Cara Menyanggul Rambut Anak Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara menyanggul rambut anak secara sederhana. Menyanggul rambut anak memang memerlukan keahlian khusus dan ketelatenan, terutama jika anak kamu memiliki rambut yang panjang atau keriting.

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum kita membahas cara menyanggul rambut anak, ada beberapa alat yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, di antaranya:

No.
Alat yang Dibutuhkan
1.
Sisir
2.
Klip rambut
3.
Ikat rambut
4.
Gel rambut
5.
Busa rambut
6.
Semir rambut (opsional)

Langkah-langkah Menyanggul Rambut Anak

Berikut ini adalah langkah-langkah menyanggul rambut anak secara sederhana:

1. Keramas

Sebelum menyanggul rambut anak, pastikan rambutnya bersih dan mudah diatur. Kamu bisa mengajak anak untuk keramas terlebih dahulu dengan menggunakan sampo yang lembut dan cocok untuk rambut anak. Bilas rambut hingga bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. Jangan mengeringkan rambut anak dengan menggunakan hair dryer yang terlalu panas, karena dapat merusak rambut anak.

2. Sisir Rambut

Setelah rambut anak kering, sisir rambutnya dengan hati-hati. Usahakan untuk tidak menarik rambut anak terlalu keras, agar tidak terasa sakit atau membuat rambut patah.

3. Bagi Rambut

Bagi rambut anak menjadi beberapa bagian. Jumlah bagian tergantung pada besar kecilnya rambut anak dan bentuk wajahnya. Untuk anak yang memiliki rambut tebal dan panjang, kamu bisa membagi rambutnya menjadi empat bagian, yaitu sebelah kanan depan, sebelah kiri depan, sebelah kanan belakang, dan sebelah kiri belakang. Tetapi jika anak kamu memiliki rambut yang tipis dan sedikit, kamu hanya perlu membagi rambutnya menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Perontok Jagung Sederhana

4. Mulai Menyanggul Rambut

Pilih salah satu bagian rambut untuk mulai menyanggul. Jika anak kamu memiliki rambut keriting, kamu bisa menggunakan gel rambut atau busa rambut untuk membantu menyanggul. Oleskan gel atau busa rambut pada rambut anak secukupnya, kemudian rapatkan rambut dan mulai menyusun rambut secara perlahan. Gunakan klip rambut untuk menjaga rambut agar tidak berantakan.

5. Teruskan Menyanggul

Teruskan menyanggul rambut hingga seluruh bagian rambut telah disanggul. Jika anak kamu memiliki rambut yang tebal, mungkin akan memakan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan setiap bagian. Pastikan kamu tidak menarik rambut anak terlalu keras dan menimbulkan rasa sakit pada kepala.

FAQ Menyanggul Rambut Anak

1. Apakah perlu menggunakan produk perawatan rambut saat menyanggul rambut anak?

Ya, sebaiknya kamu menggunakan produk perawatan rambut seperti gel atau busa rambut saat menyanggul rambut anak. Hal ini akan membantu membuat rambut anak lebih mudah diatur dan menjaga agar rambut tetap rapi selama beraktivitas.

2. Bagaimana jika anak saya memiliki rambut yang tebal dan sulit diatur?

Jika anak kamu memiliki rambut yang tebal dan sulit diatur, kamu bisa mengunjungi salon atau ahli tata rambut untuk memotong rambut anak dengan model yang lebih pendek dan mudah diatur. Namun, jika kamu ingin tetap mempertahankan panjang rambut anak, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut seperti gel atau busa rambut untuk membantu menyanggul dengan lebih mudah.

3. Berapa kali sebaiknya menyanggul rambut anak dalam seminggu?

Menyanggul rambut anak sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena dapat membuat rambut anak menjadi rusak dan kusut. Sebaiknya menyanggul rambut anak dilakukan maksimal dua kali dalam seminggu.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Speaker Pasif Sederhana

4. Apakah boleh menyanggul rambut anak yang masih bayi?

Sebaiknya tidak menyanggul rambut bayi yang masih sangat kecil. Rambut bayi biasanya sangat tipis dan mudah rontok, sehingga menyanggul rambut dapat membuat rambut bayi semakin rontok atau merusak kulit kepala bayi. Biarkan rambut bayi tumbuh dan berkembang secara alami.

5. Bagaimana jika menyanggul rambut anak membuat kepala anak terasa sakit?

Jika menyanggul rambut anak membuat kepala anak terasa sakit, segera hentikan proses menyanggul. Pijat lembut kulit kepala anak dengan ujung jari agar aliran darah kembali lancar. Kamu juga bisa memberikan anak kamu obat pereda sakit kepala jika diperlukan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi beberapa cara menyanggul rambut anak secara sederhana. Ingat, menyanggul rambut anak membutuhkan ketelatenan dan keahlian khusus, jadi pastikan kamu melakukan dengan hati-hati dan tidak menarik rambut anak terlalu keras. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menyanggul Rambut Anak Sederhana