Cara Membuat Tahu Tempe Bacem Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka camilan? Bagi pecinta makanan, camilan adalah menu yang wajib ada di setiap saat, apalagi saat sedang nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Namun, kebanyakan camilan yang tersedia di pasaran dibuat dengan bahan-bahan yang kurang sehat. Tahu tempe bacem sederhana adalah salah satu camilan yang enak, sehat, dan mudah dibuat. Yuk, simak cara membuatnya!

Apa itu Tahu Tempe Bacem?

Sebelum mulai membuatnya, mari kita bahas dulu apa itu tahu tempe bacem. Tahu tempe bacem adalah makanan yang terbuat dari tahu dan tempe yang direbus dan diberi bumbu yang khas. Bumbu bacem terdiri dari gula merah, kecap manis, bawang putih, daun salam, dan lengkuas. Cara membuatnya cukup mudah dan cocok untuk kamu yang ingin mencoba menyiapkan camilan enak dan sehat di rumah.

Bahan-bahan Tahu Tempe Bacem

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu tempe bacem sederhana:

Bahan
Jumlah
Tahu
1 kotak (300g)
Tempe
1/2 papan (200g)
Gula merah
100 gram
Kecap manis
3 sendok makan
Bawang putih
5 siung
Daun salam
2 lembar
Lengkuas
3 cm
Air
600 ml

Cara Membuat Tahu Tempe Bacem

Berikut adalah cara membuat tahu tempe bacem yang sederhana dan mudah diikuti:

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan

Cuci bersih tahu dan tempe, kemudian potong-potong sesuai selera. Haluskan bawang putih dan lengkuas.

Langkah 2: Rebus Tahu dan Tempe

Rebus tahu dan tempe hingga matang, lalu tiriskan dan sisihkan.

Langkah 3: Buat Bumbu Bacem

Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang putih, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Tambahkan gula merah dan kecap manis, aduk hingga gula merah larut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pesawat Sederhana Menggunakan Dinamo Kecil

Langkah 4: Rebus Tahu dan Tempe dengan Bumbu Bacem

Masukkan tahu dan tempe ke dalam bumbu bacem, aduk hingga bumbu merata dan tahu tempe terbalut bumbu. Tambahkan air, aduk rata, kemudian biarkan mendidih hingga bumbu meresap dan tahu tempe bacem matang.

Langkah 5: Sajikan Tahu Tempe Bacem

Tahu tempe bacem siap disajikan sebagai camilan atau hidangan pelengkap untuk makan nasi. Kamu bisa menambahkan irisan cabai dan daun bawang untuk memberi rasa pedas dan segar.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa Saja Variasi Tahu Tempe Bacem yang Bisa Dibuat?

Jawaban: Selain tahu tempe bacem biasa, kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti jamur atau kacang panjang. Kamu juga bisa menambahkan bumbu yang berbeda seperti kunyit atau ketumbar untuk memberi rasa dan aroma yang berbeda.

Pertanyaan 2: Berapa Lama Masa Simpan Tahu Tempe Bacem?

Jawaban: Jika disimpan di dalam kulkas, tahu tempe bacem bisa bertahan hingga 3-4 hari. Namun, sebaiknya dimakan dalam waktu 2 hari untuk menjaga keamanan dan kualitas rasa.

Pertanyaan 3: Apa Saja Manfaat dari Tahu Tempe Bacem?

Jawaban: Tahu tempe bacem mengandung protein dari tahu dan tempe yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Selain itu, bumbu bacem yang khas membuat tahu tempe bacem menjadi makanan yang enak dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kelebihan Tahu Tempe Bacem Sederhana

Tahu tempe bacem sederhana memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Mudah dibuat
  2. Enak dan lezat
  3. Sehat dan bergizi
  4. Bahan-bahan mudah ditemukan di pasar atau di toko bahan makanan

Penutup

Itulah cara membuat tahu tempe bacem sederhana yang enak dan sehat. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan bagikan dengan teman-temanmu. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Wayang Cepot Sederhana

Cara Membuat Tahu Tempe Bacem Sederhana