Cara Mengolah Biji Coklat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara mengolah biji coklat dengan mudah dan sederhana. Biji coklat memang sangat populer di kalangan pecinta coklat, namun tidak semua orang tahu cara mengolahnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kita bahas bersama-sama. Yuk kita simak!

Pengenalan tentang biji coklat

Biji coklat merupakan salah satu bahan baku utama dalam pembuatan coklat. Biasanya biji coklat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman seperti coklat batangan, coklat bubuk, hot chocolate, dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua orang tahu cara mengolah biji coklat secara benar, sehingga banyak orang yang enggan untuk mengolahnya sendiri.

Namun, sebenarnya mengolah biji coklat tidaklah sulit. Bahkan dengan cara yang sederhana sekalipun, kita bisa menghasilkan coklat yang lezat dan nikmat. Yuk kita simak cara mengolah biji coklat sederhana berikut ini.

Persiapan mengolah biji coklat

Sebelum kita mulai mengolah biji coklat, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Persiapan
Keterangan
Biji coklat
Beli biji coklat berkualitas baik di toko bahan kue atau toko online
Wadah
Persiapkan wadah yang bersih dan kering untuk meletakkan biji coklat
Oven atau penggorengan
Persiapkan oven atau penggorengan untuk membakar biji coklat
Alat pengaduk
Persiapkan alat pengaduk untuk mengaduk biji coklat saat diolah

Persiapan biji coklat yang tepat

Sebelum mengolah biji coklat, pastikan biji coklat telah bersih dari kulit dan kotoran. Kulit biji coklat sangat sulit untuk dihilangkan, sehingga sebaiknya membeli biji coklat yang sudah bersih dari kulit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Tanpa Coding

Setelah itu, letakkan biji coklat dalam wadah yang bersih dan kering. Jangan menumpuk biji coklat terlalu banyak dalam satu wadah, karena biji coklat membutuhkan ruang yang cukup untuk bergerak saat diolah.

Persiapan oven atau penggorengan

Jika ingin menggunakan oven, panaskan terlebih dahulu oven pada suhu 150 derajat celcius selama 10 menit. Setelah itu, letakkan biji coklat dalam loyang dan panggang selama 20-30 menit. Untuk penggorengan, panaskan penggorengan pada api kecil dan masukkan biji coklat. Aduk terus sampai biji coklat mulai terlihat berubah warna dan berbau harum.

Cara mengolah biji coklat sederhana

1. Membakar biji coklat

Cara pertama untuk mengolah biji coklat adalah dengan membakarnya. Caranya yaitu dengan memanaskan oven dan meletakkan biji coklat dalam loyang, kemudian panggang selama 20-30 menit. Aduk biji coklat setiap 10 menit untuk memastikan biji coklat matang secara merata.

Kelebihan

Proses membakar biji coklat bisa menghasilkan coklat yang rasa dan aromanya lebih kuat. Selain itu, proses ini juga bisa mematikan bakteri dan mengurangi kadar air dalam biji coklat.

Kekurangan

Proses membakar bisa berisiko membuat biji coklat terlalu kering dan gosong, sehingga coklat yang dihasilkan akan terasa pahit dan tidak enak. Selain itu, proses ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama dan memerlukan alat yang lebih rumit.

2. Menggoreng biji coklat

Cara kedua untuk mengolah biji coklat adalah dengan menggorengnya. Caranya yaitu dengan memanaskan penggorengan pada api kecil dan memasukkan biji coklat, kemudian aduk terus sampai biji coklat berubah warna dan berbau harum.

Kelebihan

Proses menggoreng biji coklat lebih cepat dan sederhana. Selain itu, proses ini juga menghasilkan coklat yang lebih lembut dan tidak terlalu pahit.

TRENDING 🔥  Cara Hack Sederhana Android

Kekurangan

Proses menggoreng biji coklat bisa menghasilkan coklat yang rasa dan aromanya kurang kuat. Selain itu, proses ini juga bisa membuat biji coklat terlalu berminyak dan tidak sehat.

3. Mengolah biji coklat menggunakan microwave

Cara ketiga untuk mengolah biji coklat adalah dengan menggunakan microwave. Caranya yaitu dengan menempatkan biji coklat dalam wadah tahan panas dan memanaskan dalam microwave selama 30 detik hingga biji coklat mulai meleleh.

Kelebihan

Proses mengolah biji coklat menggunakan microwave sangat cepat dan mudah. Selain itu, proses ini juga menghasilkan coklat yang lembut dan tidak terlalu pahit.

Kekurangan

Proses mengolah biji coklat menggunakan microwave bisa menghasilkan coklat yang tidak merata dan terlalu encer. Selain itu, proses ini juga bisa membuat coklat terlalu panas dan mengurangi kualitasnya.

FAQ tentang mengolah biji coklat

Apa saja jenis biji coklat yang bisa diolah?

Ada banyak jenis biji coklat yang bisa diolah, seperti biji coklat Ghana, biji coklat Venezuela, biji coklat Ecuador, dan masih banyak lagi. Namun, setiap jenis biji coklat mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Apakah biji coklat bisa disimpan lama?

Ya, biji coklat bisa disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan ditaruh di tempat yang sejuk dan kering. Biji coklat bisa disimpan selama beberapa bulan, tergantung dari jenis biji coklat dan metode penyimpanannya.

Apakah segala jenis coklat bisa dihasilkan dari biji coklat?

Tidak, tidak semua jenis coklat bisa dihasilkan dari biji coklat. Ada beberapa jenis coklat yang menggunakan bahan tambahan seperti susu dan gula, seperti coklat susu dan coklat putih.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengolah biji coklat?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengolah biji coklat tergantung dari metode yang digunakan. Jika menggunakan oven, waktu yang dibutuhkan sekitar 20-30 menit. Jika menggunakan penggorengan, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 5-10 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pangiris Keripik Singkong Sederhana YouTube: Mudah dan Enak untuk Sobat Sederhana

Apakah biji coklat bisa diolah tanpa oven atau penggorengan?

Ya, biji coklat bisa diolah tanpa oven atau penggorengan. Caranya yaitu dengan menggunakan panci dan api kecil. Masukkan biji coklat ke dalam panci dan tambahkan sedikit minyak kelapa atau mentega. Aduk terus sampai biji coklat mulai berubah warna dan berbau harum.

Penutup

Sekian cara mengolah biji coklat sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa menghasilkan coklat yang lezat dan nikmat tanpa harus membeli coklat yang mahal di toko.

Jangan lupa untuk mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai proses pengolahan biji coklat. Selain itu, juga perhatikan waktu dan suhu saat memanggang atau menggoreng biji coklat agar biji coklat matang secara merata.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Mengolah Biji Coklat Sederhana