Cara Membuat Tas dari Tali Kur Sederhana untuk Pemula

Hai Sobat Sederhana! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat tas dari tali kur sederhana untuk pemula. Membuat tas dari tali kur memang terlihat sulit dan rumit, namun sebenarnya dengan sedikit ketelitian dan kesabaran, kalian juga bisa membuatnya. Tas dari tali kur juga bisa dijadikan sebagai hadiah atau cinderamata untuk teman atau keluarga. Nah, daripada berlama-lama, yuk kita mulai pembahasannya!

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat tas dari tali kur, kalian harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tali kur
10 meter
Benang Jahit
1 gulung
Spidol
1 buah
Gunting
1 buah
Jarum Jahit
2 buah

Tali kur bisa kalian beli di toko-toko khusus atau di online shop. Sedangkan untuk benang jahit, kalian bisa memilih warna yang sesuai dengan tali kur yang kalian gunakan. Spidol digunakan untuk membuat pola desain pada tas, dan gunting digunakan untuk memotong tali kur dan benang jahit. Jarum jahit digunakan untuk menjahit tali kur dan benang jahit.

Cara memotong tali kur

Sebelum memulai membuat tas, kalian harus memotong tali kur sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan. Cara memotong tali kur sangat mudah, kalian hanya perlu mengikat salah satu ujung tali kur dengan kuat, kemudian potong tali kur yang lain dengan gunting. Setelah itu, rapatkan ujung yang dipotong dan ikat kembali dengan kuat. Lakukan langkah yang sama pada bagian lain dari tali kur yang masih panjang.

Cara mengikat tali kur

Sebelum memulai membuat tas, kalian juga harus tahu cara mengikat tali kur dengan benar. Ada beberapa teknik mengikat tali kur yang bisa kalian pelajari, salah satunya adalah teknik dasar atau flat knot. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu memutar tali kur A ke arah kanan, kemudian masukkan tali kur B di atas tali A dan melingkar ke arah bawah tali A. Kemudian, masukkan ujung tali B ke dalam lingkaran yang terbentuk dan tarik ke arah atas dan bawah. Lakukan langkah yang sama pada tali kur lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Parcel Hantaran yang Sederhana

2. Membuat Pola Desain

Setelah menyiapkan bahan-bahan, langkah selanjutnya adalah membuat pola desain pada tas. Kalian bisa membuat pola desain yang kalian inginkan, mulai dari pola sederhana hingga pola yang rumit. Berikut adalah cara membuat pola desain pada tas:

Cara membuat pola desain dengan spidol

Kalian bisa membuat pola desain pada tas dengan menggunakan spidol. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menggambar pola desain yang kalian inginkan pada sebuah kertas, kemudian tempelkan kertas tersebut pada tas dan beri tanda dengan spidol.

Cara membuat pola desain dengan aplikasi

Jika kalian tidak ingin repot membuat pola desain secara manual, kalian bisa menggunakan aplikasi desain untuk membuat pola desain pada tas. Ada banyak aplikasi desain yang bisa kalian download secara gratis di playstore atau appstore, seperti Canva atau Adobe Illustrator.

3. Langkah Membuat Tas dari Tali Kur

Setelah menyiapkan bahan-bahan dan membuat pola desain pada tas, langkah selanjutnya adalah membuat tas. Berikut adalah langkah-langkah membuat tas dari tali kur sederhana:

Langkah 1: Membuat dasar tas

Pertama-tama, ambil dua tali kur dan jahitkan keduanya pada bagian bawah tas menggunakan benang jahit. Kemudian, ikat ujung-ujung tali kur tersebut dan tarik dengan kuat. Lakukan langkah yang sama pada bagian lain dari tas hingga membentuk pola dasar tas.

Langkah 2: Menjahit sisi tas

Setelah dasar tas terbentuk, jahitkan sisi tas menggunakan benang jahit. Pastikan jahitan kalian rapi agar tas terlihat menarik. Lakukan langkah yang sama pada sisi tas lainnya.

Langkah 3: Membuat tali tas

Untuk membuat tali tas, ambil dua tali kur dan jahitkan keduanya pada bagian atas tas menggunakan benang jahit. Kemudian, buat simpul pada bagian atas tali kur dan tarik dengan kuat. Lakukan langkah yang sama pada bagian lain dari tas.

TRENDING 🔥  Yang Termasuk dalam Cara Kontrasepsi Sederhana

Langkah 4: Menyelesaikan tas

Pada tahap ini, kalian sudah hampir selesai membuat tas dari tali kur. Namun, sebelum menyelesaikan tas, pastikan kalian memeriksa kembali semua bagian tas agar terlihat rapi dan menarik. Setelah itu, kalian bisa memotong benang jahit yang masih menempel pada tas.

4. FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tas dari tali kur?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tas dari tali kur tergantung dari tingkat kesulitan pola desain dan teknik menjahit yang digunakan. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6-8 jam.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat tas dari tali kur?

Biaya yang diperlukan untuk membuat tas dari tali kur tergantung dari harga tali kur dan benang jahit yang kalian beli. Namun, secara umum biaya yang diperlukan adalah sekitar 50.000 – 100.000 rupiah.

3. Apa jenis tali kur yang terbaik untuk membuat tas?

Ada beberapa jenis tali kur yang bisa digunakan untuk membuat tas, namun yang terbaik adalah tali kur nylon karena tahan lama dan kuat.

4. Bagaimana cara membersihkan tas dari tali kur?

Cara membersihkan tas dari tali kur sangat mudah, kalian hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih dan menggosoknya dengan kain lembut atau sikat. Namun, pastikan kalian tidak mencuci tas dari tali kur menggunakan mesin cuci.

5. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk membuat tas dari tali kur?

Alat yang dibutuhkan untuk membuat tas dari tali kur adalah tali kur, benang jahit, spidol, gunting, dan jarum jahit.

5. Kesimpulan

Membuat tas dari tali kur memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Namun, dengan sedikit usaha dan kreativitas, kalian juga bisa membuatnya. Selain itu, tas dari tali kur juga bisa dijadikan sebagai hadiah atau cinderamata untuk teman atau keluarga. Semoga pembahasan kita kali ini bisa membantu kalian untuk membuat tas dari tali kur. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman kalian pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Make Up Sederhana Produk Wardah

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Sederhana untuk Pemula