Cara Membuat Vertical Garden Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat vertical garden sederhana. Vertical garden adalah taman vertikal yang ditanam di dinding menggunakan bahan-bahan tertentu.

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat vertical garden, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Pot plastik
5 buah
Media tanam
5 kg
Bibit tanaman hias
5 buah
Kawat besi
5 meter
Gantungan pot
5 buah

Untuk memulai, Sobat Sederhana bisa membeli bahan-bahan ini di toko pertanian atau toko material bangunan terdekat. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

2. Langkah-Langkah Membuat Vertical Garden Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat vertical garden sederhana:

a. Membuat Kerangka Kawat Besi

Buat kerangka kawat besi sesuai dengan ukuran dinding yang akan dijadikan vertical garden. Pastikan kerangka kawat besi tidak terlalu berat dan kuat menahan beban tanaman nantinya.

b. Menyiapkan Pot Tanaman

Siapkan pot plastik dan media tanam yang telah disediakan. Buat lubang pada pot dengan menggunakan gunting atau bor untuk tempat tanaman masuk nantinya.

c. Menanam Bibit Tanaman

Setelah itu, masukkan bibit tanaman ke dalam pot dan isi media tanam hingga penuh.

d. Menggantung Pot Tanaman

Lakukan penggantungan pot tanaman pada kerangka kawat besi dengan menggunakan gantungan pot. Pasang pot secara vertikal pada kerangka kawat besi.

e. Melakukan Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman vertical garden sebenarnya cukup mudah. Sobat Sederhana hanya perlu menyiram tanaman secara teratur dan memberikan pupuk secara berkala. Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan tanaman agar tumbuh subur dan sehat.

3. FAQ (Frequently Asked Questions)

  1. Apakah Vertical Garden Cocok untuk Dinding Rumah?

    Tentu saja! Vertical garden sangat cocok untuk dinding rumah karena lebih efektif dalam memanfaatkan ruang. Selain itu, vertical garden juga dapat membuat ruangan terlihat lebih hijau dan sehat.

  2. Bagaimana Cara Memilih Tanaman yang Cocok untuk Vertical Garden?

    Untuk vertical garden, Sobat Sederhana bisa memilih tanaman yang tahan terhadap sinar matahari, ukurannya kecil, serta tidak memerlukan banyak air. Contoh tanaman yang cocok untuk vertical garden adalah kaktus atau succulent.

  3. Berapa Biaya untuk Membuat Vertical Garden Sederhana?

    Biaya untuk membuat vertical garden sederhana tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan jumlah tanaman yang ditanam. Namun, secara kasar biaya untuk membuat vertical garden sederhana adalah sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,-.

  4. Apakah Vertical Garden Membutuhkan Perawatan yang Khusus?

    Perawatan vertical garden tidak terlalu sulit. Sobat Sederhana hanya perlu menyiram tanaman secara teratur dan memberikan pupuk secara berkala. Selain itu, Sobat Sederhana juga perlu memperhatikan kesehatan tanaman agar tumbuh subur dan sehat.

TRENDING 🔥  Cara Memakai Hijab Satin Sederhana Diikat Untuk Sobat Sederhana

4. Keuntungan Membuat Vertical Garden Sederhana

Membuat vertical garden sederhana memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah
  2. Mempercantik tampilan dinding rumah
  3. Menghemat ruang
  4. Meningkatkan kesehatan psikologis

5. Kesimpulan

Nah, itu dia Sobat Sederhana cara membuat vertical garden sederhana yang bisa Sobat Sederhana lakukan di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan perawatan tanaman agar tumbuh subur dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat vertical garden di rumah.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Vertical Garden Sederhana