Cara Menggambar Pohon Sederhana

Selamat datang, Sobat Sederhana! Bagi kalian yang ingin belajar menggambar pohon, kali ini kami akan membahas cara menggambar pohon sederhana dengan mudah dan cepat. Menggambar pohon memang terlihat sulit dan kompleks, tetapi dengan tips dan trik yang akan kami berikan, kalian pasti bisa menggambar pohon secara sederhana.

1. Persiapkan alat gambar

Sebelum memulai menggambar pohon, pastikan kalian sudah menyiapkan alat gambar seperti pensil, kertas gambar, penghapus, dan penggaris. Pilih pensil dengan kekerasan yang sesuai dengan keinginan kalian, serta kertas gambar yang tidak terlalu tebal agar lebih mudah dihapus jika ada kesalahan.

Mengapa harus memilih pensil dengan kekerasan yang sesuai?

Pensil dengan kekerasan yang tinggi akan meninggalkan garis yang gelap dan sulit dihapus, sehingga dapat menyulitkan kalian dalam menggambar. Di sisi lain, pensil dengan kekerasan yang rendah akan meninggalkan garis yang terlalu lembut dan sulit terlihat.

Mengapa harus memilih kertas gambar yang tidak terlalu tebal?

Kertas gambar yang terlalu tebal akan membuat detail gambar menjadi sulit terlihat dan membutuhkan pensil yang lebih keras untuk menggambar. Sedangkan, kertas gambar yang terlalu tipis akan cepat rusak dan sulit digunakan.

2. Tentukan jenis pohon yang ingin digambar

Sebelum memulai menggambar, tentukan jenis pohon yang ingin kalian gambarkan. Setiap jenis pohon memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga kalian perlu mempelajari karakteristik dari masing-masing jenis pohon untuk menggambar dengan lebih akurat.

Bagaimana cara mempelajari karakteristik dari masing-masing jenis pohon?

Kalian dapat mencari referensi gambar atau mengamati langsung pohon yang ingin digambar. Perhatikan struktur batang, cabang, daun, serta buah atau bunga yang dimiliki oleh pohon tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Buat Pisang Pasir Sederhana

3. Tentukan posisi dan ukuran pohon

Setelah menentukan jenis pohon, tentukan juga posisi dan ukuran pohon yang ingin digambar. Posisi pohon dapat ditempatkan di bagian tengah kertas atau di salah satu sudut kertas. Sedangkan ukuran pohon dapat disesuaikan dengan ukuran kertas dan keinginan kalian.

Bagaimana cara menentukan posisi pohon yang tepat?

Perhatikan komposisi gambar yang ingin kalian buat. Posisi pohon yang tepat dapat memberikan kesan keseimbangan dan harmonisasi pada gambar kalian.

Bagaimana cara menentukan ukuran pohon yang sesuai?

Ukuran pohon yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat gambar menjadi tidak proporsional. Pilihlah ukuran pohon yang sesuai dengan ukuran kertas dan keinginan kalian.

4. Gambar batang pohon

Setelah menentukan posisi dan ukuran pohon, gambarlah batang pohon terlebih dahulu. Gunakan penggaris untuk menggambar garis lurus yang melambangkan batang pohon.

Bagaimana cara menggambar batang pohon yang baik dan benar?

Gambarlah garis batang pohon yang lurus dan tidak bengkok. Hindari menggambar garis yang terlalu tebal atau terlalu tipis sehingga sulit terlihat. Perhatikan juga ukuran batang pohon yang sesuai dengan ukuran kertas dan perspektif gambar.

5. Gambar cabang pohon

Setelah gambar batang pohon, gambarlah cabang pohon. Cabang pohon dapat digambar di atas atau di bawah batang pohon.

Bagaimana cara menggambar cabang pohon yang baik dan benar?

Perhatikan perspektif gambar dan komposisi cabang pohon yang diinginkan. Hindari menggambar cabang yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Perhatikan juga ukuran dan jarak antara cabang-cabang pohon.

6. Gambar daun pohon

Setelah gambar cabang pohon, gambarlah daun pohon. Daun pohon biasanya tumbuh di cabang pohon.

Bagaimana cara menggambar daun pohon yang baik dan benar?

Gambarlah daun pohon yang sesuai dengan jenis pohon yang ingin kalian gambarkan. Perhatikan jumlah dan pola daun pada cabang pohon. Hindari menggambar daun yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Waterfall Air Terjun Pasir Aquascape dari Bahan Sederhana

7. Gambar akar pohon

Setelah gambar daun pohon, gambarlah akar pohon. Akar pohon biasanya terlihat di bawah tanah.

Bagaimana cara menggambar akar pohon yang baik dan benar?

Gambarlah akar pohon yang sesuai dengan jenis pohon yang ingin kalian gambarkan. Perhatikan pola dan jumlah akar pada batang pohon. Hindari menggambar akar yang terlalu banyak atau terlalu panjang.

8. Berikan detail pada gambar

Setelah gambar akar pohon, berikan detail pada gambar seperti bayangan atau rincian pada batang pohon, cabang pohon, dan daun pohon. Detail pada gambar dapat membuat gambar menjadi lebih hidup dan realistis.

Bagaimana cara memberikan detail pada gambar?

Gunakan pensil dengan kekerasan yang sesuai untuk memberikan bayangan atau rincian pada gambar. Perhatikan juga arah cahaya pada gambar untuk memberikan bayangan yang lebih akurat.

9. Hapus garis-garis yang tidak diperlukan

Setelah gambar selesai, hapus garis-garis yang tidak diperlukan seperti garis bantu atau garis yang terlihat terlalu gelap. Hapus garis-garis tersebut dengan hati-hati agar tidak merusak gambar yang sudah digambar.

Bagaimana cara menghapus garis-garis yang tidak diperlukan tanpa merusak gambar?

Gunakan penghapus yang lembut dan hati-hati saat menghapus garis-garis yang tidak diperlukan. Jangan terlalu keras saat menghapus garis agar tidak merusak kertas gambar.

10. Selesaikan gambar dengan warna atau pensil warna

Setelah gambar selesai dan garis-garis yang tidak diperlukan dihapus, selesaikan gambar dengan memberikan warna atau pensil warna pada gambar. Pilihlah warna yang sesuai dengan karakteristik dari masing-masing jenis pohon.

Bagaimana cara memberikan warna pada gambar?

Gunakan pensil warna dengan kelembutan dan hati-hati pada gambar. Perhatikan juga warna cahaya pada gambar agar memberikan kesan yang lebih realistis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Mini Market Sederhana dengan Access

Pertanyaan Umum

1. Apakah harus mempelajari jenis pohon sebelum menggambar?
Iya, karena setiap jenis pohon memiliki ciri khas yang berbeda.
2. Apakah harus menggambar akar pohon?
Tidak selalu, tergantung pada jenis pohon dan keinginan kalian.
3. Apakah harus memberikan warna pada gambar?
Tidak selalu, tergantung pada keinginan kalian.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menggambar Pohon Sederhana