Cara Membuat Pen Touch Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mendengar tentang pen touch yang biasa digunakan pada layar sentuh? Pen touch adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menulis, menggambar, atau menekan tombol pada layar. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat pen touch sederhana yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Mari kita mulai!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan bahan dan alat berikut:

Bahan
Alat
Stylus
Isolasi tape
Karet pelapis pensil
Gunting
Plastik wrap
Pensil
Conductive foam
Soldering iron

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan, kita dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Menyiapkan Stylus

Langkah pertama dalam membuat pen touch sederhana adalah menyiapkan stylus. Untuk membuat stylus, kamu dapat menggunakan pensil yang telah dipelapis dengan karet. Setelah itu, bungkus stylus dengan plastik wrap untuk melindungi karet dari aus. Kemudian, gunting ujung stylus hingga memiliki panjang sekitar 1,5 cm.

3. Membuat Conductive Foam

Setelah stylus selesai, langkah selanjutnya adalah membuat conductive foam. Conductive foam adalah bahan yang berfungsi sebagai penghantar listrik pada pen touch. Untuk membuat conductive foam, kamu dapat menggunakan busa spons yang telah diberi lapisan alumunium foil di salah satu sisi. Gunakan soldering iron untuk menghubungkan alumunium foil dengan kabel tembaga kecil yang nantinya akan digunakan sebagai kabel penghubung pada pen touch.

4. Memasang Conductive Foam pada Stylus

Setelah conductive foam selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasangnya pada stylus. Gunakan isolasi tape untuk melilitkan conductive foam pada ujung stylus. Pastikan tidak terdapat celah antara stylus dan conductive foam untuk menjaga agar listrik dapat mengalir dengan lancar.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Makalah Sederhana

5. Menyambungkan Kabel

Terakhir, kita akan menyambungkan kabel tembaga kecil yang telah dipasang pada conductive foam ke port audio pada perangkat yang akan digunakan sebagai layar sentuh. Kamu dapat memasang kabel tersebut pada headphone jack atau port mikrofon pada perangkat.

FAQ

1. Apa itu pen touch?

Pen touch adalah perangkat keras yang digunakan untuk menulis, menggambar, atau menekan tombol pada layar sentuh.

2. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pen touch sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: stylus, karet pelapis pensil, plastik wrap, conductive foam, dan isolasi tape.

3. Bagaimana cara membuat conductive foam?

Cara membuat conductive foam adalah dengan menggunakan busa spons yang diberi lapisan alumunium foil di salah satu sisi. Gunakan soldering iron untuk menghubungkan alumunium foil dengan kabel tembaga kecil.

4. Apakah pen touch sederhana dapat digunakan pada semua layar sentuh?

Pen touch sederhana dapat digunakan pada layar sentuh yang responsif terhadap pena atau stylus. Namun, jumlah layar sentuh yang dapat menggunakan pen touch sederhana terbatas.

5. Apakah pen touch sederhana dapat dilakukan dengan mudah?

Iya, pen touch sederhana dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Namun, pastikan kamu telah mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sebelum memulai.

Selamat mencoba membuat pen touch sederhana dan semoga bermanfaat untukmu. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pen Touch Sederhana

https://youtube.com/watch?v=1HwiBY7NGOw