Cara Membuat Nugget Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan nugget kentang? Makanan yang satu ini memang sangat digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak. Selain rasanya yang enak, nugget kentang juga sangat mudah dibuat di rumah. Berikut adalah cara membuat nugget kentang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum memulai proses pembuatan nugget kentang, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kentang
500 gram
Wortel
2 buah
Bawang putih
3 siung
Telur ayam
2 butir
Tepung terigu
100 gram
Tepung panir
100 gram
Garam
secukupnya
Merica bubuk
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara membuat:

1. Mengolah kentang dan wortel

Cuci bersih kentang dan wortel. Kupas kulit kentang dan wortel, kemudian potong kecil-kecil. Rebus kentang dan wortel dalam air mendidih dengan sedikit garam selama sekitar 15-20 menit hingga empuk. Setelah itu, tiriskan kentang dan wortel hingga kering.

2. Mengolah bahan lainnya

Cincang bawang putih dan tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Kemudian, masukkan kentang dan wortel yang sudah direbus tadi ke dalam wajan, aduk rata. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Aduk kembali hingga merata. Setelah itu, matikan api dan diamkan sejenak hingga dingin.

3. Membentuk nugget

Pecahkan telur ayam ke dalam mangkuk dan kocok rata. Siapkan adonan kentang dan wortel yang sudah dingin, lalu tambahkan tepung terigu dan satu butir telur ayam. Aduk hingga rata. Bentuk adonan menjadi nugget dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan.

4. Menggoreng nugget

Pecahkan satu butir telur ayam ke dalam mangkuk dan kocok rata. Siapkan tepung panir di wadah lain. Celupkan setiap nugget kentang ke dalam telur ayam yang sudah dikocok, lalu gulingkan ke dalam tepung panir hingga seluruh permukaan nugget terbalut tepung panir. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng nugget hingga kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan nugget di atas tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Radio Sederhana

5. Sajikan nugget

Setelah nugget kentang matang dan sudah dingin, sajikan di atas piring. Nugget kentang siap disantap bersama sos tomat atau saus sambal sebagai pelengkap.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat nugget kentang?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat nugget kentang kurang lebih 1 jam, tergantung kecepatan Sobat Sederhana dalam mengolah bahan-bahan.

Q: Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu?

A: Sobat Sederhana bisa menggunakan tepung jagung atau tepung ketan sebagai pengganti tepung terigu.

Q: Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti wortel?

A: Jika Sobat Sederhana tidak suka dengan wortel, bisa menggunakan sayuran lain sebagai pengganti seperti brokoli atau kembang kol.

Q: Berapa lama nugget kentang dapat disimpan?

A: Nugget kentang dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari atau di dalam freezer selama 1-2 minggu.

Q: Bisakah nugget kentang diolah dengan cara digoreng tanpa dikukus terlebih dahulu?

A: Bisa, namun crispy pada luar nugget tidak akan optimal karena kentang dalam nugget akan lebih lama matangnya, sedangkan tepung panir luar akan cepat gosong.

Q: Apa saja bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam adonan nugget kentang?

A: Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan seperti keju parut, jamur yang sudah dicincang, atau kornet sebagai variasi dalam adonan nugget kentang.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat nugget kentang sederhana. Mudah bukan? Sobat Sederhana bisa mencoba membuat nugget kentang sendiri di rumah untuk disajikan bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Nugget Kentang Sederhana