Cara Buat Papan Mading yang Sederhana

Hello Sobat Sederhana, bagi kalian yang sedang mencari inspirasi untuk membuat papan mading yang sederhana, artikel ini cocok untuk kalian. Di sini saya akan memberikan panduan tentang cara membuat papan mading yang simple dan mudah dibuat sendiri. Papan mading adalah alat yang sangat berguna untuk memajang foto, catatan, dan ide-ide kreatif kita di rumah atau di kantor. Mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat papan mading:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kardus bekas
2. Pita perekat
2. Kain flanel
3. Penggaris
3. Busa
4. Pensil
4. Kertas koran
5. Cutter
5. Lem putih
6. Kain perca

Alat dan bahan di atas mudah ditemukan di toko-toko bangunan atau toko kain terdekat. Jika sudah siap semua, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Tahap 1: Membuat Bingkai Papan Mading

Tahap pertama adalah membuat bingkai papan mading. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengukur dan memotong kardus bekas sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, potong juga busa dan kain flanel dengan ukuran yang sama. Kemudian, tempelkan busa dan kain flanel ke atas kardus bekas menggunakan lem putih.

Gunakan gunting untuk memotong sudut-sudut kardus agar rapi. Setelah itu, tempelkan pita perekat di sisi-sisi kardus untuk memperkuat bingkainya. Bingkai papan mading siap digunakan!

Tahap 2: Mendekorasi Papan Mading

Setelah bingkai papan mading selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah mendekorasinya sesuai dengan selera. Kita bisa menggunakan kain perca untuk membuat pola-pola yang unik di atas papan mading. Caranya sangat mudah, cukup dengan menempelkan kain perca ke atas kain flanel dengan menggunakan lem putih atau perekat khusus kain.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tahu Fantasi yang Sederhana

FAQ

Apa keuntungan membuat papan mading sendiri?

Membuat papan mading sendiri memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Bisa menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan
  • Bisa mendekorasi sesuai dengan selera
  • Lebih hemat daripada membeli papan mading yang sudah jadi

Bagaimana cara membersihkan papan mading?

Cara membersihkan papan mading sangat mudah, cukup dengan menggunakan kain lembab untuk menghapus debu atau kotoran yang menempel. Jangan menggunakan bahan-bahan yang kasar agar tidak merusak permukaan papan mading.

Dapatkah papan mading digunakan di luar ruangan?

Papan mading yang dibuat di artikel ini sebaiknya digunakan di dalam ruangan karena menggunakan kain flanel sebagai alas. Namun, jika ingin membuat papan mading yang tahan air, bisa menggunakan bahan kain yang tahan air seperti vinyl atau PVC.

Penutup

Semoga artikel tentang cara membuat papan mading yang sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang sedang mencari inspirasi. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah ya! Jika ada pertanyaan atau saran, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Papan Mading yang Sederhana