Cara Menghitung Rab Bangunan Rumah Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah sederhana? Pasti Anda ingin tahu bagaimana cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangunan rumah sederhana, bukan?

Apa itu RAB Bangunan?

RAB bangunan merupakan suatu perhitungan yang merinci dan memperkirakan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan, mulai dari pengadaan bahan material, biaya tenaga kerja, hingga penggunaan alat dan mesin. RAB bangunan sangat penting dalam memastikan anggaran yang dibutuhkan dan mencegah pemborosan biaya dalam proses pembangunan rumah sederhana.

Kenapa Perhitungan RAB Bangunan Rumah Sederhana Penting?

Dalam membangun rumah sederhana, perhitungan RAB sangat penting untuk menghindari biaya tambahan dan mencapai kesesuaian antara budget dan proyek. Selain itu, RAB juga dapat menjadi referensi Anda untuk melakukan negosiasi harga material dan jasa kontraktor. Dengan menghitung RAB, Anda bisa memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan sehingga tidak akan mengalami kekurangan dana di tengah-tengah proses pembangunan.

Cara Menghitung RAB Bangunan Rumah Sederhana

1. Menentukan Luas Bangunan dan Kebutuhan Material

Langkah pertama dalam menghitung RAB bangunan rumah sederhana adalah menentukan luas bangunan dan kebutuhan materialnya. Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Rumus Menghitung Luas Bangunan : Panjang X Lebar X Tinggi
Rumus Kebutuhan Material : Luas Bangunan X Rasio Material

Contoh:

Luas Bangunan : 10m X 8m X 3m = 240m2
Kebutuhan Material : 240m2 X 1,3 = 312 m3

2. Menghitung Biaya Material

Setelah menentukan kebutuhan material, selanjutnya Anda bisa menghitung biaya material yang dibutuhkan. Untuk menghitung biaya material, Anda perlu mengetahui harga per satuan material yang dibutuhkan.

FAQ: Apa Saja Material yang Dibutuhkan untuk Membangun Rumah Sederhana?

Material yang dibutuhkan untuk membangun rumah sederhana antara lain semen, pasir, bata merah, batu batako, kayu, besi beton, pipa, kabel, cat, dan beberapa material lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya rumah yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Biodata Sederhana dengan HTML

Setelah mengetahui material yang dibutuhkan, cari tahu harga per satuan masing-masing material dan kalikan dengan jumlah kebutuhan material yang sudah dihitung sebelumnya. Misalnya:

Bahan Material
Satuan
Harga
Jumlah
Subtotal
Semen
Sak
Rp. 100.000,-
40 sak
Rp 4.000.000,-
Pasir
M3
Rp. 500.000,-
10 M3
Rp 5.000.000,-
Besi Beton
Kg
Rp. 8.000,-
1000 Kg
Rp 8.000.000,-
Total
Rp 17.000.000,-

Sekarang, total biaya material yang dibutuhkan sudah bisa dihitung yaitu Rp. 17.000.000,-

3. Menghitung Biaya Jasa Kontraktor

Setelah menghitung biaya material, selanjutnya Anda perlu menghitung biaya jasa kontraktor. Biaya jasa kontraktor dapat bervariasi tergantung pada lokasi pembangunan, tingkat kesulitan, dan pengalaman kontraktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya jasa kontraktor:

  • Tingkat kesulitan proyek
  • Lokasi bangunan
  • Pengalaman kontraktor
  • Masa pengerjaan
  • Bahan material yang digunakan
  • Peralatan yang dibutuhkan

Untuk menghitung biaya jasa kontraktor, Anda bisa memperkirakan biaya harian kontraktor dan durasi pengerjaan proyek. Contohnya, jika biaya harian kontraktor sebesar Rp. 500.000,- dan durasi pengerjaan proyek selama 100 hari, maka biaya jasa kontraktor yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 50.000.000,-

4. Menghitung Biaya Lainnya

Selain biaya material dan jasa kontraktor, Anda juga perlu menghitung biaya lainnya seperti biaya administrasi dan biaya lain-lain yang mungkin diperlukan selama proses pembangunan rumah sederhana. Biaya lainnya dapat berupa biaya pemasangan listrik dan air, biaya survey, dan biaya pengurusan izin pembangunan.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang cara menghitung RAB bangunan rumah sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sederhana. Selalu ingat untuk mempertimbangkan dengan baik setiap pos biaya agar tidak terjadi pemborosan dan kekurangan dana dalam proses pembangunan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kandang Merpati Pos Sederhana

Cara Menghitung Rab Bangunan Rumah Sederhana