Cara Membuat Steak Sapi Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Membuat Steak Sapi Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan steak sapi? Makanan yang satu ini memang sangat populer dan menjadi favorit bagi banyak orang. Tak heran jika banyak restoran yang menyajikan steak sapi di menu mereka. Namun, Anda tidak perlu pergi ke restoran untuk menikmati hidangan ini. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat steak sapi sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat steak sapi, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

1 kilogram daging sapi has dalam
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Tepung terigu secukupnya
Mentega secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Bawang putih cincang secukupnya
Daun bawang iris tipis secukupnya
Saus steak (opsional)
Saus tomat (opsional)

Langkah-Langkah Membuat Steak Sapi Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat steak sapi sederhana:

1. Persiapkan Daging Sapi

Pertama-tama, bersihkan daging sapi dari lemak dan selaput yang mengelilinginya. Potong daging sapi menjadi bagian yang lebih kecil, dengan ketebalan sekitar 1-2 cm. Setelah itu, taburi garam dan merica secukupnya pada daging sapi, dan diamkan selama beberapa menit.

2. Baluri Daging Sapi dengan Tepung Terigu

Selanjutnya, baluri daging sapi dengan tepung terigu hingga seluruh permukaannya terlapisi dengan tepung. Pastikan tepung menempel dengan baik pada daging sapi, agar hasilnya lebih renyah saat di goreng.

3. Siapkan Wajan dengan Minyak Goreng

Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan di atas api sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan daging sapi.

TRENDING 🔥  Cara Buat Alat Ukur Kapasitor Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Goreng Daging Sapi

Setelah minyak cukup panas, masukkan daging sapi yang telah dibalur dengan tepung terigu ke dalam wajan. Goreng daging sapi selama sekitar 2-3 menit di setiap sisi, hingga permukaannya berwarna kecokelatan. Jangan terlalu sering membalik daging sapi, agar tidak mengganggu proses penggorengan.

5. Tambahkan Mentega dan Bumbu Lainnya

Setelah daging sapi matang, tambahkan mentega ke dalam wajan dan biarkan ia mencair. Tambahkan bawang putih cincang dan daun bawang iris tipis ke dalam wajan, lalu aduk-aduk hingga bumbu tercampur dengan baik. Jangan terlalu lama mengaduknya, agar daging sapi tetap renyah.

FAQ Tentang Membuat Steak Sapi Sederhana

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai cara membuat steak sapi sederhana:

1. Dapatkah saya menggunakan daging sapi bagian lain?

Ya, Anda dapat menggunakan bagian daging sapi lainnya seperti tenderloin atau sirloin untuk membuat steak sapi. Namun, pastikan untuk menyesuaikan waktu penggorengan dengan ketebalan daging sapi yang digunakan.

2. Apakah harus menggunakan mentega?

Tidak harus. Anda dapat mengganti mentega dengan minyak goreng atau minyak zaitun jika tidak suka dengan rasa mentega.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki saus steak atau saus tomat?

Tidak masalah. Saus steak atau saus tomat bersifat opsional. Anda masih dapat menikmati steak sapi sederhana yang lezat tanpa menggunakan saus tersebut.

4. Seberapa tebal harus daging sapi yang digunakan?

Idealnya, ketebalan daging sapi yang digunakan adalah sekitar 1-2 cm. Namun, Anda dapat menyesuaikan ketebalan daging sapi dengan selera Anda.

5. Berapa lama waktu penggorengan yang tepat?

Waktu penggorengan yang tepat adalah sekitar 2-3 menit di setiap sisi, tergantung pada ketebalan daging sapi yang digunakan. Jangan terlalu sering membalik daging sapi, agar tidak mengganggu proses penggorengan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Ungkapkan Cinta Wolipop

Penutup

Nah, itulah cara membuat steak sapi sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hidangan steak sapi yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Steak Sapi Sederhana – Sobat Sederhana