Cara Membuat Tteokbokki Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan Tteokbokki? Makanan Korea yang terkenal dengan rasa yang pedas dan nikmat ini memang sangat digemari oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Tteokbokki terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dibentuk seperti silinder dan dimasak dengan bumbu yang khas. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat Tteokbokki di rumah, kali ini kami akan berbagi resep cara membuat Tteokbokki sederhana yang enak dan mudah dipraktikkan.

Bahan-bahan:

Sebelum memulai, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Nama Bahan
Jumlah
Tepung ketan
400 gram
Daun bawang
5 batang
Gochujang (pasta cabai Korea)
3 sendok makan
Gula merah
2 sendok makan
Kecap manis
2 sendok makan
Bawang putih cincang
2 siung
Garam
1 sendok makan
Air
600 ml

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai membuat Tteokbokki sederhana yang lezat.

Langkah 1: Persiapan Bahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan semua bahan yang akan digunakan. Potong daun bawang menjadi ukuran sekitar 5 cm dan sisihkan. Keluarkan Tteokbokki dari kemasannya dan rendam dalam air selama 10 menit. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan.

Langkah 2: Membuat Saus Tteokbokki

Setelah semua bahan siap, kita bisa membuat saus Tteokbokki terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, campurkan gochujang, gula merah, kecap manis, bawang putih cincang, garam, dan air dalam wadah dan aduk hingga bahan-bahan tercampur rata.

Langkah 3: Memasak Tteokbokki

Setelah saus Tteokbokki siap, kita bisa memasak Tteokbokki. Siapkan wajan atau panci, tambahkan saus Tteokbokki dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan Tteokbokki dan masak lagi hingga teksturnya menjadi kenyal dan empuk.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membersihkan Kacamata

Langkah 4: Menambahkan Daun Bawang

Setelah Tteokbokki matang, tambahkan daun bawang ke dalam wajan atau panci dan aduk hingga tercampur rata. Matikan api dan Tteokbokki siap disajikan.

FAQ:

Q: Bagaimana jika tidak menemukan gochujang?

A: Gochujang adalah bahan utama dalam membuat Tteokbokki. Jika tidak menemukan gochujang, bisa diganti dengan sambal oelek atau siriracha sebagai alternatif, namun rasa dari Tteokbokki akan berbeda dari rasa aslinya.

Q: Bolehkah menggunakan tepung ketan biasa?

A: Tidak disarankan menggunakan tepung ketan biasa karena dapat mempengaruhi tekstur dari Tteokbokki. Sebaiknya menggunakan tepung ketan yang khusus untuk Tteokbokki agar hasilnya lebih optimal.

Q: Berapa lama Tteokbokki bisa disimpan?

A: Tteokbokki sebaiknya dimakan dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah dimasak, dalam kurun waktu 1-2 hari.

Penutup

Itulah resep cara membuat Tteokbokki sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman memasak Tteokbokki dengan kami di kolom komentar. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tteokbokki Sederhana