Cara Membuat Turbin Angin Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mendengar tentang turbin angin? Turbin angin adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dari angin. Nah, pada artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat turbin angin sederhana. Siapkan bahan-bahan dan alat-alatnya ya, Sobat Sederhana!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan turbin angin sederhana, kamu harus menyiapkan alat dan bahan berikut:

Alat-alat
Bahan-bahan
Gunting
Baling-baling kipas angin
Obeng
Baterai 12V
Bor
Motor DC
Penjepit
Inverter 12V DC to AC
Kawat tembaga
Tabung PVC

Setelah kamu menyiapkan alat dan bahan, kita bisa beralih ke langkah selanjutnya.

2. Membuat Baling-baling

Baling-baling adalah bagian terpenting dari turbin angin. Tanpa baling-baling, turbin angin tidak bisa berputar dan menghasilkan energi listrik. Berikut adalah cara membuat baling-baling:

Langkah 1: Siapkan Kertas Karton

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan kertas karton dengan ukuran sekitar 15cm x 20cm. Kemudian, lipat kertas karton menjadi dua dan gambar pola baling-baling pada salah satu sisi kertas seperti pada gambar berikut:

Langkah 2: Potong Kertas Karton

Setelah kamu menggambar pola baling-baling, potong kertas karton mengikuti pola tersebut menggunakan gunting. Kamu akan membutuhkan empat lembar baling-baling yang sama.

Langkah 3: Gabungkan Baling-baling

Setelah kamu memiliki empat lembar baling-baling yang sama, kamu bisa memasangnya satu sama lain dengan menggunakan penjepit. Pastikan baling-baling terpasang dengan rapi dan tidak bergeser satu sama lain.

Langkah 4: Pasang Baling-baling ke Motor

Setelah kamu selesai membuat baling-baling, kamu bisa memasangnya ke motor DC menggunakan baut dan mur. Pastikan baling-baling terhubung dengan kuat ke motor dan bisa berputar dengan lancar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Hidrolik Sederhana Seperti Tangan

3. Membuat Rangka Turbin Angin

Setelah kamu membuat baling-baling, langkah selanjutnya adalah membuat rangka turbin angin. Berikut adalah cara membuat rangka turbin angin:

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan Rangka

Kamu membutuhkan tabung PVC dan besi pipa untuk membuat rangka turbin angin. Potong tabung PVC dan besi pipa sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, pasang besi pipa ke dalam tabung PVC seperti pada gambar:

Langkah 2: Pasang Motor ke Rangka Turbin Angin

Setelah kamu selesai membuat rangka turbin angin, kamu bisa memasang motor DC ke rangka tersebut. Pasang motor menggunakan baut dan mur dan pastikan motor terpasang dengan kuat.

4. Menghubungkan Motor dengan Baterai dan Inverter

Setelah kamu selesai membuat turbin angin, langkah terakhir adalah menghubungkan motor dengan baterai dan inverter. Berikut adalah cara menghubungkan motor dengan baterai dan inverter:

Langkah 1: Hubungkan Motor dengan Baterai

Kamu bisa menghubungkan motor dengan baterai 12V menggunakan kawat tembaga. Hubungkan kabel positif pada motor dengan kabel positif pada baterai, dan hubungkan kabel negatif pada motor dengan kabel negatif pada baterai.

Langkah 2: Hubungkan Inverter ke Baterai

Setelah kamu menghubungkan motor dengan baterai, kamu bisa menghubungkan inverter 12V DC to AC ke baterai. Hubungkan kabel positif pada inverter dengan kabel positif pada baterai, dan hubungkan kabel negatif pada inverter dengan kabel negatif pada baterai.

Langkah 3: Pasang Baling-baling ke Turbin Angin

Setelah kamu menghubungkan motor dengan baterai dan inverter, kamu bisa memasang baling-baling ke turbin angin. Pastikan baling-baling terpasang dengan kuat dan bisa berputar dengan lancar.

FAQ

Apa itu turbin angin?

Turbin angin adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dari angin.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Buah Sederhana

Apakah turbin angin sulit dibuat?

Tidak. Dengan bahan dan alat yang tepat, kamu bisa membuat turbin angin sederhana di rumah.

Berapa biaya untuk membuat turbin angin sederhana?

Biaya untuk membuat turbin angin sederhana cukup terjangkau, sekitar Rp 500.000 – Rp 1.000.000, tergantung dari kualitas bahan dan alat yang digunakan.

Berapa banyak energi yang bisa dihasilkan oleh turbin angin sederhana?

Energi yang dihasilkan oleh turbin angin sederhana tergantung dari kecepatan angin dan ukuran baling-baling. Namun, umumnya turbin angin sederhana bisa menghasilkan energi listrik sebesar 80 – 300 watt.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat turbin angin sederhana. Ingat, kamu harus menyiapkan alat dan bahan dengan baik sebelum memulai pembuatan turbin angin. Selamat mencoba, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Turbin Angin Sederhana