dengan alat sederhana. Namun, sebelum mencobanya, pastikan kamu mematuhi aturan yang berlaku dan tidak mengganggu hak privasi orang lain.

Jangan lupa untuk memilih alat yang berkualitas dan memasangnya dengan benar agar hasil yang didapat lebih maksimal. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan nembak wifi jarak jauh?

Nembak wifi jarak jauh adalah upaya untuk meningkatkan jangkauan sinyal wifi dengan cara menangkap sinyal wifi yang ada di jarak jauh dan mengarahkannya ke perangkat yang kita gunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Perangkap Ikan Kecil Sederhana

2. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk nembak wifi jarak jauh?

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk nembak wifi jarak jauh antara lain: antena parabola, router WiFi, adaptor PoE, dan kabel ethernet.

3. Apakah nembak wifi jarak jauh legal?

Nembak wifi jarak jauh hanya dapat dilakukan pada sinyal wifi yang terbuka atau tidak dilindungi dengan password. Jangan mencoba untuk melakukan hal ini pada sinyal wifi yang dilindungi password, karena hal tersebut dapat dianggap sebagai tindakan ilegal.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Nembak Wifi Jarak Jauh dengan Alat Sederhana