Cara Membungkus Arem Arem Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan arem arem? Camilan yang terbuat dari ketan dan kelapa ini memang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, bentuknya yang unik juga membuat arem arem sering menjadi hidangan saat acara tertentu.

Apa itu Arem Arem?

Sebelum kita membahas tentang cara membungkus arem arem sederhana, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu arem arem. Arem arem adalah camilan khas Indonesia yang terbuat dari ketan dan kelapa parut. Biasanya arem arem dibungkus dengan daun pisang atau plastik, kemudian dikukus hingga matang.

Arem arem biasanya diisi dengan aneka rasa, seperti gula merah, kacang hijau, atau coklat. Selain itu, arem arem juga sering dipakai sebagai lauk pauk pada jamuan atau acara tertentu.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membungkus arem arem, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat arem arem:

Bahan
Jumlah
Ketan
500 gram
Kelapa parut
200 gram
Gula Merah
100 gram
Air
500 ml

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung mulai membungkus arem arem sederhana.

Cara Membungkus Arem Arem Sederhana

Berikut langkah-langkah cara membungkus arem arem sederhana:

1. Siapkan Daun Pisang atau Plastik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan untuk membungkus arem arem. Kita bisa menggunakan daun pisang atau plastik untuk membungkusnya. Jika menggunakan daun pisang, pastikan daun pisang sudah dibersihkan dan diiris sesuai ukuran yang diinginkan.

Jika menggunakan plastik, pastikan plastik yang digunakan tahan panas dan aman untuk digunakan dalam microwave.

2. Isi dengan Adonan Ketan dan Gula Merah

Selanjutnya, isi ketan dengan gula merah yang sudah diparut. Pastikan isiannya tidak terlalu banyak, karena akan sulit dibungkus jika terlalu penuh.

TRENDING 🔥  Cara Dan Resep Membuat Nasi Goreng Sederhana

Kemudian, bungkus ketan dengan daun pisang atau plastik dengan rapat.

3. Kukus Hingga Matang

Lanjutkan dengan mengukus arem arem yang sudah dibungkus selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

FAQ

1. Apakah Arem Arem Bisa Dibuat Dalam Berbagai Rasa?

Ya, arem arem bisa dibuat dalam berbagai rasa, tergantung selera. Beberapa rasa yang populer adalah gula merah, kacang hijau, dan coklat.

2. Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Arem Arem?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat arem arem antara lain ketan, kelapa parut, gula merah, dan air.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Arem Arem Terlalu Basah?

Jika arem arem terlalu basah, kita bisa mengeringkannya dengan memanggangnya dalam oven atau menggorengnya dalam minyak panas.

Penutup

Nah Sobat Sederhana, itulah tadi cara membungkus arem arem sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat arem arem sendiri tanpa harus membelinya di warung. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membungkus Arem Arem Sederhana