Cara Membuat Chloroform Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat chloroform sederhana. Chloroform adalah senyawa yang umum digunakan sebagai anestesi, antispasmodik, dan sebagai bahan kimia dalam industri. Namun, perlu diingat bahwa membuat chloroform sangat berbahaya dan harus dilakukan dengan hati-hati.

1. Apa itu Chloroform?

Chloroform adalah senyawa organik yang terdiri dari tiga atom, yaitu karbon, hidrogen, dan klor. Senyawa ini memiliki aroma manis yang khas dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembuatan pestisida, anestesi, dan bahan kimia dalam industri.

Chloroform dapat dibuat dalam skala besar oleh industri kimia, namun untuk keperluan laboratorium, chloroform dapat dibuat secara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan chloroform sederhana:

Nama Bahan
Jumlah
Asam Klorida (HCl)
100 ml
Natrium Hipoklorit (NaOCl)
100 ml
Etanol 96%
100 ml

3. Langkah-langkah Pembuatan Chloroform

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan chloroform:

3.1. Persiapan

Pastikan bahwa area kerja bersih dan tidak ada benda-benda yang mudah terbakar di sekitarnya. Gunakan perlindungan diri seperti sarung tangan, kacamata pelindung, dan masker untuk menghindari terhirupnya gas yang dihasilkan.

3.2. Mencampurkan Bahan-bahan

Tuangkan asam klorida ke dalam labu sekunder, kemudian masukkan natrium hipoklorit dan etanol. Tutup labu dan aduk perlahan-lahan.

3.3. Pemisahan Chloroform

Tunggu campuran kimia tersebut selama kurang lebih 30 menit, lalu pisahkan campuran menjadi dua bagian dengan mengalirkan campuran ke dalam labu lain menggunakan corong.

Pada tahap ini, timbul tiga lapisan, yaitu lapisan atas (chloroform), lapisan tengah (emulsi), dan lapisan bawah (air).

TRENDING 🔥  Cara Membuat Apk Sederhana Toko Bangunan Menggunakan Netbeans

3.4. Pemisahan Emulsi

Untuk memisahkan emulsi, gunakan cara yang disebut dengan dekantasi. Tuang sedikit air pada emulsi dan aduk perlahan-lahan, kemudian diamkan selama beberapa menit. Lapisan atas adalah chloroform yang telah terpisah dari emulsi, sementara lapisan bawah adalah air.

3.5. Penyaringan

Saring chloroform dan air yang telah terpisah dengan menggunakan kertas saring untuk memisahkan kotoran atau endapan yang masih ada.

3.6. Penyimpanan Chloroform

Chloroform yang telah terpisah dan disaring dapat disimpan di dalam wadah tertutup rapat untuk mencegah tercampurnya dengan udara dan bahan-bahan lain yang ada di sekitarnya.

4. Apakah Aman Membuat Chloroform Sederhana?

Proses pembuatan chloroform sederhana sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Sebaiknya, hanya dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam bidang kimia dan memiliki perlindungan diri yang memadai.

5. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat chloroform sederhana. Meskipun cukup sederhana, pembuatan yag aman harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya, chloroform dibeli dari produsen yang terpercaya untuk keperluan medis dan industri untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

FAQ

1. Apakah Chloroform Aman Digunakan?

Chloroform merupakan senyawa yang berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan secara tidak benar.

2. Apa Saja Kegunaan Chloroform?

Chloroform dapat digunakan sebagai anestesi, antispasmodik, dan bahan kimia dalam industri.

3. Bagaimana Cara Menjaga Kualitas Chloroform?

Chloroform harus disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan ditempatkan pada suhu yang stabil untuk menjaga kualitasnya.

4. Apa Bahaya dari Pembuatan Chloroform Sederhana?

Pembuatan chloroform sederhana sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Chloroform Sederhana