Cara Mudah Membuat Musik Box Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian ingin membuat musik box sendiri tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, karena dalam artikel ini kita akan membahas langkah-langkah cara mudah membuat musik box sederhana. Yuk simak artikel berikut ini!

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat musik box, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kardus bekas
2. Penggaris
2. Pembolong kertas
3. Perekat
3. Kain perca
4. Gergaji kayu
4. Musik box mini
5. Amplifier
5. Speaker mini

Langkah-Langkah Membuat Musik Box Sederhana

1. Persiapkan Kardus Bekas

Pilih kardus bekas ukuran sedang sebagai bahan dasar box musik. Kemudian, potong kardus bekas dengan ukuran 20 cm x 30 cm. Potong dua lembar kain perca dengan ukuran yang sama dengan kardus bekas.

Selanjutnya, lapisi kedua kain perca pada kardus bekas. Gunakan perekat untuk merekatkan kedua kain perca tersebut pada kardus bekas. Selanjutnya, rapatkan bagian tepi kain perca, kemudian rekatkan dengan perekat.

2. Buat Pemutar Musik

Siapkan sebuah musik box mini yang bisa dibeli di toko-toko elektronik atau online. Kemudian, pasang speaker mini ke amplifier, kemudian hubungkan amplifier ke smartphone atau laptop. Akhirnya, sambungkan pemutar musik dengan amplifier.

3. Pasang Musik Box pada Box Kardus Bekas

Pasang musik box di dalam box kardus bekas yang sudah dibuat sebelumnya. Ukur dan buat lubang pada kardus bekas untuk mengeluarkan suara dari speaker. Lubang tersebut harus seukuran dengan speaker yang digunakan, agar suara bisa keluar dengan baik.

4. Buat Lagu dengan Not Balok

Setelah musik box selesai dibuat, sekarang saatnya membuat lagu yang akan dimainkan oleh musik box tersebut. Buatlah lagu dengan menggunakan not balok. Jika kamu tidak bisa membuat lagu sendiri, kamu bisa mencari tutorial di internet atau memanfaatkan aplikasi musik di smartphone atau laptop.

TRENDING 🔥  Cara Buat Perkedel Kentang Sederhana

5. Pasang Not Balok pada Musik Box

Potong selembar kertas sedemikian rupa sehingga terlihat seperti not balok. Tempelkan kertas potongan tadi pada gulungan musik box, sesuai dengan lagu yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian putar gulungan musik box sambil menyalakan musik box.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika suara dari musik box kurang jelas?

Jika suara dari musik box kurang jelas, coba periksa apakah lubang pada box kardus bekas sudah sesuai dengan ukuran speaker atau belum. Jika sudah sesuai, coba periksa juga kualitas kain perca yang digunakan. Jika kain perca yang digunakan terlalu tipis, suara akan kurang jelas.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat musik box sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat musik box sederhana tergantung pada tingkat kesulitan dan kecepatan pembuatan. Namun, umumnya waktu yang dibutuhkan adalah 3-4 jam.

3. Apakah musik box sederhana dapat dimainkan dengan satu lagu saja?

Tidak. Musiq box sederhana dapat dimainkan dengan beberapa lagu yang sudah disesuaikan dengan not balok yang sudah dipasang pada gulungan musik box.

4. Bagaimana cara memasang speaker mini pada amplifier?

Pertama, sambungkan kabel speaker mini ke lubang speaker pada amplifier. Kemudian, pasang juga kabel dari smartphone atau laptop ke lubang input pada amplifier. Setelah itu, hidupkan amplifier dan sesuaikan dengan volume yang diinginkan.

5. Akankah musik box sederhana menghasilkan suara yang besar?

Tidak. Musik box sederhana hanya menghasilkan suara yang kecil dan tidak terlalu jelas seperti musik box pada umumnya.

Kesimpulan

Membuat musik box sederhana memang tidak mudah tapi sangat menyenangkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat musik box sederhana sendiri di rumah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Jembatan Kayu Sederhana

Cara Mudah Membuat Musik Box Sederhana