Cara Membuat Vacuum Frying Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, selamat datang di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang cara membuat vacuum frying sederhana. Bagi yang belum tahu, vacuum frying merupakan salah satu teknik penggorengan yang dilakukan dengan menghisap udara dalam ruangan untuk mengurangi tekanan udara.

Apa Itu Vacuum Frying?

Vacuum frying adalah teknik penggorengan yang dilakukan dengan menghisap udara dalam ruangan untuk mengurangi tekanan udara. Hasil dari vacuum frying terasa lebih renyah dan menjadi lebih awet ketimbang hasil penggorengan biasa.

Dalam vacuum frying, bahan makanan akan dimasukkan ke dalam mesin vacuum frying dan selanjutnya mesin tersebut akan menyedot udara dalam ruangan tersebut hingga mencapai tekanan yang diinginkan. Selanjutnya, minyak goreng akan ditambahkan ke dalam mesin tersebut dan menggoreng bahan makanan yang ada di dalamnya dalam tekanan vacuum tersebut. Tidak hanya menggoreng, teknik ini juga dapat digunakan untuk mengeringkan makanan seperti buah dan sayuran.

Apa Keuntungan Membuat Vacuum Frying Sederhana?

Meskipun teknik vacuum frying terasa lebih rumit ketimbang teknik penggorengan biasa, namun teknik ini memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan dari menggunakan teknik vacuum frying antara lain:

  • Lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak goreng
  • Menghasilkan makanan yang lebih renyah
  • Hasil penggorengan lebih awet
  • Dapat digunakan untuk mengeringkan buah dan sayuran

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Vacuum Frying Sederhana

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat vacuum frying sederhana:

1
Mesin vacuum frying
2
Bahan makanan (misalnya pisang, sayuran, dll)
3
Minyak goreng
4
Garam (opsional)

Langkah-Langkah Membuat Vacuum Frying Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat vacuum frying sederhana:

1. Persiapkan Mesin Vacuum Frying

Pastikan mesin vacuum frying sudah dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Bersihkan bagian dalam mesin dan pastikan tidak ada benda asing yang masuk ke dalam mesin.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Meredakan Pilek untuk Sobat Sederhana

2. Siapkan Bahan Makanan

Potong bahan makanan yang akan digoreng sesuai dengan keinginan dan pastikan bahan tersebut sudah dicuci bersih.

3. Masukkan Bahan Makanan ke Dalam Mesin Vacuum Frying

Tambahkan bahan makanan ke dalam mesin vacuum frying dan pastikan tidak ada bahan yang menumpuk. Pastikan mesin sudah dalam kondisi vacuum sebelum menambahkan minyak goreng.

4. Tambahkan Minyak Goreng

Tambahkan minyak goreng ke dalam mesin dan pastikan minyak goreng merata ke seluruh bahan makanan yang ada di dalam mesin.

5. Ganti Tekanan Udara dalam Mesin Vacuum Frying

Setelah menambahkan minyak goreng, ganti tekanan udara dalam mesin vacuum frying sesuai dengan kebutuhan. Tekanan harus dipertahankan pada level tertentu agar bahan makanan tergoreng dengan baik.

6. Tunggu hingga Bahan Makanan Matang

Tunggu hingga bahan makanan matang dan mendapatkan warna yang diinginkan. Setelah matang, keluarkan bahan makanan dari mesin vacuum frying dan taruh di atas kertas minyak untuk menyerap minyak yang berlebihan.

FAQ

1. Apakah Vacuum Frying Lebih Sehat Ketimbang Penggorengan Biasa?

Ya, vacuum frying lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak goreng. Di samping itu, teknik ini juga mengurangi kadar lemak pada makanan yang digoreng.

2. Apa Saja Keuntungan Vacuum Frying?

Beberapa keuntungan dari menggunakan teknik vacuum frying antara lain: lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak goreng, menghasilkan makanan yang lebih renyah, hasil penggorengan lebih awet, dan dapat digunakan untuk mengeringkan buah dan sayuran.

3. Apa yang Dibutuhkan untuk Membuat Vacuum Frying Sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat vacuum frying sederhana antara lain: mesin vacuum frying, bahan makanan, minyak goreng, dan garam (opsional).

4. Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Vacuum Frying?

Cara menggunakan mesin vacuum frying adalah dengan memasukkan bahan makanan ke dalam mesin, menambahkan minyak goreng, mengatur tekanan udara dalam mesin, dan menunggu hingga bahan makanan matang.

TRENDING 🔥  Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa vacuum frying merupakan salah satu teknik penggorengan yang lebih sehat dan menghasilkan makanan yang lebih renyah dan awet. Untuk membuat vacuum frying sederhana, Sobat Sederhana hanya membutuhkan beberapa bahan dan mesin vacuum frying yang sudah siap digunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat vacuum frying sederhana di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Vacuum Frying Sederhana untuk Sobat Sederhana