Cara Membuat Vending Machine Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering merasa kesulitan mencari minuman atau makanan ringan di tempat umum? Kini, kamu bisa membuat Vending Machine sederhana sendiri untuk memudahkan kamu dalam membeli minuman atau makanan ringan. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Vending Machine sederhana.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, seperti:

Alat
Bahan
1. Power Supply
2. Motor DC
3. Sensor Infrared
4. Memori EEPROM
5. Breadboard
6. Kabel Jumper
7. 9V Battery
8. Solenoid Valve
9. PCB Board
10. Komponen Elektronik Lainnya
1. Kotak Karton
2. Pisau Cutter
3. Kertas Stainless Steel
4. Kardus Bekas
5. Stik Es Krim
6. Minuman atau Makanan Ringan yang Ingin Dijual

Langkah-Langkah Membuat Vending Machine Sederhana

1. Membuat Rangka Vending Machine

Langkah pertama yaitu membuat rangka Vending Machine menggunakan kotak karton. Sobat Sederhana bisa memotong kotak karton sesuai dengan ukuran yang diinginkan menggunakan pisau cutter. Kemudian, pasang stik es krim pada sisi bawah kotak karton untuk membuat laci yang akan digunakan untuk menaruh minuman atau makanan ringan.

2. Merakit Komponen Elektronik

Langkah selanjutnya yaitu merakit komponen elektronik pada breadboard dan PCB board. Kemudian, pasang sensor infrared, motor DC, solenoid valve, memori EEPROM dan komponen elektronik lainnya pada breadboard atau PCB board.

3. Memasang Komponen pada Rangka Vending Machine

Setelah komponen elektronik dirakit, Selanjutnya pasang komponen pada rangka Vending Machine. Pasang sensor infrared pada bagian depan kotak karton untuk mendeteksi adanya objek yang hendak diambil. Pasang motor DC pada sisi atas kotak karton untuk menggerakkan solenoid valve. Pasang solenoid valve pada sisi depan kotak karton untuk memompa air atau minuman ringan. Terakhir, pasang memori EEPROM pada breadboard atau PCB Board yang akan digunakan untuk menyimpan jumlah uang yang telah dimasukkan oleh pembeli.

TRENDING 🔥  Cara Buat Batagor Tahu Sederhana

4. Memprogram Microcontroller

Langkah terakhir yaitu memprogram microcontroller yang akan digunakan sebagai pengendali Vending Machine. Sobat Sederhana bisa menggunakan bahasa pemrograman C atau bahasa pemrograman lainnya untuk memprogram microcontroller. Program microcontroller harus mampu membaca uang yang dimasukkan oleh pembeli, menghitung jumlah uang yang telah dimasukkan, membuka solenoid valve untuk memompa air atau minuman ringan, dan menyimpan jumlah uang yang telah dimasukkan oleh pembeli ke dalam memori EEPROM. Setelah proses pemrograman selesai, pasang microcontroller pada rangka Vending Machine.

FAQ Tentang Vending Machine Sederhana

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat Vending Machine sederhana?

Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain kotak karton, pisau cutter, kertas stainless steel, kardus bekas, stik es krim, minuman atau makanan ringan yang ingin dijual, power supply, motor DC, sensor infrared, memori EEPROM, breadboard, kabel jumper, 9V battery, solenoid valve, PCB board, dan komponen elektronik lainnya.

2. Bagaimana cara merakit komponen elektronik pada Vending Machine sederhana?

Untuk merakit komponen elektronik pada Vending Machine sederhana, Sobat Sederhana harus memasang sensor infrared pada bagian depan kotak karton untuk mendeteksi adanya objek yang hendak diambil. Kemudian, pasang motor DC pada sisi atas kotak karton untuk menggerakkan solenoid valve. Pasang solenoid valve pada sisi depan kotak karton untuk memompa air atau minuman ringan. Terakhir, pasang memori EEPROM pada breadboard atau PCB Board yang akan digunakan untuk menyimpan jumlah uang yang telah dimasukkan oleh pembeli.

3. Bagaimana cara memprogram microcontroller pada Vending Machine sederhana?

Sobat Sederhana bisa menggunakan bahasa pemrograman C atau bahasa pemrograman lainnya untuk memprogram microcontroller pada Vending Machine sederhana. Program microcontroller harus mampu membaca uang yang dimasukkan oleh pembeli, menghitung jumlah uang yang telah dimasukkan, membuka solenoid valve untuk memompa air atau minuman ringan, dan menyimpan jumlah uang yang telah dimasukkan oleh pembeli ke dalam memori EEPROM.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pagar dari Bambu Sederhana

4. Apakah Vending Machine sederhana hanya bisa menjual minuman atau makanan ringan?

Tidak, Vending Machine sederhana juga bisa dijadikan sebagai mesin penjual tiket parkir, permen, rokok, dan lain sebagainya. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa menyesuaikan ukuran dan bentuk Vending Machine sesuai dengan kebutuhan.

5. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat Vending Machine sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat Vending Machine sederhana akan tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan sumber daya manusia yang dimiliki. Namun, dengan menggunakan bahan bekas dan memilih komponen elektronik yang tidak terlalu mahal, Sobat Sederhana bisa membuat Vending Machine sederhana dengan biaya sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,-

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Vending Machine Sederhana